M.D.S

Myregza Drestadyumna Suhardi

Tulisan ini merupakan lanjutan dari artikel M.A.S. Alhamdulillah beberapa minggu yang lalu, kami diberikan awal dari kepercayaan oleh Allah SWT untuk menjadi orang tua bagi anak kedua kami, seorang lelaki yang kami beri nama Myregza Drestadyumna Suhardi. Rasanya bahagia dan lengkap memiliki anak perempuan dan laki-laki.

Sama seperti nama kakaknya, Mykaila Anantareyza Suhardi; Myregza Drestadyumna Suhardi memilki arti yang hampir serupa. Saya memiliki mimpi untuk selalu menamai anak dengan arti ‘bijaksana’. Bijaksana merupakan kunci dalam melahirkan keadaan yang adil dan bahagia. Seorang pemimpin yang bijaksana akan menghasilkan kondisi kehidupan yang menenangkan dan bermanfaat. Seorang ayah yang bijaksana akan melahirkan keluarga yang tentram.

Regza memiliki arti sebagai penasihat yang bijaksana. Sama seperti kakaknya, nama Regza diawali dengan My, yang merupakan panggilan nama ibunya (istri saya), dengan harapan sang anak akan selalu mendahulukan ibunya dalam setiap lika-liku kehidupannya. Surga ada di telapak kaki ibu, karena itulah sang anak harus mampu selalu menjaga dan mengutamakan ibunya. Nama Regza diakhiri surname Suhardi sebagai identitas dan bagian dari keluarga besar Suhardi. Dengan diawali kata depan nama ibunya dan diakhiri kata akhir nama ayahnya, semoga anak-anak saya kelak menjadi orang yang mendahulukan ibunya, menghormati ayahnya dan tak lupa menyayangi keluarga (besar) nya.

Kami memutuskan memberikan nama panggilan ‘Egza’. Tidak ada alasan khusus untuk itu, dimana salah satunya karena terinspirasi dari panggilan lucu Egssy, salah satu tokoh utama dan protaganis di film fiktif Kingmans: The Secret Service.

Myregza Drestadyumna Suhardi

Drestadyumna adalah tokoh perwayangan dari kisah Mahabrata dan juga ada pada pewayangan jawa. Sama seperti nama tengah saya ‘Narasoma’ dan nama tengah kakaknya ‘Anantareyza’, saya meletakkan tokoh perwayangan di nama tengah Egza sebagai wujud kecintaan terhadap budaya. Harapannya, Egza menjadi anak yang selalu mengingat budaya (yang baik) kemanapun kelak dia melangkah dan bertumbuh. Dari kisah yang saya baca, Drestadyumna berwajah tampan, memiliki sifat pemberani, cerdik, tangkas dan trenginas. Selain itu, Drestadyumna merupakan senapati perang Pandawa menghadapi Kurawa dalam kancah perang Bharatayuda.

Nama adalah harapan dan doa. Semoga Myregza Drestadyumna Suhardi menjadi sosok manusia yang tampan, pemberani, dan cerdas yang kelak menjadi pemimpin bijaksana dan selalu mengingat, menghormati dan melestarikan budaya serta selalu menyayangi dan mengutamakan keluarganya. Semoga Allah SWT selalu memberinya nikmat sehat dan nikmati iman. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

2 thoughts on “M.D.S

  1. Selamat ya Giri dan Myra! Selamat jadi kakak, Myka.
    Selamat datang Egza (yang namanya sudah disiapkan 10 thn lalu),
    sehat-sehat selalu ya.. aamiin.