Kesalahan itu penting

Kesalahan itu penting

Atasan dari atasan saya pernah berkata, “Buatlah kesalahan dan belajarlah dari kesalahan tersebut!”. Atasan dari atasan saya di organisasi lainnya juga pernah berkata, “Jangan takut berbuat kesalahan. Kalau anda takut berbuat kesalahan, maka anda tidak pernah berani membuat perubahan”. Intinya, para atasan dari atasan saya ini menegaskan bahwa berbuat kesalahan itu bukan sesuatu yang buruk selama kita bisa belajar dari kesalahan tersebut. Bagi mereka, berbuat kesalahan itu penting.

Di lain sisi, sering kita mendengar gara-gara satu kesalahan kecil, besar sekali dampaknya. Karena itu, ada pepatah ‘karna nila setitik, rusak susu sebelanga’. Sahabat saya pernah membuat sebuah kesalahan kecil, namun dampaknya fatal. Dia kehilangan keluarga dan teman dekatnya gara-gara kesalahan tersebut. Seorang pilot atau masinis yang membuat kesalahan kecil bisa mungkin berakibat pada pesawat atau kereta yang hilang kendali. Kita pernah mendengar kisah seorang pemain sepakbola yang membuat kesalahan (gol bunuh diri), berdampak pada nyawanya yang hilang. Sahabat saya lainnya pernah gara-gara kesalahan kecil yang konyol kehilangan salah satu organnya yang vital.

Mencampurkan kedua pemahaman di atas rasanya berat. Yang satu menyatakan mari berbuat kesalahan. Yang satu menyatakan kesalahan itu mahal akibatnya. Pikiran saya sering berkecamuk bila memikirkan kedua cara pandang yang berbeda. Saya ingin berbuat kesalahan dan belajar dari kesalahan tersebut, namun saya takut kesalahan tersebut bisa berdampak sangat negatif untuk saya dan mungkin lingkungan sekitar saya.

Kesalahan Itu Penting
Kesalahan Itu Penting (source: https://www.pinterest.com/pesha27/eleanor-roosevelt-my-mentor/)

Oleh karena itu,  prinsip saya adalah hindari kesalahan sebisa mungkin. Namun, jika memang suatu hari anda berbuat kesalahan, belajarlah dari kesalahan tersebut. Kesalahan itu penting dan mahal harganya. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari kesalahan:

1. Membaca

Buku biasanya merupakan kumpulan pengalaman dan/atau teori yang ingin disampaikan oleh penulis. Tidak hanya buku, sekarang banyak media dimana kita dapat mengumpulkan informasi berharga seperti internet, televisi, majalah, poster, dan lain-lain. Dengan membaca, kita bisa mengetahui kesalahan apa yang pernah penulis berbuat dan apa yang dilakukannya untuk mengatasi kesalahan tersebut. Pengalaman yang di dapat dari sebuah buku yang bagus, menurut saya, nilainya jauh lebih tinggi daripada harga buku tersebut. Anda membaca buku yang nilainya ratusan buku bagaimana menjalankan sebuah proyek bernilai milyaran dan anda bisa menghindari kesalahan yang bernilai ratusan juta.

2. Belajar

Belajar disini tidak hanya berarti belajar melalui institusi resmi seperti mengambil sekolah S2 (Master Degree) atau mengambil sertifikasi seperti Sertifikasi CIMA (Chartered Institute of Management Accountants) atau CFA (Chartered Financial Analyst®). Belajar disini juga dapat berarti belajar langsung dari seseorang yang berpengalaman (expert) melalui networking event, diskusi, seminar, atau mentorship. Belajar dari institusi seperti Universitas dan Lembaga Sertifikasi akan memberikan pengetahuan-pengetahuan yang berharga mengenai sebuah topik. Biasanya mereka akan mengangkat kasus yang berhasil dan juga yang gagal di masyarakat. Dengan mempelajari case study, kita bisa belajar banyak untuk menghindari kesalahan di dunia kerja. Untuk memperkaya wawasan, seseorang juga bisa belajar dari orangnya langsung bagaimana dia membuat kesalahan dan bagaimana dia mengatasinya.

Kesalahan itu Penting

Melakukan dua hal di atas seperti membiarkan orang lain berbuat kesalahan dan kita belajar daripadanya. Daripada kita membuat kesalahan (yang mungkin berdampak luar biasa), ada baiknya kita selalu membaca dan belajar guna menghindari kesalahan. Nilai dari sebuah buku atau sertifikasi seperti CIMA sangat bermanfaat jika dibandingkan dengan investasi yang kita keluarkan di awal. Daripada melakukan kesalahan dengan cost 1 milyar, lebih indah hidup jika belajar dan membaca dengan investasi sebesar 100 juta. Berbuat kesalahan itu penting, tetapi belajar untuk menghindari berbuat kesalahan itu jauh lebih penting. Namun, jika kita sudah menghindari kesalahan sebisa mungkin dan pada akhirnya tetap berbuat kesalahan, belajarlah dari itu dan akan lebih bermanfaat jika kita bisa berbagi kisah dengan sesama agar mereka terhindar dari kesalahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *