Manfaat Networking

Manfaat Networking

Di sebuah artikel, investor Li Ka-Shing menyarankan seseorang untuk mengalokasikan pengeluarannya untuk 5 hal, yakni 1) kebutuhan hidup sehari-hari, 2) pengembangan diri, 3) invetasi, 4) relaksasi diri, dan 5) networking.  Menarik bagaimana investor ini menyarankan kita untuk menyisihkan sebagian uang kita untuk networking. Seberapa penting manfaat networking?

Pada artikel tersebut, Li Ka-Shing mengatakan jangan lupa untuk mentraktir makan orang yang lebih pandai, lebih kaya, atau orang yang memiliki jasa dalam karir kita. Jika dalam sebulan, kita bisa mentraktirkan 2 orang, bayangkan berapa besar lingkaran pertemananmu dalam waktu satu tahun. Coba lihat; nilai, reputasi, dan pengaruh apa yang anda dapatkan.

Saya akui, manfaat networking itu luar biasa. Sebulan yang lalu, seorang teman saya menghadiri sebuah acara mengenai kompetensi seorang finance leader. Dia berkenalan dengan salah satu CFO pada acara tersebut dan berdiskusi panjang lebar. Tahu apa yang terjadi satu setengah bulan setelah perkenalan tersebut? Teman saya kini bekerja satu tim dengan CFO tersebut. Salah satu faktor utamanya ya karena networking.

Saya sangat hobi membaca buku biografi tokoh ternama. Salah satu kesamaan dari tokoh-tokoh ternama adalah mereka dengan cerdas memanfaatkan network yang mereka miliki. Mereka bisa memaksimalkan manfaat networking yang mereka punya. Mochtar Riady bisa membangun konglomerasi Lippo juga berawal dari network yang dia punya dan ciptakan, termasuk salah satunya dengan Liem Sioe Liong. Om Liem (alm) sendiri membangun konglomerasi dia berdasarkan dari jejaring-jejaring yang dia bangun, termasuk salah satunya dengan almarhum Pak Harto. Di film Social Network, seorang Mark berhasilkan membesarkan facebook juga melalui network yang dia bangun.

Tidak ada seorang yang sukses tanpa melalui networking yang hebat. Si A kenal dengan si B, si B memperkenalkan A dengan si C, lalu si C berkolaborasi dengan si A, di tengah proses ketemu dengan si D, dan lalu mereka berkolaborasi menghasilkan sesuatu yang lebih besar. Begitulah proses berjejaring. Semakin besar jejaring yang diciptakan, semakin besar peluang berkolaborasi dan semakin besar pula nilai (value) yang bisa dihasilkan.

Networking is an essential part of building wealth (Armstrong Williams)

Banyak sekali cara untuk memperbesar jejaring kita. Kita bisa memulainya dengan menghadiri acara-acara yang sesuai dengan rencana kita. Kita bisa memulai dari  sekedar menanyakan ke teman kita. Bahkan, kita bisa memulainya dari transportasi publik. Kita bisa bergabung di komunitas alumni, hobi, asosiasi, profesi, dan lain sebagainya. Tak jarang, network juga kita dapatkan melalui hubungan keluarga. Tahir berhasil memanfaatkan posisinya sebagai seorang Menantu Mochtar Riady, pada biografinya.

Manfaat Networking
Networking (source: https://c1.staticflickr.com/4/3087/2831150650_cd4f7dfd02_b.jpg)

Manfaat Networking

Saya menyakini bahwa manfaat networking luar biasa. Terkadang kita tidak bisa merasakannya secara langsung atau dalam waktu dekat (short term). Terkadang network tersebut harus kita pupuk terus menerus agar berkembang dengan baik. Terkadang network itu bisa langsung berbuah dalam waktu hitungan hari. Semua bisa terjadi.

Saya sendiri, dulu termasuk orang yang malas menghadiri acara-acara networking. Kini setelah saya bisa melihat manfaat networking, saya selalu tertarik atau bahkan mencari-cari kegiatan yang bisa memperbesar jejaring saya. Mungkin bukan sekarang, jejaring itu saya butuhkan. Mungkin pula, bukan besok. Tapi siapa tau, jejaring itu akan memberikan manfaat ke saya 5 tahun lagi. Seorang penulis, Armstrong Williams, berkata ‘Networking is an essential part of building wealth’. Ya, saya setuju bahwa berjejaring adalah salah satu bumbu utama kesuksesan. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Dengan berjejaring, kita bisa membekali kita dengan lingkaran pertemanan dan persahabatan yang saling mengisi.

Mari berjejaring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

One thought on “Manfaat Networking