Hidup di London Inggris

Hidup di London Inggris

Hidup di London, Inggris .

Sering teman saya bertanya, “Gimana gir di London? Betah ga?”. Ya, selama punya uang yang cukup untuk hidup (dalam arti tidak perlu berlebihan), saya bisa bilang saya betah hidup di London Inggris. Begitu banyak kenyamanan yang saya rasakan selama hidup di London Inggris meskipun tidak sedikit pula saya mengalami hal yang kurang menyenangkan. Namun, jika hal yang menyenangkan dikurangi hal tidak menyenangkan, ya surplus hal yang menyenangkan.

Pada artikel ini, ingin membicarakan mengenai pengalaman dan pemahaman saya mengenai hidup di London Inggris. Biaya hidup di London Inggris tidak saya bahas disini karena pernah saya bahas pada artikel lain (silakan klik berikut untuk membaca artikelnya, Biaya hidup di London Inggris). Semoga bisa menjadi pembelajaran dan masukan buat siapa saja yang ingin hidup di London Inggris. (Hidup di London Inggris)

Iklim

Pertama kali saya menginjakkan kaki di London sekitar bulan September, saya 100% salah kostum. Dari Indonesia, saya sudah menggunakan long john, ditambahkan dengan kaos+kemeja+celana jeans dan jaket yang cukup tebal. Tiba di London, wah panasnya minta ampun. Suhunya hampir sama dengan di Jakarta. Saya pikir, meskipun lagi summer (musim panas), kota-kota di Eropa pasti tetap dingin. Ternyata saya salah total. Kalau lagi summer atau kena heatwave, suhu di London bisa mencapai 32 derajat Celcius. (Hidup di London Inggris)

Untuk yang sudah biasa pergi ke negara 4 musim, ya mungkin cuaca di London tidak terasa asing. Kalau lagi winter (musim dingin), setahu saya London tidak sedingin kota-kota di belahan utara UK. London tidak cukup identik dengan salju. Hanya 2-4 tahun belakangan saja London bersalju cukup lama (1-2 minggu). Tahun 2011 kemarin, salju kembali menjauh dari London dengan hanya turun 1-2 hari saja. Jadi jangan selalu berharap ada White Christmas. Meskipun dinginnya menusuk tulang, konon tidak ada apa-apanya dibandingkan beberapa kota Eropa lainnya seperti di Jerman atau negara Skandinavia.  Begitu pula kalau lagi summer, konon tidak seterik di beberapa kota panas Eropa seperti Barcelona. (Hidup di London Inggris)

Selama saya hidup di London Inggris, cuacanya sangatlah ‘labil’. Ketika seharusnya sudah masuk musim dingin, jangan terkejut jika suatu hari ternyata suhunya masih di atas 27 derajat Celcius. Begitu pula sebaliknya ketika musim panas, jangan terkejut jika tiba-tiba suhunya bisa dibawah 10 derajat Celcius. Rutin melihat prakiraan cuaca di BBC weather (http://www.bbc.co.uk/weather/) bisa membantu anda mempersiapkan payung atau Sun body lotion, serta menghindari salah kostum. Buat yang memiliki alergi pada musim dingin, siaga selalu membawa obat-obatan pencegah atau penyembuh selama hidup di London Inggris.

Rumah

Mencari rumah atau akomodasi di London Inggris gampang-gampang susah. Anda bisa mengakses situs-situs pencari rumah yang handal seperti Zoopla, Find a Property, atau Primelocation untuk mencari daftar rumah yang disewakan.  Jika anda ingin menyewa satu rumah/unit dari website Zoopla, Find a property, atau sejenisnya; biasanya anda akan terhubung dengan agen. Saya tidak tahu secara pasti, akan tetapi perangkat hukum dan administrasi di UK sudah sangat mendetail menjamah aspek penyewaan rumah. Tidak seperti di Indonesia dimana saya bisa saja dengan gampang menyewakan rumah saya untuk orang lain, UK memiliki act (undang-undang) untuk urusan tenancy (penyewaan). Ada standar atau template untuk Tenancy Agreement (perjanjian sewa rumah). Ada pula tanggung jawab standar yang harus dipenuhi oleh landlord (pemilik rumah) dalam menyediakan rumahnya seperti gas safety check. Mungkin karena itulah diperlukan agen sebagai mediator antara landlord dan tenant. Tapi percayalah, tidak semua orang disini mematuhi peraturan yang berlaku.

Jika anda ingin lebih murah dengan hanya menyewa 1 kamar dan berbagi dapur/kamar mandi dengan penghuni lain, situs seperti spareroom atau easyroommate dapat menjadi referensi yang berguna. Pada umumnya, fasilitas shared house ini memungkinkan anda langsung berhubungan dengan si pemilik rumah. Alhasil, tidak ada jaminan anda akan mendapat perjanjian sewa-menyewa yang standar sesuai act. Meskipun begitu, anda dapat meminta lodger agreement sebagai bukti hitam di atas putih ya dengan konsekuensi memiliki standar hukum yang tidak selengkap jika menyewa 1 rumah/unit full. Ya, ada harga ada barang. Jika anda menggunakan agen, mungkin semuanya berjalan lebih smooth dan lebih aman namun anda harus membayar biaya agen. (Hidup di London Inggris)

Segala bentuk penyewaan kamar atau rumah di UK sudah ada payung hukumnya. Meskipun sudah ada payung hukumnya, tetap saja banyak kejadian yang tidak menyenangkan dari proses sewa-menyewa rumah ini seperti agen yang tidak bertanggung jawab, landlord yang tidak mengembalikan deposit, agen yang sangat ‘cerdas’ memanfaatkan kata per kata di kontrak sehingga anda tidak bisa menyanggah agen , dan lain sebagainya. Ya, harus berhati-hati dalam mencari agen dan tempat tinggal. Tidak semua agen dan pemilik rumah itu membantu dan menyenangkan. Bisa saja anda menggunakan solicitor (pengacara) jika suatu saat tersandung kasus, tapi pastinya akan menyedot waktu, fokus, dan uang anda. Anda harus pintar-pintar melihat review di internet, mengunjungi atau bertatap langsung dengan agen/pemilik rumah dan kemudian menggunakan instuisi, atau berbincang-bincang dengan calon tetangga untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan selama hidup di London Inggris. (Hidup di London Inggris)

Transportasi

Sistem transportasi di London so pasti lebih baik daripada Jakarta. Sistem transportasi publik di London Inggris tertata sangat baik.  Adanya sinergi antar moda transportasi seperti bus, tube, train dibawah komando TfL (Transport for London) dan akses informasi yang mudah memberikan kenyamanan untuk setiap pengguna transportasi publik di London. Jika ingin mengetahui sekilas mengenai sistem transportasi, silakan mengklik artikel Transportasi di London

Hidup di London Inggris

Jika anda student terdaftar di London atau UK, maka anda bisa menggunakan mobil pribadi selama 12 bulan pertama disini. Infonya bisa diklik di link berikut: driving in the UK. Saya sendiri selama hidup di London Inggris tidak pernah menggunakan kendaraan pribadi, padahal saya sudah menyiapkan international driving license dari Indonesia (jadinya ngabis-ngasibin duit aja buat tuh license). Tapi yang saya tahu, aturan menyetir disini tidak lah gampang. Begitu banyak garis di jalan dan traffic signage yang mengandung arti khusus, yang ada baiknya anda pahami sebelum membawa kendaraan pribadi disini. Biaya bahan bakar dan parkir pun konon tidak murah. Jadi, jika membawa kendaraan pribadi, ya persiapkan dana lebih banyak . (Hidup di London Inggris)

Kesehatan & Pendidikan

Sekitar beberapa bulan kemarin, saya sering berkunjung ke rumah sakit untuk keperluan tertentu. Karena saya terdaftar di sistem kesehatan disini (disebutnya NHSNational Health Service), maka biaya perawatannya gratis.  Saya tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Dari yang saya ketahui, biaya kesehatan disini memang mendapat alokasi  yang cukup besar dari pemerintah. Meskipun begitu, ada beberapa rumah sakit atau dokter private yang meminta bayaran jika anda melakukan kunjungan. Kenapa bisa ada dokter private tatkala ada fasilitas gratis dari negara? Dari yang saya alami selama hidup di London Inggris, pelayanan kesehatan disini tidak cukup memuaskan jika dibandingkan dokter di Indonesia. (Hidup di London Inggris)

Setiap orang disini akan terdaftar pada dokter atau GP (General Practice) pada daerah masing-masing. Jika saya tinggal di daerah Ealing, maka saya harus mendaftarkan diri ke dokter untuk wilayah Ealing. Saya tidak bisa sembarangan berkunjung ke dokter/GP di daerah Wimbledon misalnya. Jika saya sakit demam hari ini, dan lalu membuat janji untuk bertemu dokter, kecil kemungkinan saya bisa bertemu pada hari yang sama. Terkadang, saya baru bisa bertemu dengan dokternya besok atau bahkan minggu depannya. Wah, bagaimana jika butuh emergency? Kita bisa pergi ke beberapa rumah sakit yang memang menyiapkan fasilitas gawat darurat atau Walk In Centre, yang kadang letaknya tidak dekat dari rumah kita (biayanya tetap gratis). Karena itulah dokter private hadir untuk memberikan servis yang cepat.

Untuk sistem pendidikan, saya tidak tahu pasti mengenai detailnya. Yang saya tahu, di UK, terdapat pilihan state school dan public (independent) school untuk jenjang pendidikan dasar ke menengah. State school konon gratis dan public school konon harus berbayar. Dari artikel yang pernah saya baca, sekitar 7-10% anak-anak di UK bersekolah di public school, dengan sisanya bersekolah ya di state school. Jadi jika anda membawa anak berusia dibawah 15 tahun, anda bisa menyekolahkannya di state school jika mau gratis, atau membawanya ke public school yang konon memiliki kualitas lebih baik. (Hidup di London Inggris)

Sektor Pendidikan dan sektor Kesehatan (Social Services) merupakan alokasi pengeluaran terbesar negara ini. Karena itulah banyak kemudahan finansial yang bisa dinikmati warganya untuk kedua urusan ini. Selama anda terdaftar resmi dan hidup di London Inggris, jangan takut untuk menikmati sistem pendidikan dan kesehatan yang gratis.

Keramahan dan Keamanan

Menurut opini saya, orang Indonesia itu lebih ramah dibandingkan dengan orang sini. Mungkin pernyataan saya terlalu general dan tidak bisa diakui keandalannya. Tapi ya selama saya hidup di London Inggris, saya tidak cukup sering menemui orang menebar senyum. Teman saya pernah ngetwit, “London Rule: Don’t smile at strangers”. Ada yang membantahnya dengan bilang, orang-orang yang tidak tersenyum itu sebenarnya bukan brits (orang lokal) dan London sudah tidak identik dengan brits karena terlalu banyak imigran yang hidup di London Inggris. Mungkin ada benarnya, mungkin pula hanya sekedar pembenaran. Tapi ya selama saya disini, saya tidak menemukan keramahan yang lumrahya saya temui di Jakarta, Bandung, Bali, atau kota-kota destinasi wisata di Indonesia.  (Hidup di London Inggris)

Untuk keamanan, menurut saya secara keseluruhan, London itu aman (terutama di siang hari). Ketika hari berganti menjadi malam, terkadang saya tidak merasakan kadar keamanan yang sama. Seringkali saya membaca berita ada pembunuhan atau perkelahian yang terjadi di malam hari. Dari hasil riset yang pernah saya baca, rata-rata kejahatan yang terjadi pada malam hari mayoritas disebabkan karena dalam kondisi mabuk. Seringkali jika saya pulang malam saya ketemu dengan orang mabuk yang ngomong dan gerakannya memang sudah ngelantur. Jika sudah begitu, ada baiknya menghindari daerah tersebut dan menggunakan taxi untuk pulang. (Hidup di London Inggris)

Jika anda ingin menyewa atau membeli rumah, tak ada salahnya untuk mengecek tingkat keamanan daerah tersebut di website http://www.police.uk/ dan http://maps.met.police.uk/. Disitu anda bisa melihat crime rate dan segala statistik yang berkaitan dengan itu. Tapi ingat, low crime doesn’t mean no crime! Jangan sampai karena crime rate-nya rendah, anda jadi lupa untuk mempersiapkan diri terhadap security and safety selama hidup di London Inggris.

Hidup di London Inggris

Hiburan

Soal hiburan, jangan takut! Anda tak pernah kehabisan hiburan selama hidup di London Inggris. Silakan menyimak website timeout london dan londonist untuk mengetahui events terkini dan terpanas. Begitu banyak tempat hiburan yang bisa anda kunjungi di London, mulai dari yang gratis sampai yang ratusan pound. (Hidup di London Inggris)

So, selamat menikmati hidup di London Inggris!  (Hidup di London Inggris)

Hidup di London Inggris


Silakan membaca artikel Biaya Hidup di London untuk mengetahui berapa biaya hidup di kota Arsenal dan Chelsea ini.

Jangan lupa pula membaca artikel Perbedaan Waktu Jakarta dan London jika ingin mengetahui selisih waktu antara kamu yang di Indonesia dan di ibukota Inggris ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

367 thoughts on “Hidup di London Inggris

  1. Dear Mas Giri, saya akan ada kegiatan seminar di Uni of London dari 10 Agustus s.d. 17 Agustus 2012. Saya sdg mencari penginapan yg “cocok” di kantong. Saya adalah dosen UPI Bandung. Seminar ini merupakan kelanjutan dari S3 saya. Saya tahun lalu tamat dari S3 dari Deakin University di Kota Melbourne Australia. Mohon informasinya.
    Trims
    Herli Salim (L)
    Dosen UPI Bandung

    1. Dear Mas Herli,

      Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Selamat untuk conference di Uni of London.
      Kebetulan tanggal 12 Agustus itu penutupan Olimpiade. Jadi tanggal segitu rasanya cukup susah untuk mencari penginapan umum yang murah.
      Coba Mas Herli hubungi Wisma Siswa Merdeka atau Wisma Caraka di http://www.indonesianembassy.org.uk/info_residence.html via email atau telepon.
      Mudah2an masih ada tempat. Smoga bisa membantu.

      Salam,
      Giri

    2. Hallo mas giri salam kenal, mas giri mau nanya sy rencana pertengahan november mau ke london. Kira2x musim apa disana, dan keperluan or perlengkapan yg dibutuhkan apa saja ya..mksh sebelumnya mas giri

      1. Halo Vona,

        Kamu bisa lihat perkiraan cuaca London di sini: https://weather.com/en-GB/weather/today/l/UKXX0085:1:UK. Dari situ, kamu bisa memperkirakan apa yang perlu di bawa. Secara garis besar, November itu musim gugur. Sudah mendekati musim dingin. Dingin tapi ga terlalu dingin. Silakan mempersiapkan long john, jaket tebal (tapi tidak perlu terlalu tebal). Kalau repot, sebenarnya bisa dibeli di London. Banyak toko yg menjual jaket murah seperti Primark.

        Semoga membantu. Selamat jalan-jalan.
        Giri

  2. Dear mas giri, artikel yang anda share bermanfaat buat saya, saya mau bertanya.. Apakah kita orang indonesia bisa pergi kesana semisal hanya untuk bekerja? Saya sudah mengimpi”kan dari dulu agar bisa kesana, cuma saya msh ragu apakah untuk masuk ke negara tersebut di persulit atau tidak khususny bagi orang indonesia yang ingin bekerja maupun tinggal disana. Mohon info nya.. Terima kasih

    Salam,
    Hendra.

    1. Dear Mas Hendra,

      Terima kasih sudah mampir ke blog saya. Ya, selama Mas Hendra punya visa yang resmi untuk bekerja, ya bisa aja kesini untuk bekerja. Untuk mendapatkan visa kerja, butuh sponsorship dari perusahaan yang mau menghire kita. Tanpa sponsorship, kita tidak bisa mengajukan visa kerja di UK.

      Untuk mengetahui detail visa kerja di UK, Mas Hendra bisa cek http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/visas-immigration/working/. Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  3. dear mas giri, mau tanya nih tentang cowok london, saya punya kenalan dari facebook, awalnya sih dia duluan kirim messages tapi tdk saya tanggapin, lalu saya kirim messages ke dia dan komunikasi kita lancar, eh ujung2 nya ngajak nikah, gmana ya budaya mereka, terima kasih mas giri

    1. Dear Mbak Intan,

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Selamat atas ajakan nikahnya :). Untuk cowok london, ya masing-masing berbeda sih. Saya ga bisa mengeneralisir mengenai cowok London dan budaya mereka. Masing-masing orang pny kepribadian dan hidup dlm budaya msg2. Perihal budaya juga terlalu luas. Mgkn bisa lebih spesifik aspek budaya yg spt apa yg dmaksud Mbak Intan.

      Salam.

  4. mas giri, saya seorang penulis nih. nah saya kan berencana memakai London sebagai latar tempatnya untuk novel terbaru saya. saya sudah sudah pusing sekali mas, saya sudah research dengan sedetail mungkin, tapi sulit sekali mas. kalau mas giri berkenan untuk jadi narasumber saya, saya akan sangat senang sekali mas hehe. kalau boleh, saya minta e-mail mas giri atau facebook (kalau bisa sih facebook aja, karena ym dan skype saya lagi error hehe), biar nanti lebih gampang komunikasinya. kira-kira mas biasanya online jam berapa ya waktu indonesia? saya bisa kok mengatur waktu. terima kasih. 🙂

  5. Assalamualaikum Pak/Mas Giri,
    perkenalkan saya, Asfiyah, sy bekerja di Badan Pengawas Obat dan Makanan. InsyaAllah tgl 13 September 2012 ini sy ada undangan meeting di London. Sy belum pernah ke sini sebelumnya, dan kebetulan sy ditugaskan sendirian. Sy boleh minta no tlp nya dan menghubungi Pak/ Mas Giri?. jadi selama di sana, sy bisa nanya2, jika diperlukan.
    Terima Kasih sebelumnya.

    1. Waalaikumussalam, Asfiyah.

      Wah, mohon maaf saya saat ini sedang berada di Indonesia. Insyaallah saya siap bantu via email.
      Jika ada pertanyaan, silakan melalui blog ini atau via email.
      Sukses ya.

      Salam,
      Giri

  6. Mas Giri,
    terima kasih atas reply-nya.
    saat ini sy sedang menunggu pengurusan visa selesai dilakukan.
    Jika nanti ada yg ingin saya tanya, sy akan kontak Mas Giri.

    Sekali lagi terima kasih

    Asfiyah

  7. assalamualaikum…selamat sore (saat menulis comment) buat mas Giri.
    saya mau tanya, saya dokter umum lulus 2 tahun lau. saya punya kenalan orang UK. dia menawarkan mau membatu saya untuk sekolah spesialis disana. Nah dia bilang karena profesi saya dokter maka akan lebih mudah jalannya. dan dia mengenalkan saya sama seorang yg bilangnya director UK border agency dia meminta saya untuk mengirimkan full name, passport number, alamat, nomer telepon, dan ijazah. nah yang saya tanyakan apa benar seperti itu. Saya takut ditipu dan sebagainya.
    saya mengenal orang ini sudah setaun.
    menurut mas gimana?

    1. Waalaikumussalam, Mas Arif.

      Saya fikir jika memang Mas Arif ingin melamar sekolah spesialis di UK, tidak perlu sampai melobi director UK Border Agency. Budaya di UK tidak sama dengan di Indonesia. Disini sistemnya tertata cukup rapi. Jika memang Mas Arif memenuhi persyaratan untuk mendapat sekolah disini, pasti diloloskan oleh UK Border Agency, tanpa perlu link ke si director. Itu saran dari saya. Keputusan saya serahkan sepenuhnya kepada Mas Arif.

      Terima kasih telah mampir ke blog saya.
      Salam,
      Giri

  8. Assalammualaikum Mas Giri 🙂

    Pertama salam kenal mas 🙂 nama saya Adit

    Saya adalah designer dan seorang illustrator, saya suka sekali mengarang dan menggambar untuk buku anak. Saya memiliki impian untuk bisa hidup di London atau daerah inggris lainnya. Saya berencana setelah saya lulus kuliah saya mencoba survive disana, apakah mas Giri bisa memberikan masukan apa saja yang harus saya lakukan untuk bekal disana? dan yang perlu saya tanyakan, saya sering mendengar jika kita membawa laptop, apakah di bandara semua software2nya diperiksa? semisal software2 design semacam adobe illustrator atau Photoshop, jika ketahuan palsu/bajakan akan disitia, untuk part time job, apakah orang Indonesia seperti kita dapat mudah mendapat job disana? saya ingin sekali survive disana, impian saya saya bisa membuat sebuah brand sendiri disana, tapi untuk meraih itu, paling enggak saya punya pekerjaan dulu untuk makan dan membayar apartement :). Mahon bantuannya mas Giri 🙂 Karena saya belum berpengalaman keluar negeri 🙂 dan saya tidak punya sanak saudara di sana 🙂

    Terima Kasih

    Aditya Pranata

    1. Hi Mas Adit,

      Wah, hebat tujuan hidupnya. Saya doakan bisa tercapai.
      Mengenai pemeriksaan software, sepengalaman saya dan teman-teman saya, tidak ada yang laptopnya diperiksa. Namun, hal ini bukan berarti tidak ada pemeriksaaan. Bisa saja ternyata ada pemeriksaan yang bersifat acak (random) yang selama ini tidak saya rasakan. Saya sarankan untuk berhati-hati.

      Mendapatkan pekerjaan tidak mudah. Namun, jangan pernah menyerah. There’s a will, there’s a way

      Salam,
      Giri Narasoma Suhardi

  9. Assalammualaikum Mas Giri

    Pertama salam kenal mas 🙂 nama saya Adit

    Saya adalah designer dan seorang illustrator, saya suka sekali mengarang dan menggambar untuk buku anak. Saya memiliki impian untuk bisa hidup di London atau daerah inggris lainnya. Saya berencana setelah saya lulus kuliah saya mencoba survive disana, apakah mas Giri bisa memberikan masukan apa saja yang harus saya lakukan untuk bekal disana? dan yang perlu saya tanyakan, saya sering mendengar jika kita membawa laptop, apakah di bandara semua software2nya diperiksa? semisal software2 design semacam adobe illustrator atau Photoshop, jika ketahuan palsu/bajakan akan disitia, untuk part time job, apakah orang Indonesia seperti kita dapat mudah mendapat job disana? saya ingin sekali survive disana, impian saya saya bisa membuat sebuah brand sendiri disana, tapi untuk meraih itu, paling enggak saya punya pekerjaan dulu untuk makan dan membayar apartement :). Mahon bantuannya mas Giri 🙂 Karena saya belum berpengalaman keluar negeri 🙂 dan saya tidak punya sanak saudara di sana 🙂

    Terima Kasih

    Aditya Pranata

    1. Hi Mas Adit,

      Wah, hebat tujuan hidupnya. Saya doakan bisa tercapai.
      Mengenai pemeriksaan software, sepengalaman saya dan teman-teman saya, tidak ada yang laptopnya diperiksa. Namun, hal ini bukan berarti tidak ada pemeriksaaan. Bisa saja ternyata ada pemeriksaan yang bersifat acak (random) yang selama ini tidak saya rasakan. Saya sarankan untuk berhati-hati.

      Mendapatkan pekerjaan tidak mudah. Namun, jangan pernah menyerah. There’s a will, there’s a way 🙂

      Salam,
      Giri Narasoma Suhardi

  10. saya ditawai pekerjaan oleh the millbridge hotel 50 beeston place london sw1w 0jw, sebagai assistant manager front office. dan berlanjut smp sekarang hingga ditawari kontrak kerja dan pengurusan dokumen utk kerja disana, melalui hm tours & travel untuk mengurus immigration work permit nya. saya bingung apakah hotel ini benar ada? dan apakah hm tours travel ini juga ada? karena saya disuruh transfer sejumlah uang lewat western union utk biayanya? saya risau takutnya ini penipuan.

    1. Hi Mas Arvin,

      Jangn pernah mentransfer uang untuk urusan pekerjaan. Seharusnya itu dibiayai sepenuhnya oleh calon perusahaan. Jadi, yang skrg ini jelas-jelas penipuan. Semoga membantu

  11. hi mas Giri,

    cuma simple question aja sih… kalo kirim kartu pos dari London ke Indonesia tarifnya berapa dan berapa lama ya sampai di alamat tujuan? thank you sebelumnya

  12. Assalmualaikum,mas Giri..
    Alhamdulillah saya insya Allah bulan Februari ini akan berangkat ke London untuk melanjutkan sekolah spesialis di St George Hospital London.
    Jika boleh say tau apa saja yang harus saya persiapkan sebelum berangkat selain Visa. Kebetulan saya ada teman di sana dia yang membantu pengiriman letter of acceptance dr RS, surat penanggungan biaya slama dsana dan tiket pesawat untuk pengurusan visa di Indonesia.
    Apakah ada saran bagi saya ini yang belum pernah meninggalkam negara Indonesia tercinta?
    Terima kasih. Wassalamualaikum..

    1. Waalaikumussalam, Mas Arif.

      Pertama, saya ucapkan selamat untuk keberhasilan melanjutkan sekolah.
      Saya doakan sukses selalu.

      Untuk pengurusan visa, coba baca http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/countries/indonesia/applying/?langname=UK%20English dan http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/countries/indonesia/fees1/?langname=UK%20English
      Mohon semua detail diperhatikan dan semua dokumen dipersiapkan. Jangan sampai melewatkan satu persyaratan apapun.
      Kalau bisa semua yang diminta, bisa Mas Arif sediakan. Dengan begitu, proses pengajuan Visa bisa berjalan dengan lancar.

      Jika semua persyaratan visa diurus, ya paling yang harus dipersiapkan adalah Dana Cadangan untuk hal-hal yang tidak diharapkan.
      Mungkin bisa persiapkan antara £1000 – 2000. Persiapkan juga nomor kontak yang bisa dihubungi di London jg terjadi apa-apa.
      Ya selebihnya persiapkan diri baik secara mental dan jasmani menghadapi kehidupan disana.
      Untuk baju, makanan, dsj; bisa dipersiapkan dari Indonesia, namun bisa pula beli disana. Di London, banyak kok toko2 yg jual barang murah.

      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

    2. assalamualaikum mas Hendarto,
      Perkenalkan nama saya ridha, saya ingin sekali melanjutkan sekolah spesialis seperti mas Hendarto, kalo boleh tau bagaimana mas Hendarto ikut pendaftaran disana ? bolehkan saya minta email atau contact person mas Hendarto. salam sejawat

      wassalamualaikum…

  13. Hi kak giri,
    Apakah aman berbagi flat dengan org asing di London? Apakah mungkin berbagi flat dgn lawan jenis?
    Apakah bs berhubungan langsung dengan pemilik gedung flat?
    Flatnya sistemnya sewa/beli? Kalau sewa, biasanya per bulan atau tahun?
    Terimakasih.

    1. Hi Della,

      Terima kasih ya ud mampir membaca.
      Wah, kl ditanya aman atau tidak, jawabannya ya tergantung flatmate-nya.
      Kl dptnya flatmate yg asik & baik, ya aman-aman aj.

      Untuk flat, sebenarnya sangat tergantung.
      Liat aja fasilitas yang ditawarkan. Apakah bisa disewa atau dibeli. Apakah hny menerima satu gender atau tidak. Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaaan Della. Semuanya tergantung di pemilik rumah, mo nyewainnya kyk gimana.

      Utk brhubungan dgn pemilik flat,itu tergantung lg. Kl kita sewa flat di atas 6 bulan, biasanya lewat agen. Jd bisa aja kita ketemu ada landlordnya. Tp jg ada kemungkinan sejak awal kita sewa flat, ga ketemu sama sekali ama landlordnya.

      Semoga membantu ya.

      Salam,
      Giri

  14. Hai mas giri saya adisa sekarang saya masih bersekolah di suatu SMA Negeri di Surabaya,saya berencana lulus SMA ini saya akan melanjutkan bersekolah di Le Cordon Bleu london.
    pertanyaan saya:
    saya membuka website marshandparsons.co.uk untuk mencari tempat tinggal.
    budget saya sekitar 2100pounds/bulan. apakah itu cukup untuk tinggal(dan sedikit belanja :p)??
    saya sudah sangat interest dengan suatu tempat tinggal di Lambert Road,Clapham.
    apakah itu jauh dari oxford street&bloomsbury?
    apakah itu juga termasuk listrik,air,dan pajak pemerintah?
    http://www.marshandparsons.co.uk/property-lettings/properties-to-rent-between-200-and-500-in-london/page-34
    (kalau sempat coba lihatkan mas,saya nggak mudeng soalnya :D)
    lantas sisa uangnya saya pakai buat makan dan having fun.. apakah cukup?
    saya soalnya nggak pingin menyusahkan papa saya mas giri tapi bayangan saya untuk tetap bisa berbelanja seperti di Indonesia sangat besar ;D

    Big thanks,
    Adisa

    1. Hi Adisa,

      Untuk biaya hidup di London, sebenarnya bisa buka artikel Biaya Hidup di London Inggris . Budget £2,100/bulan sudah lebih dari cukup. Cukup untuk tinggal dan banyak berbelanja 🙂

      Saya tidak bisa masuk ke link yang diberikan Alisa karena tampaknya itu web hasil search. Sehingga kita saya membukanya, hasilnya berbeda lagi. Saranku, cari rumah di website zoopla dan atau primelocation. Untuk masalah listrik, air, dan pajak; harus diliat lagi di website. Biasanya ama landlord, akan dituliskan apa saja benefit tinggal disitu.

      Untuk alamat, sebenarnya Alisa buka membuka google maps dan melihat lokasi tempat tinggal. Tapi tenang saja, di London, angkutan umum sangat nyaman untuk dinikmati.

      Semoga membantu.
      Salam,
      Giri

  15. Hello Mas Giri, saya Shelly.
    Saya mau tanya, kira-kira di University of Westminster ada “Indonesian Community” ga ?
    Sebenarnya saya sempat baca di website univ tsb, dan alumni dr Indonesia klo tdk slh cuman ada 1 orang.
    Barangkali Mas Giri tahu sedikit tentang University of Westminster. Terimakasih

    1. Halo Shelly,

      Saya ga tau di Univ of Westminster ada Indonesia Community ato ga.
      Yang saya tahu, banyak kok mahasiswa asal Indonesia di Univ of Westminster. Pas saya kuliah aja, ada lebih dr 5 org di Westminster asal Indonesia.
      Nanti pas di London, sering ikut aja kl ada ketemuan PPI London/UK. Dari situ, ketemu tmn2 Westminster asal Indonesia.

      Salam,
      Giri

  16. Salam Kenal Mas Giri..

    Waah, setelah saya baca2 dari atas-bawah, seru nih obral2nnya. Asik ya mas bsa ke Luar Negeri apalagi bisa hidup disana. London salah satu Negara impian saya mas, saya selalu berharap suatu waktu nanti saya bner2 bisa kesana, bisa keliling di UK. Sebentar lagi saya akan lulus dari salah satu univ di Indonesia, dan cita-cita saya ingin kerja disana (tapi sayangnya B.Inggris saya masih sangat kurang, heehee). Saat ini saya hanya bisa berusaha dan berdoa semoga impian-impian saya bisa terwujud, aimin. I LOVE UK….

    1. Salam Vee,

      Ya, saya doakan suatu hari Vee bisa keliling UK.
      Dari sekarang, dilatih aja bahasa inggrisnya. Pasti ntar jadi jago 🙂
      Good luck

      Giri

  17. Waah, setelah saya baca2 dari atas-bawah, seru nih obrolan2nya. Asik ya mas bisa ke Luar Negeri apalagi bisa hidup disana. London salah satu Negara impian saya mas, saya selalu berharap suatu waktu nanti saya bener2 bisa kesana, bisa keliling di UK. Sebentar lagi saya akan lulus dari salah satu univ di Indonesia, dan cita-cita saya ingin kerja disana (tapi sayangnya B.Inggris saya masih sangat kurang, heehee). Saat ini saya hanya bisa berusaha dan berdoa semoga impian-impian saya bisa terwujud, aimin. I LOVE UK….

  18. o begitu, ok makasi Mas Giri,
    anyway Mas Giri tau ga ngirim dokumen dr Indonesia ke London biasa nya berapa ?
    saya berencana akan mengirimkan dokumen yg berisi requirements kesana

    1. Harus dikirim manual ya? Coba saja menggunakan email.
      Tapi kl memang hrs dikirim, ya bisa pake fedex atau dhl.
      Sy prnh ngirim pake FedEx dari Jakarta ke London sekitar 400-600rb (lupa pastinya).

      1. iy Mas untuk International student dia minta kirim manual
        o gtu, kalo lewat pos biasa bisa ga Mas ?
        kalo lewat fedex ato dhl itu ngabisin waktu brp lama

  19. hi mas giri,
    saya ikarindy, berencana dengan suami berangkat ke north london akhir juli ini.
    suami study di middlesex university dan saya sebagai spouse berencana ambil study dan kerja disana.
    kalau boleh bantu saran mas giri, apakah sulit mendapatkan pekerjaan disana?
    apakah ada reference untuk saya dengan background pendidikan communication mas?
    kalau boleh minta email dan ym mas giri untuk menjadi advisor saya disana mas akan sangat membantu.
    terima kasih mas giri 🙂

  20. Mas giri,saya oca,beberapa bulan ini saya komunikasi dengan orang London.ujung-ujungnya mengajak nikah.Karena mmg tujuan awalnya dia cari istri.Tapi saya sudah punya anak.Dia Juga punya anak.Kalo boleh tau apakah orang sana keberatan/mengijinkan jika pasangannya juga membawa anak.Selama ini jika kutanya dia tidak menjawab boleh tidaknya,tp dia sudah tau kalo aku juga punya anak dan tinggal sama aku.Maksih infonya.

    1. Halo Mbak Oca,

      Masalah keberatan, silakan bertanya langsung ke bersangkutan. Saya tidak faham perihal menikah di UK.
      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  21. Wah baru tau site ginian :p
    Btw yg buat London Rule-nya mungkin sama aja kalo dibandingin sama orang2 Jakarta yang notabene gak “seramah” orang2 di daerah, haha
    Pengalaman sih di sub atau rural ramah2 kok, hehe just sharing
    Cheers m8

  22. selamat malam Mas Giri
    aq Erika mahasiswa sekolah fashion di surabaya
    aq ada rencana 1 tahun atau 2 tahun lagi berangkat ke London untuk sekolah bahasa dan mau kuliah bisnis di sana
    aq juga berencana city tour tahun ini sebelum aq bersekolah di sana.
    apakah Mas ada kenalan tour guide orang Indonesia yang ada di sana?
    juga apakah ada referensi sekolah bahasa dan kampus untuk studi bisnis yang terletak di tengah kota dan cukup bagus?
    terima kasih ya

    1. Halo Erika,

      Wah, kl tour guide orang Indonesia aku ga kenal. Sekolah bahasa pun aku tidak begitu tau.
      Untuk kampus bisnis di tengah kota, ya pilihannya: LBS, Imperial, dan City Univ.
      Itu terbaik di UK, bahkan termasuk kumpulan univ terbagus di dunia.
      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

    1. Waalaikumussalam wr,wb

      Komunitas Muslim Indonesia atau umum? Yang pasti, UK termasuk salah satu negara Eropa Barat dengan penduduk muslim terbesar.
      Dan banyak sekali komunitas-komunitas muslim. Untuk komunitas muslim Indonesia, bisa simak di http://www.kibar-uk.org/
      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  23. Wahhh asik nih baca-baca tntang london =D nimbrung ah’ capa tau aku nanti bisa pergi ke london’ kebetulan aku punya kenalan orang london’

    lam kenal mas Giri’ aoa kabarnya di london..?
    O ea mas Giri mau tanya nih’ apakah majoritas orang london agamanya apa ya’apakah orang london ada yg beragama muslim’mhn jwbn’ tahks’

  24. Hi Mas Giri, selamat siang

    Mohon penjelasannya untuk biaya hidup dan pendidikan dilondon buat keluarga dengan dua anak (apartment, meals, transportation and entertain),karena ada rencana insyaallah mau tinggal di london bersama keluarga sekitar 2 tahun, kebetulan dapat offer dari company disana.
    Dan buat biaya pendidikan anak yang masih elementary school.
    Juga kalo bisa mas mohon penjelasan buat biaya kesehatan sekalian.

    Terima kasih sebelumnya mas giri atas penjelasan nya.

    Salam
    Baki

  25. Assalammualaikum Mas,

    Saya bersama keluarga berencana keliling UK (nyetir sendiri) tanggal 31 Juli sampai 16 Agustus ini. Semua sudah dipersiapkan termasuk rental van. Sayangnya, salah satu anggota keluarga yang rencananya akan nyetir batal berangkat. Sangat2 butuh bantuan Mas, apa mungkin ada mahasiswa Indonesia ya bersedia menjadi guide harian di London tanggal 31 Juli sampai 3 Agustus dan yg terpenting bersedia mendampingi sekaligus menyetir apabila perlu (gantian) tanggal 3 Agustus sampai 13 Agustus. Terima kasih sebelumnya.

    Silvia

    1. Waalaikumussalam, Mbak Silvia.

      Saran saya coba bergabung di milis yahoo PPI UK, milis yahoo PPI London, Facebook group PPI London, dan facebook group PPI UK. Mbak Silvia bisa menanyakan kesediaan mahasiswa atau pihak lain yang kiranya bisa membantu kebutuhan Mbak Silvia. Disana aktivitasnya cukup padat. Semoga bisa membantu.

      Salam,
      Giri

  26. Mas Giri, senang baca blognya ttg london. saya mau sekolah di university of Reading, bakal bawa 2 anak dan suami. kira2 suami saya bisa gak ya kerja di sana ? soalnya beasiswa sj mungkin kurang …
    makasih

  27. Dear mas giri.
    Saya dari salah satu SMA di pemalang jateng, saya berencana mengunjungi london pada bulan januari 2014, saya berada di inggris untuk berlibur dan survey universitas di sana, apakah ada saran karena saya akan melakukan survey itu sendiri, apakah anda berada di inggris pada bulan tersebut, mohon pencerahannya.
    Karena saya baru pertama ke london, terimakasih.

    1. Hi Rinaldi,

      Jika ingin melakukan survey, saran saya sebaiknya lakukan riset yang mendalam mengenai universitas2 yang akan dikunjungi sebelum berangkat. Buka website mereka, bandingkan satu per satu universitas yg ada, dan yang paling penting, mulai kontak atau berhubungan dengan pihak Universitas. Dengan begitu, ketika Rinaldi ke London, Rinaldi sudah mengerecut daftar universitas yang akan dituju sehingga waktu yg dipakai survey lebih efektif.

      Untuk tahu kurikulum dan lain sebagainya, bisa dilakukan ketika di Indonesia. Survey ke London menurut saya baik untuk mengetahui lokasi, fasilitas, dan gambaran kuliah. Keuntungan sudah memulai kontak ketika Rinaldi masih di Indonesia adalah bisa bertemu dengan pihak universitas ketika survey. Sayang jika survey hanya melihat-lihat atau bertanya ke tim informasi (yang sebenarnya bisa didapat dari website).

      Semoga membantu

      Salam,
      Giri

  28. Selamat malam mas Giri.
    Saya ingin minta bantuan mas, saya sedang membuat cerpen dengan latar tempat di London, dan Universitas London. Kira2 di mana tempat tinggal OC saya yang gampang buat dimasukkan ke cerita saya dan dekat dengan universitas tersebut dan tempat2 yang biasa untuk mahasiswa hang out di sana.

    1. Dear Firtia,

      Boleh tau maksud OC? …”dimana tempat tinggal OC saya …”?
      Mahasiswa rata-rata hangout ya di kampus. Kl weekend ya di taman.
      Coba Fitria pake google street, dan cari kampus2 di London spt Imperial, UCL, Westminster, Brunel, Kings College, City Univ, UEL, London Met, LSE, Royal Holloway, dll.

      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  29. Halo mas Giri, Perkenalkan saya Dhennys.

    Sebelumnya saya mau mengucapkan terima kasih banyak untuk info2 yang sudah dishare. Kebetulan saya bersama teman2 akan mengikuti program kuliah di Goldsmith University di bulan September nanti dan info2 dari mas ini sangat membantu kami dalam mengestimasi biaya yang kami perlukan selama disana. Namun masih ada hal yang ingin saya tanyakan. Apakah ada kemungkinan kami dapat mencari uang di sana? Seperti mencari part time job atau berjualan barang yang dapat kami bawa dari Indonesia? Intinya agar kami bisa mencari penghasilan selama disana.

    Terima kasih banyak buat info dan masukkannya Mas Giri.
    Sukses juga buat studinya 🙂

    1. Halo Dhennys,

      Hmm, perihal mencari uang harus disesuaikan dengan visa yang Dhennys pegang. Biasanya di visa, tertulis apakah diperbolehkan bekerja atau tidak. Andai kata boleh, disitu juga akan tertulis boleh kerja berapa lama dalam seminggu. Kalau kuliah, biasanya bisa part-time 20 jam seminggu. Ga tau jaman skrg msh boleh atau tidak. Coba Dhennys baca-baca di http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/. Saran saya, ikuti dan patuhi peraturan yang ada pada visa Dhennys. Jangan coba-coba mencari pekerjaan jika di visa Dhennys tertulis tidak boleh bekerja.

      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  30. Senang sekali dapat info Dr Mas Giri…sy mau munta informasinya Mas …ttg suhu udara di London.4 jenis musim yg ada brp derajat Celcius…suhu mana yg ekstrim dan rentan sama kesehatan kita Indonesia pada awal adaptasi ? Soalnya anak saya mau kuliah S 2 di Bourn mounth UNIVERSITY,saya agak cemas soal iklim tersebut trimakasih penjelasannya Mas

    1. Hi Parluga,

      Terima kasih telah mampir.
      Suhu di London ketika summer, mungkin sekitar 22-30 derajat Celcius. Kl autumn, ya 15-19. Kl winter, 0-5. Kl fall, ya 10-19. Itu rata-rata saja. Tidak bisa dipukul rata. Bbrp tahun lalu, ketika summer pernah mencapai 38 derajat Celcius dan ketika winter mencapai -4. Cuaca berubah terus. Suhu yang eksterim mungkin ketika winter, karena untuk bbrp orang yang tidak tahan dingin, itu bisa membahayakan kesehatan.

      Semoga membantu.
      Salam,
      Giri

  31. Hallo Mas Giri
    Nama saya Edit Nuryanti, saya baru tinggal d London 4 hari, d rumah kakak tiri saya. Berhubung saya akan tinggal disini cukup lama, saya mau tanya. Apakah mas tahu komunitas orang Indonesia di London? Saya disini bukan untuk sekolah, hanya mengunjungi kakak saya.

    1. Halo Edit,

      Terima kasih telah mampir membaca blog saya. Ada banyak komunitas orang di Indonesia. Ada komunitas masy muslim Indonesia, kristen, alumni itb di UK, PPI, dan lain sebagainya. Edit silakan bergabung dengan komunitas yang ada. Saran saya, sering-seringlah berkumpul jika ada acara di kedutaan biar ketemu banyak orang.

      Salam,
      Giri

  32. lagi berselancar di dunia maya, nemu web nya mas Giri, keren mas, saya juga pengen bercita-cita menginjakkan kaki di London, soalnya saya melihat city branding Londong begitu kuat, satu hal yang pengen saya pelajari dri London 🙂

  33. Assalamualaikum, kak Giri. Perkenalkan nama saya Shahara

    Saya masih duduk di bangku SMA tp saya bercita-cita kuliah diluar. Saya sudah searching sana-sini untuk mendapatkan informasi tentang kuliah di luar negri & bagaimana persyaratan nya. Yg ingin saya tanyakan..

    1. Apakah di inggris sama dgn negara2 eropa lainnya ada larangan memakai jilbab atau burqa?? Saya pernah membaca di beberapa artikel jika kita memakai atribut berbau agama akan sulit mendapat kan kerja, sekolah, bahkan teman:( apakah itu benar? Saya sangat takut kalau2 saya tidak punya teman hanya karna selembar kain penutup kepala yg saya pakai
    2. Apakah inggris tergolong negara ‘aman’ bagi wanita jika kita kerja part time hingga larut malam?
    3. Susah tidak mencari toko/makanan halal disana?
    4. Apa kita bisa mempunyai kendaraan sendiri seperti motor/sepeda untuk berpergian? Mahal tidak ya pajaknya, Apakah ada dispensasi untuk mahasiswa asing yg mempunyai kendaraan?:p

    Sekian pertanyaan dr saya, maaf jika ada kata yg kurang berkenan. Wassalam (:

    1. Waalaikumussalam, Shahara.

      Salam kenal sebelumnya. Semoga tercapai ya cita-citanya kuliah diluar.
      Saya coba jawab pertanyaan2 Shahara:
      1. Tidak ada larangan di UK menggunakan jilbab. Tidak benar juga jika memakai atribut agama sulit mendapat kerja atau teman. Banyak kok wanita berjilbab di UK. Memang ada kelompok-kelompok ekstrim yang menolak, tapi jumlah sedikitnya kok. Masyarakat UK terbuka untuk asing (selama ga mabuk).

      2. Ya, aman atau tidak tergantung lokasi. Tidak bisa digeneralisir se-Inggris Raya.

      3. Di London, mudah mencari toko makanan halal. Kalau di kota-kota lain, saya tidak tahu. Tapi di kota-kota besar, rasanya mudah mendapatkan makanan halal.

      4. Kalau ditanya, bisa atau tidak, ya bisa saja. Saya tidak tahu ya pajak untuk kendaraan. Maklum, selama di UK, selalu pake transportasi publik.

      Semoga membantu.
      Salam,
      Giri

  34. Hallo mas giri.. Saya dengan rana.. Suami akan dipindah kerja ke London, saya punya dua anak. Kami lagi cari tempat tinggal.. Mau tanya daerah mana yang utk apt tidak terlalu mahal.. Boleh kasih rekomen nama nama daerahnya kah, terima kasih banyak..

    1. Halo mbak Rana,

      Terima kasih sudah berkunjung.
      Wah, pertanyaaannya terlalu luas nih. Boleh tau ajab kerja di daerah mana?
      Yang pasti, tinggal di Zona 4-6 akan lebih murah dibandingkan zona 1-3. Untuk tahu tentang perzonaan, silakan membaca artikel Transportasi di London

      Semoga membantu
      Giri

  35. Dear mas giri, kerenn buat tulisannya, hehehe
    ada yang mau saya tanyakan ini mas , kalo seumpama saya kuliah di london terus nyambi kerja itu gimna sih syarat2nya? apakah sistemnya sama kaya di indonesia lagsung lamar gitu aja? thanks 🙂

    1. Halo Iya,

      Ya, jaman saya, sambil kuliah boleh kerja 20 jam seminggu.
      Cara lamar kerja di UK kebanyakn online. Apply aja, nanti diinterview dan dilihat syarat2 administrasinya.
      Semoga beruntung.

      Salam,
      Giri

  36. Halo Mas Giri… Wah Saya baru nemu nih blognya Mas. Mas boleh Saya minta alamat email Mas ? Ada beberapa hal yang ingin Saya tanyakan mengenai daftar Kuliah dengan jurusan Saya di London. Trima Kasih Mas.

    1. Halo Mas Yudhis,

      Terima kasih telah mampir membaca. Mungkin bisa ditanyakan disini agar bisa memacu dan juga menstimulasi teman-teman yang lain.

      Cheers,
      Giri

  37. slamat pagi mas giri…mau tanya nih..kebetulan saya barusan nyampai di london..kalau mau nyari tahu info untuk membeli kendaraan pribadi nyarinya dimana ya mas?pernah tahu info agen atau situs yang bisa dipercaya?terimakasih

    1. Halo Mas Sukri,

      Wah, mohon maaf mas saya tidak tahu info membeli kendaraan pribadi karena saya tidak pernah membeli mobil disana. Mohon maaf tidak bisa memberikan bantuan.

      Cheers,
      Giri

  38. hi mas giri,

    maaf mau nanya lagi. 😀

    katanya ada saldo minimum kalo mau pngajuan visa inggris? seberapa besar ya saldo minimumnya?

    dulu mas giri diharuskan punya saldo brapa banyak?

    thank you.

  39. As salamualaikum mas giri,

    kebetulan saya sedang di london sampai sebelum libur natal ini.
    apakah ada event komunitas orang indonesia di london di waktu dekat ini?
    Jika memungkinkan, saya ingin bergabung untuk berkenalan.

    oya, adakah benefit jika saya sempetin mampir ke KBRI london?

    trims mas giri 🙂
    Wassalam

    1. Waalaikumussalam, mas Iwan

      Wah, saya juga tidak tahu ada event komunitas orang Indonesia apa dalam waktu dekat ini.
      Apa benefit mas Iwan mampir ke KBRI? Ya ketemu orang Indonesia lainnya terutama yang kerja di kedutaan. Selain itu, juga bisa makan di kantin di lt bawah. Mas Iwan jg bisa ketemu dgn atase pendidikan atau duta besar jika mereka sedang tidak sibuk. Menurut saya, tidak terlalu banyak benefit yang bisa didapatkan dari datang ke KBRI ketika tidak ada acara. Jika mau tau apa benefitnya, silakan saja telpon ke KBRI.

      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  40. salam kenal mas giri….

    mas saya ingin kerja di inggris,kemarin tetangga saya nawarin beranggkat ke inggris dan bekerja disana,katanya disana kerja direstoran atau cuci mobil,dll 1.kalo saya kerja inggris tidak memakai visa pekerja bisa gak mas giri?
    2.kalo bisa gimana caranya biar saya cepat kerja disan?
    3.dan kalo bisa,disana bisa gak mas giri bantu saya nyariin kerjaan atau orang indonesia diminta bantu nyariin kerja. krn saya awam masalah kerjaan di negara orang…
    terima kasih sebelummnya

    1. Halo Mas Merta,

      Saya jawab ya pertanyaannya:
      1. Jangan coba-coba bekerja tanpa visa 🙂
      2. Tidak ada yang instan dalam hidup ini. Perlu kerja keras dan usaha. Cobalah lihat kompetensi mas Merta dan cari pekerjaan yang memang membutuhkan keahlian dan kompetensi Mas Merta.
      3. Saran saya, persiapkan diri dengan kemampuan bahasa, kemampuan kompetensi (hardskill), dan kemampuan softskill dengan baik. Di saat seperti ini (masa krisis), tidak mudah mencari pekerjaan jika tidak mempunyai keunggulan yang spesifik.

      Semoga membantu.
      Giri

  41. salam kenal mas giri,

    mas saya kan msh kuliah punya mimpi bsa ke london abis kuliah atau pun lanjut kuliah di sana. saya mau nanya, misal saya lulus nnt, apakah saya bisa krja di sana dgn ijazah kampus indonesia swasta lagi? kalau saya mau lanjut s2, apakah ada beasiswa dri pemerintah inggris untuk wrga indonesia?

    terima kasih…

    1. Salam kenal vian,

      Silakan melihat dan membaca comment-comment yang ada. Disitu tersedia jawaban atas pertanyaan Vian.
      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  42. Mas Giri,

    Mau tanya, saya berencana untuk ambil S3 di king’s college. anak dan istri saya rencana akan sy bawa juga. Seberapa sulit Jika istri sy mencari pekerjaan di london? Istri saya PhD communication dari RMIT melbourne.

    Terima kasih.

    1. Halo Mas Joe,

      Seberapa sulit? Secara umum, mencari kerja saat ini memang lebih susah dibandingkan dengan 5-10 tahun yang lalu. Tapi bukan berarti tidak ada peluang. Meskipun sulit, banyak juga orang Indonesia yang bisa bekerja di UK karena memang mereka memiliki kompetensi dan keahlian khusus yang lebih unggul dibandingkan dengan applicant lain. Tapi kl kita pny keahlian yang sama (tidak memiliki diferensiasi khusus) dibandingkan dengan orang UK atau Eropa, peluang orang UK/EU keterima lebih besar karena secara visa, mereka lebih mudah untuk bekerja, Jadi, jangan takut untuk mencoba jika memang merasa punya kemampuan yang unggul.

      Salam,
      Giri

  43. salam kenal Mas Giri…

    saya berencana mengadakan kunjungan ke London awal Februari nanti…
    kira2 disana sedang musim apa ya? dan event ceremony apa yg mungkin saya bisa nikmati…

    trims… 🙂

  44. mas giri, nanya lagi dunk? provider telepon yg bagus (sinyal dan tarif nya) dsna apa ya? saya kayaknya mo beli nomor telepon dsna.

    1. Halo Aisha,

      Saya menyarankan t-mobile atau orange. Murah sih. Kl mau yg oke, ya bisa coba vodafone. Ya, mirip telkomsel lah kl di Indonesia. Terbesar dan terbaik (konon), tapi ya agak mahal. Semoga membantu.

      Giri

  45. Hai Giri,

    Salam kenal. Saya penggemar sepeda Brompton, buatan UK. Dan saya tau disana untuk harga second nya jauh lebih murah dari di Jakarta. Pernah ada experience untuk pengiriman barang ke Jakarta, diatas 10 kg menggunakan apa yang paling murah, dan barang aman sampai ke rumah? Boleh saya tau nomor telpon Mas Giri, biar bisa ngobrol lewat WA. Kontak saya di +62818790145, siapa tau saya bisa minta tolong, dan saya akan bayar jasa Mas Giri tentunya.

    1. Halo Mas Henky,

      Ya, saya pernah mengirimkan barang dari London ke Jakarta. Cuma, akhir-akhir ini beliau sering terkena kasus perihal pengiriman. Oleh karena itu, saya tidak punya referensi lain dan saya pun tidak merekomendasikan jasa yang pernah saya gunakan. Mohon maaf tidak dapat membantu. Jika Mas Henky tertarik melakukan jual-beli, menurut saya, lebih baik jika menggunakan ebay (untuk barang bekas).

      Salam,
      Giri

  46. Mas Giri,

    Salam kenal dan senang mampir di Blog yang memberikan berbagai informasi.
    Saya rencana akan ke cranfield University, dan rencana membawa anak anak untuk sekolah disana.

    Saat ini masih mencari informasi soal pendaftaran skul anak anak disana baik state school atao public school (Inginnya sich yang gratis saja ).
    Apakah ada mailing list komunitas masyarakat indonesia di UK atao perhimpunan pelajar Indonesia di UK.

    Terima kasih.

  47. salam kenal mas giri..sebelumnya terima kasih untuk blognya yang sangat membantu..aku mau nanya mas …ada ga ya tour guide eropa yang bisa bahasa indonesia,,kebetulan saya dan istri berencana mau keliling eropa dan tidak memakai jasa travel tour..ingin’nya sieh pake guide local sana tp yang bisa bahasa indonesia atau inggris mas..hehe..ada ga ya mas ? mohon informasi dan pencerahannya sehingga kami tau mulai dan berakhir ke negara mana enakknya..terima kasih mas giri atas informasinya..maturnuwun

    1. Halo Mas Pasca,

      Di Eropa, rata-rata tour guidenya bisa berbahasa Inggris. Kalaupun mereka tidak berbahasa Inggris, setidaknya ada alat yang akan membantu kita memahami destinasi wisata menggunakan bahasa Inggris. Jadi jangan takut. Nah, kl yang berbahasa Indonesia, itu yg blm pernah saya temui. Tp kl tour guidenya orang KBRI, ya pasti bisa berbahasa Indonesia. Hehe..

      Salam,
      Giri

  48. salam kenal mas giri.

    insha allah saya juli ke london untuk ambil master di middlesex, ada saran mas untuk tempat tinggal yg sesuai dengan daerah middlesex hendon campus?? terimakasih sebelumnya

    1. Halo Riza,

      Selamat ya diterima di Middlesex. Saya sendiri kurang tahu daerah Hendon. Jarang maen kesana.
      Mungkin dari pihak kampusnya, mereka menyediakan dorm. Ataupun kl tidak, pasti bnyk tempat (rumah/apartemen) disewakan di sekitar itu mengingat itu adalah daerah kampus. Coba search aja website mengenai rent property. Maaf tidak banyak membantu

      Giri

  49. halo mas giri, saya mahasiswa s1 dari univ di indonesia, rencananya stelah llus saya akan melanjutkan s2 dgn beasiswa, nah saya sedang mempertimbangkan antara 2 negara tujuan, australia dan UK, menurut mas giri mana yg cocok yah di pertimbangkan dari iklim, keamanan, dan biaya hidup yg murah juga yg paling mudah mendapatkan kerja part time? tapi bgmna jika di eropa? tolong sarannya mas 😀 terimakasih

    1. Halo Tika,

      Jika Tika bertanya untuk saat ini, mungkin jawabannya Australia dibandingkan eropa atau UK. Biaya hidup lebih murah dan peluang mendapat kerja part time lebih besar. Untuk iklim dan keamanan, rasanya tidak berbeda jauh. Namun kalau ditanya 5 tahun lagi, ya kita perlu lihat lagi kondisi makronya. Semoga sukses mendapatkan beasiswa S2.

      Salam,
      Giri

  50. Hallo mas giri,

    Saya Bima yg sekarang masih pelajar SMK jurusan tata boga. Saya tertarik untuk bekerja di london. Sebelum bekerja disana otomatis saya harus mencari pengalaman dulu bekerja di restaurant atau franchais di indonesia tentunya. tapi apa bisa lulusan SMK bekerja di sana dengan bidang yg sama tanpa gelar sarjana .? tapi rencananya sih, kalau sudah dapat pekerjaan disana saya pengen mulai kuliah. gimana menurut mas .? bisa gak .? trus apa yg harus kita jawab kalau di imigrasi mereka nanya mau ngapain ke UK. tolong sarannya ya Mas . Terimakasih sebelumnya 🙂

    1. Halo Mas Bima,

      Sebelum mas Bima ke UK, mas Bima harus mengurus Visa. Dan mengurus visa tidak mudah. Utk mendapatkan visa kerja di UK, akan melewati tahap yang cukup panjang dari mulai interview bertahap-tahap, offering letter, sampai dengan pengajuan visa. Jadi Mas Bima tidak mungkin tiba di imigrasi dan mrk nanya mau ngapain ke UK. Untuk lebih detail, silakan membuka website UKBA. Semoga sukses.

      Giri

      1. Terimakasih informasinya mas. Saya lihat kebanyakan yang mau ke UK adalah orang yang ingin langsung kuliah dan bekerja di sesudah S1, bukanlah tamatan SLTA. apakah bisa, saya yg hanya lulusan SLTA bekerja disana dengan hanya membawa pengalaman magang selama SMK dan kerja setelah sekolah, bekerja disana .? begitusih mas kurang lebih. 🙂 Terimakasih mas

        1. Halo Mas Bima,

          Silakan membaca artikel dan juga komentar-komentar yang ada.
          Dari situ, Mas Bima bisa belajar banyak.
          Terima kasih sudah mampir.

          Salam,
          Giri

  51. Selamat malam mas giri. saya ingin tanya advertising desain mulai dari yang kecil sampai yang besar.. atau stasiun televisi yang lokal maupun yg terkenal…. saya mahasiswa Visual Communication Design S1 Universitas Negeri Malang.. kira kira laman website apa yg bisa saya kunjungi..? rencana saya ingin melanjutkan S2 disana.. kira kira jika saya boleh tahu , apa universitas yg tepat di bidang desain di sana mas giri? Terinakasih sebelumnya

    Fahmi Reza

  52. Hi mas Giri, Can you give me your email address? I think I have a lot of questions for you, if you don’t mind of course 🙂

  53. Salam kenal mas girl.

    Saya indah, saya masih bersekolah di suatu sekolah menengah. Saya punya impian ingin bisa melanjutkan kuliah d londongdan saya sedang mempersiapkan persaratannya dari sekarang saya boleh minta konsultasinya lewat e-mail.
    Saya butuh orang yang berpengalaman seperti mas girl.

    Terimakasih sebelumnya.

  54. saya tidak punya sanak saudara atau orang yang saya kenal disana apalgi saya tdk pnya pengalaman ke luar negri tapi saya ingin sekali meneruskan kuliah disana tanpa meropotkan orgtua saya.
    Apakah masuk ke negara inggris tidak sulit untuk umur saya yang masi 19tahun pergi sendiri tanpa ada pendamping untuk mencari universitas.

    Mohon pendapatnya mas, trimakasih.

    1. Ya, tidak ada yang tidak mungkin. Silakan saja mbak Indah berusaha. Mungkin bisa melewati beasiswa atau jalur kerja. Yang patut jd pertimbangan, jangan pernah brfikiran untuk masuk ke UK dengan ilegal. InsyaAllah Tuhan sudah punya jalan yg terbaik untuk kita. Salam

  55. Makasih mas giri.

    Kalo seblum mendapat universitas disana di buat untuk bekerja disana sambil mencari universitas apa bisa mas memakai visa pelajar. Dan bisa bekerja apa mas?

    1. Untuk detailnya silakan buka http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/.
      Intinya, sebelum mengajukan visa, kita sudah harus punya surat resmi dari institusi yg kita tuju, baik itu perusahaan (kalau kita ingin bekerja) atau universitas (jika kita ingin kuliah). Tidak bisa kita ujug-ujug mau sekolah, lalu ntar kerja, begitu juga sebaliknya. Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  56. hallo mas aku mau kuliah di london tapi agak bingung juga.Mau tanya boleh?tapi pertanyaannya agak banyak gpp kan ya?hehe….
    1.aku mau tanya untuk universitas disana yang banyak org asianya terutama org indonesia itu kira” dimana ya?
    2.Emang bener kalo org” lokal dari sana itu tdk mau bergaul dengan orang asia?
    3.uni fashion disana yang cukup bagus dimana ya?
    4.emang kita kalau disana harus ngomong pake british accent?kalo orang yang inggrisnya kurang fasih gmn ya?

    tolong jawab ya,makasih.

    1. Halo Mas Sherly,

      1. Wah, saya tidak tahu detail pastinya mengenai kampus dengan jumlah orang Indonesia terbanyak.
      2. Tidak benar orang lokal tidak mau bergaul dengan orang asia. Ya, kembali ke orangnya.
      3. Saya juga tidak memiliki pemahaman yang baik mengenai universitas mengenai fashion di UK. Mbak Sherly bisa liat di http://www.thecompleteuniversityguide.co.uk/league-tables/rankings?s=Art%20%26%20Design
      4. Ah, bahasa Inggris-Jawa juga boleh :). Mereka rata-rata bisa memahami kemampuan bahasa inggris kita yg memang bukan native language. Jika bisa lancar (apalagi pake british accent), ya bagus karena mereka akan lebih mudah mengerti. Namun, jika pake bahasa inggris terbata-bata juga mereka maklum kok.

      Salam,
      Giri

  57. Halo Mas Giri,
    saya tanpa sengaja “nyasar” ke blog mas Giri. Kalau boleh tau bagaimana mas Giri bisa sampai di London? Karena salah satu mimpi saya adalah pergi ke London 🙂 Sangat ingin saya mendapat beasiswa untuk bersekolah di UK. Terimakasih atas ceritanya mas.

  58. Kakak disana sekolah dapat beasiswa ya?
    Kalau iya cara dapat beasiswa nya gimana sih ?
    Soalnya aku punya keinginan untuk bisa sekolah disana tapi gak yakin bisa dapat beasiswa…!!

  59. Halo Mas Giri,
    Seneng banget bisa ketemu blog ini pas search tentang London.
    Kebetulan bulan Juni saya akan trip ke London, saya boleh minta gambaran tempat Shopping di London tidak ? hehehehe

    Sayangnya saya tidak bisa pergi di bulan Juli yang katanya sedang Summer sale yang konon katanya super murah. Nah kalau bulan Mei biasanya apakah akan ada diskon dari store store di Oxford Street seperti Zara, H&M, Uniqlo, Pull & Bear dll ???
    Kalau sedang normal apakah harganya lebih murah dibandingkan di Indonesia ?

    Tempat yang akan saya kunjungi adalah Bicester Village dan Oxford street atau Regent street atau Piccadilly Circus, bolehkah saya meminta review dari mas tentang tempatnya ?

    Terima Kasih sebelumnya 🙂

    1. Halo Mas Handy,

      Selamat travelling ke London. Selamat menikmati London experience.
      Wah, tampaknya misi ke London untuk berbelanja ya? Sebenarnya agak salah jika menanyakan masalah fashion shopping ke saya. Saya tidak suka berbelanja. Jadi saya kurang tau mengenai waktu-waktu discount untuk berbelanja. Jika musim summer selesai, biasanya ada diskon besar-besaran utk item summer tahun tsb. Krn biasanya toko-toko tsb akan mempersiapkan utk item summer tahun depannya. Begitu pula ketika winter, dst. Tp bnyk juga toko-toko yg memberikan discount ketika menyambut musim-musim seperti summer atau winter dengan harapan bisa menarik pembeli untuk melakukan transaksi. Sekali lagi, saya tidak tahu banyak ttg fashion. Klpun hrs belanja baju, biasanya saya beli di Primark. Ya, mungkin levelnya sama seperti Robinson kalau di Indonesia. Murah meriah.

      Saya tidak pernah ke Bicester Village. Istri dan keluarga saya sudah pernah. Konon harganya lebih murah (diskon gede-gedean), meskipun katanya ya masih aja mahal. Mahal banget, namun karena diskon, jadinya mahal aja. Ya seperti itulah gambarannya. Mengenai Oxford St dan Regent, ya sepanjang jalan akan ada store-store spt Zara, H&M, Berskha, dll; terkadang harganya sama aja, trkadang bisa lbh mahal atau murah; yang pasti bnyk desainnya yg ga ada di Indonesia. Itu sih.

      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  60. Wah, Thanks banget nih infonya mas Giri 🙂
    Ya sebenarnya trip untuk keperluan company, tapi sekalian memanfaatkan kesemapatan belanja aja karena ngak ada kesempatan berlama lama buat keliling. hahahahaha
    anyway mas kalau untuk masalah keamanan di jalan raya seperti membawa barang seperti kamera, apakah cukup rawan atau yah tidak terlalu masalah?
    Terus terang mungkin saya penggemar fotografi ini akan menenteng kamera selama disana.. seperti ke big ben, atau ke pada malam hari setelah saya sampai di hotel mungkin saya masih ingin berkeliling sekitar hotel untuk mengambil gambar kota London. Apakah cukup aman untuk berjalan sendiri menenteng kamera seperti itu terutama dimalam hari??? kebetulan kamera saya dengan lensa yang cukup besar, hehehehe

    1. Halo Handy,

      Rawan atau tidaknya tergantung lokasi dan waktu.
      Kl Handy jalan-jalan di daerah turis seperti daerah Big Ben atau Trafalgar Square, dan dibawah jam 9 malam, rasanya oke-oke saja. Tapi kl sudah di atas jam 11 malam, kdg2 kl ada orang mabuk, suka digangguin. Yang akan menjadi rawan kl Handy ke daerah-daerah yg jauh dr destinasi turis, misalnya di bberapa perumahan di East London. London cukup aman kok untuk nenteng2 kamera selama di daerah turis.

      Salam,
      Giri

  61. owh begitu mas, oke deh 😀
    Thanks infonya 🙂

    o iya mas, 1 hal lagi kalau boleh tau di London nantinya untuk dapat tetap online media seperti Path,Line atau whats up lebih baik menggunakan kartu dari provider setempat yah ? ada rekomendasi kartu apa yang paling murah dan petunjuk registrasi kartu atau paketnya ???
    hehehehe
    Thanks a lot mas Giri 🙂

    1. Hi Handy,

      Nanti menggunakan blackberry, android, atau iphone kah?
      Ya saya sarankan menggunakan provider dari UK. Mungkin Handy bisa mempertimbangkan Orange atau T-Mobile. Lebih murah dibandingkan Vodafone atau O2. Tp kl kualitas ya Vodafone memang yg paling ok (ya ada harga ada barang). Orange dan T-mobile sndr sudah oke kok. Ntar nyampe sana, isi pulsa lalu telfon aja.

      Salam,
      Giri

  62. Halo mas giri,

    Senang sekali membaca blognya mas giri, seru!
    Saya mau tanya, saya rencana mau ke london sekitar tanggal 10 mei besok, kira-kira sedang musim apa ya disana?
    Takut saltum. Hehe

    Thanks sebelumnya

  63. Hi Mas Giri

    Menggunakan androin 🙂
    Thanks banget infonya mas giri 😀
    benar benar sangat membantu

    Salam,
    Handy

  64. salam kenal mas giri hehe, seru jg nih blognya mas, ini mau bertanya kalau kerja d inggris itu harus ad perizinan atau visa yang khusus gak? kalau kerjanya dalam waktu yang lama izin apa yg di butuhkan mas giri? ini soalnya lagi nyusun skripsi mas hehe mau tau seputaran skripsi ane. kalau boleh bagi e-mail donk mas giri hehe mw tanya2 dikit boleh g mas?
    terima kasih sebelumnya mas.

  65. hehe makasih mas ini mau tanya lagi kalau au liat kumpulan Undang Undangnya Inggris bisa lihat d mna ya mas?

    terima kasih

  66. Salam mas giri, saya patricia umur 17. Baru saja lulus sma, senang rasanya bisa menemukan blog yang sangat berguna bagi banyak orang. Kalau saya boleh bertanya, LSE skrg masih beken gak ya disana ? Prospek kerja lulusan bisnis disana bagaimana ? Kalau kerja part time untuk mahasiswa international, mungkin apa tidak?
    Terimakasih banyak sebelumnya, tetap menginspirasi.

    1. Halo Patricia,

      LSE ya masih sangat beken kok. Prospek lulusan bisnis ya tergantung pada kemampuan orangnya sendiri. Tidak bisa saya generalisir.
      Mahasiswa diperbolehkan kok part-time. Jaman saya mahasiswa boleh part-time 20 jam per minggu. Sukses ya kuliahnya.

      Semoga membantu,
      Giri

      1. Hi Mas Giri..senang bgt nemu Blog Mas Giri karena saya berencana akan melanjutkan S2 saya di Coventry University London Campus.

        Yang mau saya tanyakan adalah peluang bekerja part timer selama masa study..backgroud saya di Perhotelan..apa Mas Giri tau averag salary part timer di London? khususnya di Hotel?

        Thanks ya Mas..Sukses selalu

        1. Halo Dewi,

          Ya, mahasiswa boleh kerja part-time kok. Jaman saya 20 jam per minggu.
          Mohon maaf saya tidka mengetahui mengenai kerjaan perhotelan. Sukses ya!

  67. hai mas giri, saya bertanya-tanya, boleh minta cp nya ga? saya ingin berlibur kesana berdua dengan teman saya hehhe terimakasih mas

  68. Hi Mas Giri..musim libur sekolah di UK kapan ya? dan berapa lama? biasanya bisa kerja full ya diperiode liburan sekolah?

    Thanks Mas

  69. hallo mas giri,
    mohon info apakah biaya hidup 800 pounds / bulan di stafford cukup bagi yang sudah berkeluarga? dan bagaimana peluang menjadi pengajar elementay/junior high school di sana bagi para pendatang terutama dari asia tenggara. terimakasih atas infonya…
    salam dan sukses untuk mas giri

    1. Halo Ani,

      Wah, saya kurang tahu ya biaya hidup di Stafford. Mgkn £800/bln cukup mepet ya utk berkeluarga suami-istri saja. Apalagi jika ditambah anak. Tapi bisa cukup selama bisa berhemat. Perihal pengajar, selama memang ada lowongan dan kita punya kompetensi di atas pelamar lainnya ya peluangnya terbuka lebar. Tp kalau kita kemampuan kita sama saja dengan org lokal, sudah pasti mereka mengutamakan org lokal.

      Semoga membantu.
      Giri

  70. Hallo Mas Girii.. saya diaz…

    Aku ada rencana utk holiday ke london tanpa tour dari indonesiaa..
    Ada info ttg mahasiswa indonesia yg mjd tour guide di london ?? Terimakasih, mohon bantuannya:)

    1. Halo Diaz,

      Coba tanya saja di facebook page PPI UK atau PPI London. Siapa tau ada mahasiswa yg bisa menemani Diaz.
      Smoga membantu.

  71. mas giri … saya single mother saya ingin mencari pekerjaan di london tapi membawa putri saya supaya bs sekolah disana … hal itu bisa ngah sih mas ???

    1. Bisa saja, bu. Tidak ada yang tidak bisa.
      Hanya tekad dan kerja keras serta kompetensi yang dibutuhkan Bu Lady untuk bisa mendapatkan pekerjaan di London. Bagaimana caranya? Ya diawali dengan bekerja keras mencari tahu bagaimana caranya :). Banyak kok tersedia di mesin pencari seperti google. Semoga membantu.

  72. siang mas giri
    saya atika, kebetulan saya sedang mencari tahu banyak tentang london untuk studi lanjutan s2
    ohnya mas disana mreka memakai bahasa inggris brhitis atau inggris amerika?

  73. Mas Giri, salam kenal.. Saya rencana September ini berangkat S2 di glasgow. Saya skg lg cari akomodasi, beberapa ads yg sy naksir dari gumtree, spareroom, dsb sudah coba sy kontak dan sepertinya memang agak sulit kalau posisi kita tidak di kota ybs. alhasil ditolak2.
    Dulu mas Giri histori dapat akomodasinya gimana? mungkin bisa di share. Soal akomodasi ini bikin agak was2 karena pada saat apply visa tier-4 harus menyertakan bukti akomodasi. kalau semisal bukti akomodasinya hanya hostel sementara bisa gak ya mas kira2?
    atau kalau mas giri punya sample nya boleh di email.

    many thanks mas!

    1. Hi Mas Ramdhan,

      Saya ketika mengajukan visa student menggunakan bukti akomodasi menginap di hotel Ibis. Ya saya menginap hanya 2 malam. Itu saja sih berkas yang berhubungan dengan akomodasi ketika mengajukan visa. Setelah itu, saya tinggal di Wisma Siswa Merdeka sembari mencari-cari tempat tinggal yang sudah kita taksir dan sudah dihubungi ketika masih di Indonesia. Ya sekitar 1-2 minggu, akhirnya dapat juga akomodasi tinggal di UK.
      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

    2. iseng buka blog ini lalu baca komen-komen ini. Maaf Mas Ramdhan komentar ini di tahun 2014 di universitas glasgow berarti saat ini sudah berada disana ? kebetulan tahun DEPAN saya berencana apply di universitas itu. Apakah Mas Ramdhan tergabung di PPI UK ? dan mengambil jurusan apa ? terimakasih semoga masih aktif orangnya.

  74. salam mas giri ,aku mau nanya nih ada gak univesitas kuliah di london yang gratis, sebenarnya aku masih menjalani studi smk di indo, rencananya setelah lulus aku pengen cari ilmu atau cari kerja di sana,,, emang brapasih biaya tiket pesawat and urus visanya , and visa apa yg cocok buat aku,, makasih mas giri,, artikelnya sangat membantu dan memotivasi,,

    1. Halo Exhar,

      Ya kalau dapat beasiswa, kuliah gratis kok. Bgmn cara dpt beasiswa? Berusaha! Banyak jalan menuju Roma 🙂
      Untuk tahu tiket pesawat, ya silakan buka website penerbangan. Dan untuk visa, silakan masuk ke vfs indonesia.
      Semoga membantu

      Salam,
      Giri

  75. Hai mas Giri,

    saya Danti, alhamdulillah dpt beasiswa kantor utk PhD di Cardiff. sya berencana mbawa suami dan bayi sya 9 bulan. untuk aturan tinggal disana apakah jk membawa anak harus tinggal di 2 bedroom flat?

    boleh gak tinggal di 1 bedroom? apakah akan melanggar aturan sewa?

    terima kasih ya

    1. Halo mbak Danti.

      Selamat ya akan melanjutkan sekolah di Cardiff. Semoga sukses kuliahnya.
      Untuk tempat tinggal, nanti tergantung dengan landlord / pemilik rumahnya.
      Tapi rasanya tidak ada aturan yg mengatur seperti itu.

      Salam,
      Giri

  76. Salam kenal, Mas Giri.

    Saya masoh SMA, tapi ada cita2 mau melanjutkan kuliag ke Inggris terutama di London. Tapi ya karena poundsterling itu mahal dan ortu kurang bisa mendukung dalam hal ekonomi. Jadi kira2 biaya hidup per bulan sekitar 5jt per bulan apa kah sudah cukup (termasuk akomodasi, makan transport, dan hiburan) ?
    terima kasih.

    1. Halo Thalia,

      Biaya 5 juta per bulan cukup andai Thalia dapat beasiswa full. Tp kl harus menanggung semuanya sendiri, rasanya berat.
      Saran saya, coba cari beasiswa. Semoga sukses 🙂

      Salam,
      Giri

  77. Halo mas saya mau tanya kan saya mau liburan ke eropa tp melewati london cuma sehari..daripada saya menukar mata uang pounds apakah di london bisa menggunakan mata uang euro kalau ingin membeli sesuatu?trims infonya

    1. Hi Vonny,

      Di London tidak bisa menggunakan mata uang Euro untuk bertransaksi. Saran saya, tukar saja sedikit Euro dengan Poundsterling. Semoga membantu.

  78. Salam kenal…
    Saya siswi yang baru tamat sma dan berupaya mencari beasiswa kuliah ke london, tapi yang ada cuma beasiswa untuk s2 & s3…
    Menurut mas gimana?

    Terima kasih

  79. Hallo mas Giri, nama saya Rio. Saya akan menjalani perkuliahan di UCL di Sept 2014 ini. Biaya hidup saya per bulan adalah 1,100 pound.

    Saat ini saya sedang mencari akomodasi di sana. Iklan yang ada di beberapa website, seperti Zoopla, Spareroom dan ULHS, sudah saya coba. Beberapa kali sudah e-mail dan beberapa lanjut ke telepon untuk korespondesi. Namun, setelah membaca artikel dan komen” di sini, saya agak ragu untuk me-deal-kan salah satu properti di agen online. Salah satu faktornya adalah sulitnya untuk viewing property.

    Apakah cara untuk mencari kos ketika sudah sampai di sana tetapi perkuliahan belum mulai dengan waktu sekitar 3-4 hari memungkinkan mas? Saya berencana untuk tinggal di wisma Indonesia atau konsul ke KBRI dahulu. Apakah ini juga cara yang umum dilakukan mahasiswa Indonesia?

    Terimakasih mas.

    1. Hai Rio,

      Maaf baru balas. Baru mudik.
      Selamat menjalani perkuliahan di UCL ya. Semoga sukses kuliahnya!

      Ya, saran saya usahakan melihat tempatnya terlebih dahulu sebelum deal. Terkadang tampilan di website tidak seindah kenyataan. Begitu pula kondisi lingkungan (keamanan, kenyamanan, etc) yang kadang tidak tertangkap pada website.

      Silakan menginap di Wisma Siswa Merdeka Mas Rio jika punya waktu 3-4 hari. Hal itu sangat umum dilakukan oleh mahasiswa Indonesia.

      Semoga beruntung.

      Salam,
      Giri

  80. halo mas giri.
    Saya masih SMA, tapi ada cita2 mau melanjutkan kuliah di London. saya mau nanya, kalo misalkan disana apakah wajib menggunakan british accent? terima kasih.

  81. Hi Giri, kalo aku mau bikin visa schengen di Inggris gimana caranya ya? Katanya lebih gampang daripada di Indonesia. Bener ga sih? Sayang kalo ga ke sana, tinggal nyebrang doang 😛

    Btw, keep posting ya, ur blog is very resourceful and interesting 🙂

    Thanks

    1. Hi Cheryl,

      Ya kl memang stay di UK (utk kerja atau kuliah), ya mendingan buatnya visa schengen pas di UK. Ya, selama kita memenuhi persyaratan yang diminta, pasti lancar kok. Bener juga sayang kl ud stay di UK, ga maen2 ke Eropa.

      Selamat kuliah dan jalan-jalan.

  82. Hai , mas Giri

    kira-kira kalo sudah selesai bersekolah di UK , katanya harus balik ke indonesia ya karena bates visa ? kalau misalnya sehabis balik terus kita mau ajuin work permit disana dan kira-kira berapa lama kita boleh balik ke UK lagi ?

    Thanks

    1. Hi Jesslyn,

      Kalau sudah selesai sekolah di UK dan tidak pny ikatan dinas apa2, ya bisa saja lnsg stay di UK selama dapat visa kerja. Tp jika ingin bertahan tinggal di UK dengan visa student, ya ada batasnya. Jd ga harus pulang ke Indonesia dulu. Bisa aja, sblm visa student habis, ya cari2 kerja, lalu perusahaan mau hire dan cover, ya udah deh dapat visa kerja.

      Semoga membantu
      Giri

  83. Saya sekarang berada di kelas 3 SMA di salah satu SMA International di Makassar dan saya berniat melanjutkan kuliah saya di UK dan insya Allah saya akan menyelesaikan IGCSE .Kebetulan saya ingin mengambil Medical School disana.Apakah ada beasiswa untuk medical school untuk international student ? dan bisakah saya bekerja sebaga GP di London ? Terima Kasih

    1. Mohon maaf, saya tidak tahu mengenai medical school di UK.
      Mungkin Mbak Ananda bisa cari-cari di website resmi gov.uk. Maaf tidak bisa membantu.

      Salam,
      Giri

  84. hallo mas giri

    saya yuda.
    saya ada cita-cita untuk kuliah master dan kemudian berkarir di negara maju di eropa, khususnya di UK.
    kejaran saya yaitu bekerja di bidang research and development industri di sana.

    kesempatan orang asing , khususnya indonesia , besar tidak sih pak untuk bekerja di UK?

    terimakasih

    1. Halo Yuda,

      Ya, selama Yuda punya kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan punya specific knowledge yang kuat (tidak dimiliki kebanyakan orang UK), pasti kesempatan Yuda untuk bekerja jauh lebih besar. Mereka sangat obyektif. Selama mereka memang membutuhkan kemampuan Yuda, masalah visa ga kan jadi masalah.

      Smoga sukses!

      Salam,
      Giri

  85. halo mas. saya evie dari jogja. oktober mendatang saya ikut tour yang ngasih program sehari di london. tapi mereka nggak kasih guide, jadi cuman dikasih tiket jalan, alamat hotel dan ongkos taxi aja. penerbangan dari milan diperkirakan sampai london jam 10 malam. pertanyaan saya, bagaimana cara yg aman bagi saya dan ibu saya utk menggunakan taxi ke hotel? utk one day trip / city trip sebaiknya saya pakai moda transport apa ya? sorenya harus ke bandara london hydro. berapa jauh itu dari london? krn harus balik ke jakarta via dubai. trimaksih

    1. Halo Mbak Evie,

      Ya, nanti di bandara cari black cab yang ada tulisan taxi di bagian atas. Silakan search di Google lalu pilih images (gambar) dengan keyword ‘Black Cab London’. Mbak Evi bisa melihat seperti apa Black Cab London. Lebih aman. Meski begitu, waspada saja selalu.

      Untuk one-day trip, mungkin bisa naik hop on hop off london karena biasanya itu akan berhenti di titik-titik wisata di London.

      Mungkin maksud Mbak Evie, bandara heathrow ya? Itu letaknya di barat London. Naik tube dari pusat kota (westminster) mungkin sekitar 1 jam. Naik taxi mungkin sekitar 45 menit.

      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  86. Selamat siang,mas Giri. Saya joni dari Tour & Travel di Jakarta. Tanggal 3 Nov saya ada tamu yang akan pergi ke London untuk naik cruise MAritime tanggal 5 Nov. Nah di tanggal 3 sampai tanggal 5 itu apakah mas Giri ada kenalan teman yang bisa jadi tour guide nya mereka selama tanggal tersebut?

    1. Hi Joni,

      Maaf baru dibalas. Bbrp minggu ini sedang sibuk sehingga tidak sempat membuka blog. Semoga Joni sudah mendapatkan tour guide. I am sorry for this inconvenience.

      Giri

  87. Dear Mas Giri,
    Artikelnya menarik mas. Oia mas, apakah ada informasi mengenai private scholarship yg terbuka untuk mahasiswa Indonesia?
    Saat ini saya diterima sebagai mhsswa PhD dari jalur S1 mas, terimakasih mas.

    1. Hi Gede.

      Banyak kok informasi mengenai scholarship untuk mahasiswa international termasuk Indonesia. Saya sudah pernah merespon di bagian komen. Kiranya Gede bersedia untuk membaca bagian komentar.

      Salam,
      Giri

  88. Mas Giri gimana dengan biaya hidup perbulan di bristol dan crandfield, saya tertarik ambil PhD disana dg beasiswa Dikti( di bristol dah dpt LoA).
    Kalau sambil PhD apa bisa kerja partime? brp ponudstreling gaji-nya untuk pekerjaan yg tdk butuh skill tinggi?

    1. Halo Mas Hakim,

      Mohon maaf saya tidak tahu biaya hidup di Bristol atau Cranfield. Harusnya lebih murah daripada di London.
      Saya ga tahu apakah PhD bisa kerja part-time atau tidak karena ada tmn saya yg mengambil PhD jg dibayar sih.

      Pekerjaan yg tidak butuh skill tinggi seperti apa mas? Saya prnh part-time translate ya dapat sekitar £10 per jam (gross). Semoga membantu.

  89. Hallo mas giri
    Saya punya kenalan di fb,pria itu dari united kingdom ? Kami komuniksi sdh lama, Dia mengajak saya untuk menikah dengannya,saya hanya khawatir dan takut ketika dia mengajak saya tinggal dan menetap di london sementara saya tidak memiliki keluarga disana ataupun kenalan,apa pria dsna baik2 yah ? Trus tempat biasanya orang indonesia biasanya menghabiskan waktu weekend dmn yah ?

    1. Halo Mbak Hasriani,

      Wah, mohon maaf saya tidak menjawab pertanyaan Mbak Hasriani. Saya tidak bisa mengeneralisir orang UK seperti apa. Intinya, ya kembali ke individu masing-masing. Ada yang baik, ada pula yang tidak baik. Ya, pertanyaan yang sama jika ditanya apakah Pria Indonesia baik-baik. Kita tidak bisa mengeneralisir pria Indonesia. Saran saya, berkomunikasi lah secara intensif dgn pria tsb. Tanya yg detail dan selalu berhati-hati. Di dunia ini, selalu ada hitam dan putih. Tinggal pintar-pintar kita melihat mana yang hitam, dan mana yang putih.

      Orang Indonesia menghabiskan weekend dimana? Ya di rumah masing-masing atau jalan-jalan ke taman. Tidak ada tempat kumpul orang Indonesia secara rutin tiap minggu. Sesekali ada kumpul orang Indonesia di KBRI, rumah Pak Dubes, dsb.

      Salam,
      Giri

  90. mas giri terimakasih atas artikel ini..
    saya ingin bertanya, klo misalkan kita ingin usaha disana itu system buat kesananya pake visa apa ya?
    niat mau usaha sama temen disana.. mungkin itu aja dulu
    terima kasih..

  91. Artikelnya bener2 bagus dan dpt memberikan gambaran ttng negara London. Begini mas, suami saya kan alhamdulillah dpt beasiswa S2 di London tepatnya di Brunel Univ dan sudah 3 bln menetap disana. Dia berencana utk mengajak saya walaupun hanya 1 bln. Utk visa yg akan saya gunakan nanti visa turis atau visa apa ya mas? Trus klo utk mendapatkan paspor dan visa apakah harus melakukan interview jg jika visa tsb ingin diterbitkan. Terima kasih

    1. Halo Bayna,

      Terima kasih telah mampir dan membaca. Jika memang hanya 1 bulan, saran saya gunakan visa turis saja. Sepengetahuan saya, UK mengutamakan untuk approve VISA berdasarkan dokumen dan data kita. Tapi jika diperlukan, mereka akan jadwal waktu untuk interview. Selama semua persyaratan dilengkapi dan dipenuhi, mudah2an tidak perlu interview.

      Saya doakan semoga lekas bertemu suami lagi di London.
      Salam

  92. Dear Mas Giri,

    Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih mas atas sharing nya di website ini, benar-benar memberikan gambaran yang jelas mengenai kehidupan di London khususnya bagi para mahasiswa Indonesia yang ingin belajar kesana.

    Jadi begini mas, saya mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi PhD saya di Imperial College London. Apakah Mas Giri bisa memberikan sedikit gambaran mengenai lokasi kampus tersebut? Lokasi kampus saya tepatnya di South Kensington.

    Kalau tidak salah di London itu kan memakai zonasi daerah ya Mas? Nah definisi zona-zona itu seperti apa ya? dan apa saja yang berbeda dari zona itu?apakah hanya tarif dan harga barang atau seperti apa?
    Terima kasih banyak sebelumnya Mas Giri saya ucapkan.

    Salam,
    Andri Setiawan

    1. Dear Mas Andri,

      Selamat atas kesempatan melanjutkan PhD.

      Untuk mengetahui tentang zona, silakan membaca artikel saya tentang Transportasi di London. Zona 1 ada di pusat kota dan Zona 6 semakin menjauhi pusat kota. Ya dampaknya, semakin ke pusat kota, harga akomodasi akan lebih mahal. Tapi kalau barang sehari-hari di department store, ya sama saja.

      Untuk tahu lokasi South Kensington, coba search saja di Google Street View. Ya, menurut saya, tinggal di daerah situ ya nyaman. Dekat dengan taman, destinasi wisata (museum), dan tidak jauh kalau mau kemana-mana.

      Semoga membantu. Sukses PhDnya, mas!

  93. Dear Mas Giri,

    Terima kasih banyak Mas atas ucapan selamatnya. Saya juga sekaligus ingin mengucapkan selamat tahun baru 2015 untuk Mas Giri.

    Baiklah kalau begitu, nanti akan saya coba pembahasan Mas Giri mengenai sistem zonasi yang berlaku di kota London. Oh iya mas, apakah saya bisa minta kontak mungkin alamat e-mail begitu jadi kalau ada pertanyaan yang urgent bisa langsung saya e-mail begitu. Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas respon dari Mas Giri.

    Salam,

    Andri Setiawan

    1. Hi Andri,

      Kiranya bisa berkorespondensi via kolom comment sehingga mungkin bisa menginspirasi teman-teman yang lain.
      Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ada.

      Salam,
      Giri

  94. mas giri saya sangat ber k ingginan kerja k inggris mas.. tpi gmna cra ny mau masuk ksna mas,,, mohon bantuannya mas apa langkah2 yg harus sya lakukan mas…

    1. Hi Hasanah. Ya, caranya dengan:
      1. Memiliki keahlian tertentu
      2. Mencari lowongan yang ada (search di Google atau melalui networking)
      3. Interview
      4. Sukses dan dapat visa kerja.

      Mencari kerja di Inggris tidak mudah. Sebaiknya Hasanah membekali diri dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik, softskill yang cakap, dan hardskill yang mumpuni. Semoga sukses!

  95. Salam, kenal mas giri 🙂

    Saya mau tanya.saya ada kenalan orang UK sekitar 11 bulan yang lalu, dia bapak-bapak mungkin umurnya sekitar 65tahun. Dia selalu ngirim uang ke saya karena waktu itu saya cerita kalau ayah saya sudah meninggal dan dia adalah seorang gay. Dia, pernah ngasih saya nasihat, jangan coba-coba untuk menggunakan drugs Dan juga dia mau datang ke indonesia buat ketemu saya, di indonesia dia hanya 4 hari. Saya, takut banget mas sama dia, karena dia seorang gay kan. Tapi dia janji, gak akan memalukan saya. Apakah benar orang UK itu selalu menepati janji nya? Terima kasih

    1. Hi Rifki,

      Mohon maaf saya tidak bisa membantu Rifki. Terlalu susah untuk mengeneralisir orang UK. Pertanyaannya sama saja dengan ‘Apakah orang Indonesia itu selalu menepati janjinya’. Akan sangat tergantung pada individu.

      Saran saya, ya berhati-hati saja.
      Salam

  96. hy
    mas giri

    saya baru nemu tulisan anda, saya udah daftar kuliah s2 di salah satu uni di kota yorkshire intake sept 2015, boleh tau info mengenai kota yorkshire beserta biaya hidup perbulan disana kalau berkenan? trus aman ga untuk cewe indo hidup so kota itu?

    1. Hi Wulan,

      Wah, mohon maaf saya tidak tahu biaya hidup di Yorkshire. Yang pasti, lebih rendah dari London. Aman kok untuk orang Indonesia (cewek atau cowok) tinggal di UK. Ga perlu takut 🙂

  97. mas giri, aku mau kuliah di uk. universitas yang membolehkan memakai hijab dimana saja ya? aku takut malah ga diterima karna hijab ini. thank you mas

    1. Hi Putra,

      Semua universitas di UK memperbolehkan kok pake hijab. Di UK, banyak sekali orang yang pake hijab. Ada org UK sendiri, ada imigran, yg menggunakan hijab. Jadi, jangan takut. Mayoritas rakyat UK terbuka dengan keberagaman 🙂

  98. assalammualaikum wr.wb
    hai mas giri salam kenal, artikelnya bagus banget mas bisa nambah pengetahuan orang2 yang mau kerja atau kuliah dan stay di UK, mas giri saya mau tanya, saya lulusan kebidanan tahun 2013 saya pengen banget kerja di UK tapi saya belum punya pengalaman kerja saya pernah kerja tapi bukan sebagai bidan, saya punya tante yang tinggal disana tepatnya dikota Uckfield tapi dia housewife dan belum lama tinggal disana, jadi belum terlalu mengerti jadi saya tidak bisa bertanya banyak, apakah tidak bisa membuat visa kerja jika saya belum dapat pekerjaan disana atau sponsor dari perusahaan? apa tidak bisa saya bikin dulu visa kerja baru mencari kerja disana? saya juga mau menanyakan apakah di UK sama seperti diindonesia bisa mencari kerja diluar jurusan kelulusan kita?misal untuk ke bank bisa digunakan ijasah d3 semua jurusan tidak harus dari lulusan perbankan atau manajemen? dan apakah disana susah untuk mencari kerja part time? dan saya juga mau bertanya apakah bisa disana kuliah sambil kerja? dan visa apa yang harus dibuat? tolong sarannya mas giri, terima kasih mas giri saya ingin sekali kerja dan meneruskan kuliah di Uk
    Assalammualaikum Wr.Wb

    1. Waalaikumussalam, Nina.

      Terima kasih sudah mampir ke blog saya. Wah, banyak sekali ya pertanyaannya. Saya jawab singkat saja ya.
      1. Ya, saat ini Nina harus mendapat sponsor dari perusahaan terlebih dahulu, baru bisa mendapatkan visa kerja. Tidak bisa mendapat visa dulu baru mencari kerja. Dulu sih salah satunya ada yang namanya Visa PSW (post study work). Jadi setelah kuliah, diberi izin tinggal untuk mencari kerja selama kurun waktu tertentu. Sayangnya, untuk saat ini, Visa PSW tidak dikeluarkan lagi.
      2. Bisa saja menggunakan ijazah dengan latar belakang berbeda selama memang itu sesuai dengan persyaratan yang dicari oleh perusahaan. Tidak bisa digeneralisir. Kl untuk menjadi part time dan tidak berhubungan dengan kemampuan teknis tertentu, ya mungkin bisa saja dari latar belakang pendidikan apapun.
      3. Ya, saat ini susah mencari part-time. Semua orang EU pun mencari part-time di UK.
      4. Kuliah sambil kerja? Bisa banget! Kalau dapat visa student, boleh kerja 20 jam seminggu (jaman saya). Ga tau sekarang boleh kerja berapa jam per minggu. Tp student diperkenankan untuk nyambi kerja.

      Semoga membantu. Banyak-banyak saja ikutan kegiatan-kegiatan British Council, pameran pendidikan, dan baca-baca website seputar kampus. Sukses!!

      Salam,
      Giri

  99. Hi mas giri, saya gilang mau tanya-tanya nih 🙂

    Kebetulan tgl 25 feb ini saya mau berangkat ke london
    Nah yang mau saya tanyakan banyak sih mas, mengingat ini trip pertama saya,
    1. Kebetulan nama di tiket saya beda satu huruf dengan passport, yg harusnya ADITIYA GILANG,
    Nah yang tertulis di tiket adalah ADITYA GILANG, apakah akan bermasalah pada saat pengecekan imigrasi di UK?
    2. Barang apa saja yang tidak boleh masuk ke UK?
    3. Saya baca ada pembatasan bawa benda cair, bagaimana dgn alat mandi seperti dabun dll, nah kalau misal parfume max berapa ml?
    4. Barang apa saja yang akan kena cukai tambahan jika masuk UK?

    Terimakasih mas atas jawabnnya, saya berharap jawaban dari mas giri 🙂
    Atau jika tidak keberatan bisa dijawab pada email saya mas di gilangbok@gmail.com
    Thanks

    1. Hi Mas Gilang,

      Semoga saya tidak telat memberikan jawaban 🙂
      1. Kalau terjadi perbedaan di tiket mgkn akan menjadi masalah ketika Gilang di bandara / transit maskapai penerbangan. Tp ya bisa saja itu menjadi masalah ketika pengecekan imigrasi. Ya bersiap-siap saja.
      2. Untuk mengetahui apa saja barang yang tidak boleh dibawa ke UK, silakan berkunjung ke https://www.gov.uk/uk-border-control/overview
      3. Benda cair biasanya akan dilarang oleh maskapai penerbangan internasional. Ada batasnya. Silakan melihat detail di maskapai penerbangan Gilang nanti.
      4. Kalau masuk ke UK (dan tidak membawa barang yg prohibited), rasanya tidak akan kenca cukai.

      Semoga jawaban saya membantu. Untuk detailnya, coba Gilang baca-baca website http://www.gov.uk.
      Selamat berangkat ke London. Semoga selamat sampai tujuan…

      Salam,
      Giri

  100. Thanks infonya mas, hari ini rencana berangkat mas
    Oya ada satu lagi pertanyaan,
    Rencana saya berangkat kesana mau bawa cd lagu band saya
    Dan berencana untuk bagikan cd disana,
    Nah apakah membahayakan / mempersulit saya pada saat transit atau di imigrasi,
    jika saya membawa cd lebih dari 5?
    Thanks mas

    1. Selamat berangkat Mas Gilang.
      Wah, kalau mau aman, CDnya tidak usah diberikan cover terlebih dahulu.
      Takutnya kalau bawa CD yg sama > 5, disangkanya mau jualan.

  101. Dear Mas Giri,,
    Saya Asst. Manager HRD PT Indospring Tbk. domisili di Surabaya, Jawa Timur. kami bergerak di bidang pembuatan spring otomotif dengan pangsa pasar OEM, eksport dan after market. kami hendak mengirim engineer kami untuk belajar ttg spring design & technology di UK. namun kami belum tahu kursus tsb di institusi apa di UK sana. kami berharap mas giri dapat membantu.

    terima kasih

    Fikri
    +6285731004636
    fikri_ieits@yahoo.co.uk

    1. Halo Mas Fikri,

      Terima kasih sudah bertanya ke saya. Mohon maaf saya kurang tahu mengenai institusi yang bisa memberikan kursus ttg spring design dan technology di UK. Coba Mas Fikri cari-cari lagi di Google. Mohon maaf tidak membantu.

      Salam,
      Giri

  102. Hai mas giri,
    saya Viola meiryan.
    saya ingin sekali mendapat kan kesempatan bekerja di london.tante saya sdh jd wrga negara sana,tp beliau bekerja di restoran.dan memiliki 2 anak.
    tante saya dulu TKI,namun skrg khidupan nya jauh lebih baik dan memiliki apartemen pribadi.
    saya tahun ini lulus S1 hukum di indonesia.saya juga penyanyi di indonesia,walau nama saya belum terkenal sperti syahrini.hehe

    Menurut mas giri,saya lebih mudah mndpatkan kerja di london melalui S1 saya,atau saya lebih baik cari cafe atau bars yg butuh penyanyi atau akustik mas?

    Untuk undangan manggung alhmdllh sdh di katakan lumayan,april besok band saya bertolak ke malaysia utk 3 bulan di kontrak hotel disana.

    Saya sangat ingin mas bekerja dan menetap di london seperti tante saya.

    Menurut mas,dr cerita saya diatas..mana yang paling memungkinkan dan termudah utk membuat saya bisa bekerja dan menetap di london.

    1. Hai Viola,

      Wah, pertanyaannya berat sekali. Saran saya coba saja mencari pekerjaan di UK baik itu melalui S1 hukum Viola atau jalur penyanyi. Kedua-duanya memiliki kemungkinan yang sama. Toh, ga ada salahnya kan mencoba dari keduanya. Dengan begitu, peluang bekerja di London menjadi jauh lebih besar.

      Ya, saya doakan keinginan Viola bekerja di London akan segera menjadi kenyataan. Jangan menyerah dan terus berusaha ya.

      Salam,
      Giri

  103. mas giri trimakasih ada blognya, sungguh sangat menginspirasi

    Hallo mas giri salam kenal saya sujono domisili di jakarta

    yg ingin saya tanyakan, saya berencana tinggal lama disana mungkin selama 3-6bulan, ada tidak website yg mengakomodasi sewa rumah atau kamar dengan jangka waktu pendek sekitar 3-6bulan, klo ada apa ya websitenya?
    saya juga berencana buka rekening di UK bisa tidak org indonesia untuk buka rekening di UK klo bisa bagaimana persyaratannya?
    saya butuh rekening disana karena untuk bayar biaya hidup disana dan juga untuk pembayaran via online karena kebetulan saya bergerak di usaha online store.

    trima kasih responnya dan salam kenal

    1. Halo Mas Sujono,

      Terima kasih sudah mampir membaca blog saya.

      Jika ingin sewa kamar 3-6 bulan, silakan masuk ke http://www.spareroom.co.uk/. Saya juga dulu dapat sewa kamar dari nyari-nyari di link tersebut. Untuk buka rekening di UK, minimal stay di UK 6 bulan (jaman saya. Ga tau kl skrg gmana). Coba saja Mas Sujono liat-liat website HSBC UK, Lloyds Bank, Santander UK, dsj. Semoga di website mereka, tertulis persyaratannya apa saja. Semoga beruntung, Mas.

      Salam,
      Giri

  104. maaf mas giri, boleh nanya ga? mas giri pernah ke istana di inggris ga, kerajaan nya gitu. trus pernah liat ratu dan keluarga nya?
    makasih yaa

    1. Hi Mas Ridwan,

      Saya tidak pernah masuk ke Istana Buckingham. Di Inggris, sangat banyak istana. Mungkin Mas Ridwan bisa merujuk ke istana apa? Saya juga tidak pernah melihat ratu dan keluarga secara langsung.

  105. Hi mas GIRI, salam kenal ya. Blog mengenai UK nya komplit 🙂
    Aku numpang promotion info, buat teman2 yang butuh tour guide ke UK (personal or group) atau yang butuh kerjaan di sana, please contact (Phone By email ya)

    Many thanks

  106. Halo mas giri, salam kenal 🙂
    Kebetulan saya dan teman akan pergi ke LONDON sekitaran bulan agustus 2015 nanti, untuk penginapan sudah disediakan company, tapi kita masih kebingungan mencari tour guide dna transport serta mungkin menentukan place must visit selama di london nanti
    Maunya juga tidak hanya di sekitaran kotanya, tapi ke village atau worth place to visit spt EDensor yg terkenal, karena di London tidak terlalu lama maunya memaksimalkan waktu agar tidak ada waktu yg terbuang jadi bisa mengunjungi banyak tmpt selama di London 🙂
    If you have any recommendation, please kindly send me email at indahfadlina@yahoo.com

    Many thanks before mas 🙂

  107. Hi mas Giri,
    salam kenal,mas saya mau tanya visa uk bisa di gunakan ke negara mana saja yah? saya stay di Yorkshire selama 3 bulan dan ada rencaca ingin bepergian ke spanyol dan France mengunjungi beberpa teman di sana, bisa minta alamat emailnya kah? terima kasih
    Salam
    Laela

    1. Halo Laela,

      Visa UK hanya bisa digunakan di negara UK (England, Scotland, Wales & Northern Ireland). Di luar negara itu, Laela perlu visa lagi.

  108. Halo mas Giri, saya Ade Irawa mas, saya jg ingin bgt bisa kuliah di London, tapi mas saya ingin kerja dulu di London, supaya bahasa Inggris saya lumayan, dan memiliki biaya, minimal 1 atau 2 tahun begitu mas. Kira2 kerjaan yg aman untuk wanita apa ya mas ? Kalau di Restoran bagaimana y mas ? Saya ingin bgt school di London. 🙂 terima kasih banyak mas, (y) alamat email saya iraade563@yahoo.co.id

    1. Hi Ade,

      Saat ini, sedang susah jika ingin bekerja di London, tapi tidak memiliki spesialisasi tertentu karena banyak sekali orang lokal dan juga dari Eropa yang sedang mencari pekerjaan. Perusahaan2 di London akan lebih mengutamakan orang lokal atau EU, kecuali Ade pny kemampuan atau spesialisasi yang tidak dimiliki kebanyakan orang.

      Jika ingin memperdalam bahasa Inggris, ada banyak caranya dan menurut saya tidak perlu ke Inggris. Bisa dengan cara les, perbanyak bicara bahasa inggris, menonton film bahasa Inggris, dsb. Jika memang kemampuan berbahasa Inggris Ade sudah matang ditambah dengan kemampuan tertentu, besar sekali peluang Ade untuk dapat bekerja di London.

      Semoga membantu.
      Giri

  109. Selamat pagi Mas Giri
    Saya sudah di London. Sy ada congress di excel London. Yang mau saya tanyakan:
    – dimana saya bias membeli Oyster card Karen’s sy disini smp tgl 1 juni
    – Kalau naik train ke excel sy harus pilih tujuan ke Benton. Spy sy tdk salah Kereta Dari Stanford high street sy hrs naik Kereta yg mana dan Begitu jg sebaliknya.
    Terima kasih

    1. Halo Mbak Linda,

      Semoga balasan saya tidak telat.
      – Mbak bisa membeli oyster card di tube station dimana saja.
      – Untuk mengetahui dari titik mana ke titik mana menggunakan tube, silakan Mbak Linda buka https://www.tfl.gov.uk/. Membuka google maps juga bisa sebenarnya.

      Semoga membantu. Sukses congressnya!

      Salam,
      Giri

  110. Salam kenal Mas Giri,

    Saya Patar, sangat senang membaca artikelnya yg memotivasi dan memberikan ilmunya kepada kami. yg mau saya tanyakan, syarat yg diperlukan untuk bisa bekerja di UK, apa saja ya mas. Mohon share nya ya mas atw dengan senang hati bisa dibalas melalui email saya tar_pabregas@yahoo.com

    Terimakasih, Salam Suksess..

    1. Hi Patar,

      Sebenarnya jawabannya sama saja dengan jika Patar ingin bekerja di Indonesia. Harus mempunyai kelebihan yang unik tidak dimiliki kebanyakan oleh orang sehingga perusahaan bersedia menjadi sponsor visa. Selain itu, kemampuan bahasa inggris yang baik sangat diperlukan.

      Semoga membantu.
      Giri

  111. Maaf, kak, mau tanya.. di london itu kalau kerja di ‘Control room of Transport’ yang ngatur-ngatur bus supaya on time dan berjalan normal, itu perkerjaan apa ya? bagus kah itu pekerjaannya? Dan apakah gajinya mencukupi untuk biaya hidup?

    1. Hi Eka,

      Wah, mohon maaf saya kurang tahu detail jenis pekerjaan di TfL. Tapi rasanya bekerja di Tfl sudah mencukupi biaya hidup. Tinggal tergantung mau hidup seperti apa (mewah atau hemat). Maaf kurang membantu. Terima kasih telah berkunjung.

  112. Dear mas Giri,

    Salam kenal 🙂
    Saya apply lamaran ke salah satu oil and gas di london dan stlh melewati proses rekrutmen skrg saya sudah dikirimkan kontrak kerja. Dan saya harus submit dokumen kontrak yg sudah saya sign ke hmrc groups. Tapi stlh sy buka webnya sepertinya under construction krn tdk ada keterangannya. Apakah ada penipuan semacam itu? Mohon bantuannya.
    Terimakasih

    1. Hi Frank,

      Coba Frank liat lagi domain emailnya. Kemudian coba gabungkan nama perusahaan tersebut dengan kata “Job Fraud” dan/atau “Job Scam” di Google. Jika memang penipuan, akan terlihat di hasil pencarian. Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  113. Salam perkenalan saya banyak dapat info daripada saudara Giri tentang mencari penginapan di London. Anak perempuan saya bakal mula pengajian Master di UCL London pada 28/9/2015 ni dan kami bakal tiba di sana pada tanggal 25/9/2015. Terima kasih

  114. Hai ma giri, terima kasih info nya, sangat bermanfaat sekali.
    Saya mau tanya min gaji kalo kerja di restoran, kisaran gaji ny brp ya di london?
    Thx for reply

    1. Halo Ervin,

      Mohon maaf saya tidak tahu gaji di restoran (Chef, dll). Coba Ervin buka saja di website pencarian kerja. Mungkin disitu ada data mengenai gaji di bisnis kuliner. Semoga membantu.

      Giri

  115. Hai mas Giri
    Makasih banyak atas informasinya.Setahun ke depan saya akan pindah mengikuti suami yang berkewarganegaraan Inggris ke kota asal suami saya di Plymouth.Saya selalu ada kekuatiran mengenai adaptasi anak-anak saya yang masih berusia 9 dan 5 untuk sekolah di tempat yang baru.Biasalah,kepikiran bagaimana kalau mereka dibully karena berbeda dsb.Apakah mas Giri punya informasi atau situs yg bisa saya kunjngi mengenai pengalaman anak Indonesia yang bersekolah di UK khususnya primary dan high schools di state schools? Terima kasih banyak

    Nira

    1. Halo Mbak Nira,

      Terima kasih sudah mampir. Mohon maaf saya tidak punya informasi mengenai pengalaman anak Indonesia bersekolah di UK utk primary school. Mbak Nira bisa kontak Kedutaan Besar RI di London. Mereka pasti lebih punya pengalaman. Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  116. halo mas giri, salam kenal.

    saya mau cerita sedikit nih mas, saya kan lulusan IPDN (institut pemerintahan dalam negeri) bandung, dan selama saya kuliah di ipdn saya banyak mempelajari tentang pemerintahan yang ada di indonesia. saya berniat untuk melanjutkan s2 jurusan politik pemerintahan di london mas, saya bingung mengenai jurusan yang ingin saya ambil mas, apakah ada jurusan politik pemerintahan di london ? , yang saya ketahui sistem pemerintahan di inggris yaitu sistem pemerintahan parlementer dan bentuk pemerintahannya yaitu monarki. mohon petunjuk mas apakah saya salah dalam mengambil jurusan politik pemerintahan disana ? , atau ada informasi terkait jurusan pemerintahan disana mas. Terima kasih mas 🙂

    1. Hi Thias,

      Terima kasih telah berkunjung.
      Coba Thias search di Google mengenai jurusan politik pemerintahan di kampus di London. Mungkin ada program seperti itu di LSE. Silakan mencari sendiri. Ya, namanya belajar ya tidak ada salahnya, mas. Dengan belajar sistem politik pemerintahan di UK, mungkin bisa menjadi referensi kelak di Indonesia. Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

      1. salam kenal mas Giri,
        semoga sehat selalu..
        Mau nanya mas kalau kita pergi ke london/inggris tapi belum tau kerjaannya apa gimana ya mas, maksudnya datang kesana lalu baru cari2 kerja disana..

        1. Halo Very,

          Wah, berat jika harus pergi ke Inggris dulu, baru mencari pekerjaan. Lebih mudah jika sudah mendapatkan pekerjaan sblm ke Inggris krn perusahaan yg nanti akan mengurus visa kerja nya. Smoga membantu. Terima kasih sudah mampir.

          Salam,
          Giri

  117. Assalamu’alaikum pak, saya boleh minta alamat fb bapak tidak ? Karena saya ingin bertanya tanya tentang London yg akan saya jadikan lattar dalam cerpen saya. Terimakasih pak

  118. halo mas giri, saya tubagus dari medan salam kenal. saya mau tanyani sayakan lagi kuliah jurusan sastra inggris ni udah semester 5 dan saya sambil kerja juga. rencana saya sih mau kelondon untuk tinggal/kuliah sekalian kerja juga sih hehehe tapi apakah universitas disana akan melihat ipk kita pas diindonesia ? dan juga saya kalo ngomong sama turis gitu agak ga pede karena takut salah, sarannya gimana ya mas ? thank you.

    1. Hi Tubagus,

      Ya, mereka pasti akan melihat prestasi student ketika masih kuliah dimana salah satunya adalah IPK. Selain IPK, mereka juga melihat pengalaman berorganisasi, apa yang didapatkan selama kuliah, kontribusi ke masyarakat, dsb. Jadi tidak hanya IPK. Namun jika Tubagus punya IPK bagus, itu akan sangat membantu Tubagus dalam mendapatkan tempat kuliah.

      Saran saya, biasakan melakukan conversation menggunakan bahasa Inggris, perbanyak menonton film atau acara berbahasa Inggris, dan perbanyak menulis sesuatu dalam bahasa Inggris. Jika ini dilakukan dengan sangat rutin, percayalah Tubagus pasti akan lancar berbahasa Inggris.

      Salam,
      Giri

  119. wihhhh kerennnn…

    mas mohon infonya, kmaren kemaren saya sempet nemuin web (lupa namanya) , katanya mengurus VIsa ke UK sekarang sangat sulit, n lama ya mas? so sebaiknya ni gmana mas? lolos beasiswa baru bikin visa atau bikin visa dulu sambil nunggus tes beasiswa? soalnya kata temenku juga visa bisa sampai 3 bulan bahkan lebih untuk perizinan studi. n info untuk beasiswa di UK ya no mas…., web’nya pada nggak bener soalnya…. terima kasih

    1. Hi Ilham,

      Jika memang semua persyaratan yang diperlukan dapat dilengkapi dengan Ilham, lalu memang Ilham memiliki tujuan yang sangat jelas, dan tidak punya track record yang buruk dengan visa atau dunia hukum, rasanya mengurus Visa tidak sulit. Dari Indonesia, mungkin dalam waktu 1 bulan, bisa mendapatkan visa selama semua persyaratannya dipenuhi.

      Menurut saya, sebaiknya lolos beasiswa saja dulu karena mengurus visa memerlukan biaya. Dan juga jika sudah dapat beasiswa (apalagi jika full beasiswa), akan mempermudah langkah Ilham mendapatkan visa. Saya rasa tidak perlu sampai 3 bulan.

      Ada banyak informasi mengenai beasiswa di UK. Salah satu yang saya tahu ada disini: http://atdikbudlondon.com/indonesian-students/beasiswa/. Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

      1. Assalammualikum mas.

        Mau nanya, kan saya belum paham nih masalah uang londong yang pound-pound itu. Tadinya coba cari-cari info di internet tentang mata uang sana kalau misal disana 1200 pound. Kalo dalam rupiah berapa. Niatnya mau kuliah disana. Tp masih kumpul biaya juga hehe. … teri kasih.

        1. Waalaikumussalam, Mbak Aulia.

          Mbak bisa tahu kurs rupiah thd poundsterling (atau sebaliknya) lewat google. Cukup tulis ‘gbp to idr’ di bagian search, dan mbak akan mendapatkan konversi GBP to IDR atau sebaliknya. Saat ini (9 Dec 2015), 1 pound berkisar Rp 20.787. Jadi kalau 1,200 GBP itu ekivalen dengan hampir Rp 25 juta. Semoga membantu. Sukses kuliahnya kelak!

          Salam,
          Giri

  120. Assalamu’alaikum Pak Giri,

    perkenalkan saya tike umur saya 19 tahun. InsyaAllah saya ada project buat nulis fiksi yg settingnya sebagian di London. Jika bapak berkenan, apa Bapak mau jadi narasumber saya? Untuk tambahan riset saya.

    Ohya saya sudah PM di fb nya bapak.

    Mohon bantuannya Pak, terimakasih.

  121. Pagi mas, saya uda lama bgt pingin keliling UK tp klo ikut tour pasti banyak yg kelewat tujuan2 yg saya inginkan.. apakah mas giri ada kenalan atau tau tour guide indonesia untuk private tour di uk??

    Thanks a lot 🙂

    1. Hai Ana,

      Sebenarnya Ana bisa jalan-jalan sendiri jika mau. Di UK, cenderung aman dan orang suka membantu (selama mintanya sopan). Saya punya kenalan, tapi tidak tau apakah ada waktu untuk private tour. Di UK sendiri, mgkn ada jasa menawarkan private tour. Tapi saya ga tau karena saya ga pernah pakai private tour. Silakan Ana search di Google.

      Salam,
      Giri

  122. mas, kalo lagi pas musim dingin itu dingin banget ya?? kalo untuk orang indonesi yang berlibur ke london tahan gak ya kira-kira sama musim dingin disana walaupun udah pake pakaian musim dingin…

    mksd ny jg masih bisa melakukan aktivitas di luar ruangan gak yaaaa…. takutnya kalo mau iburan salah ambil musim hehe ntar kedinginan malah stay dalem hotel

    1. Hi Firya,

      Ya, kalau lagi winter, pasti dingin ya. Namun seberapa dingin, ya tergantung ketahanan orang. Saya pny teman, dia ga tahan sama sekali terhadap dingin. Jadi kl temperatur dibawah 10 derajar celcius, dia ud ga mau kemana-mana. Teman saya yg lainnya pny daya tahan yg oke terhadap dingin. Tapi menurut saya, ya harusnya dibawa asik saja. Kl ud liburan, ya jangan stay dalem hotel. Tebel2in aja lapisan baju nya. Semoga membantu.

  123. Mas jika sampai di imigrasi london apa saja yg akan ditanya oleh petugas imigrasi sana dan bagaimana jika tidak terlalu lancar menjawab dgn b.inggris ketika petugas menanyakan ?

    1. Halo Yosii.

      Biasanya ditanyakan tujuan ke Inggris, mo ngapain, tinggal di Inggris berapa lama dan sama siapa, mau kemana saja, dan berapa lama di Inggris. Ya, kalau tidak lancar, pastinya akan menjadi kendala. Ya, perbanyak latihan.

      Salam,
      Giri

  124. Mas giri, saya berencana untuk melanjutkan studi saya di oxford london untuk mendapat gelar master. Info2 pendaftaran dan persyaratanny bisa di dapat di kedutaan2 besar inggris atau ngga ya?

    1. Halo Yus,

      Informasi tersebut ada di website kampus masing-masing. Jd kl Mas Yus mau lanjut studi di Oxford atau London, bisa berkunjung ke website mereka. Informasi ini belum pasti tersedia di kedutaan. Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  125. Dear Mas Giri,
    Perkenalkan nama saya Kartika dari surabaya, saya sedang membantu teman saya yang sedang honeymoon di Inggris tepatnya di Manchester. Ternyata teman saya ini sedang hamil dan akhirnya bleeding , sudah bbrp kali ke UGD di Rs setempat tapi hanya disuruh bedrest mungkin karena budaya barat yg tidak suka sembarangan memberi obat. Akhirnya teman saya ini hanya bisa istirahat di hotel dan tidak bisa pulang ke indonesia karena khawatir kalau naik pesawat bisa memperburuk keadaan, seharusnya dia pulang tanggal 14 kemarin dan tiket dihanguskan. Apakah bisa jika teman saya tersebut minta bantuan ke Kedubes RI di sana? Atau apa ada solusi lain ya Mas Giri?
    Terima kasih sebelumnya,

    Salam,

    Kartika

    1. Halo Kartika,

      Saya sarankan teman kartika bisa langsung menghubungi pihak KBRI di London. Mereka pasti bisa memberikan solusi yang lebih baik.

      Salam,
      Giri

  126. Selamat siang, Mas Giri. Sy lihat, Mas sngat rajin membalas komen” pembacanya krn itu sy tertarik utk ikut berdiskusi.
    Sblmnya, perkenalkan nama sy Ika. sy sarjana ekonomi-akuntansi, dan berencana mengejar gelar master di Inggris. Selain program” yg ditawarkan oleh universitas” d sana, sy jg sangat mempertimbangkan fasilitas dan toleransi kampus terhadap kegiatan peribadatan, terutama untuk umat islam *krn sy seorang muslim. menurut pengalaman Mas Giri, universitas” mana saja yg jd rekomendasi terkait kriteria tsb? terimakasih.

    1. Hi Ika,

      Kampus2 disini sangat toleran terhadap muslim. Bnyk kampus memiliki semacam perkumpulan untuk mahasiswa muslim. Misalnya saya dulu, kita menggunakan hall campus untuk salat jumat. Namun tidak semua kampus memiliki musholla. Ika bisa kontak kibar uk, kumpulan warga Indonesia muslim di UK. Websitenya di http://www.kibar-uk.org.

      Salam,
      Giri

  127. Halo Mas Giri,

    Perkenalkan saya Dewi.
    Saat ini saya sedang “in relationship” dengan orang asli St. Albans (punya rumah dan pekerjaan tetap di sana)
    Rancananya kami akan melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius, tapi selama ini saya belum pernah ke sana, hanya dia berkunjung saja ke Jakarta sesekali saat bertugas di Asia Tenggara.
    Jika saya ingin mengurus visa untuk beberapa kali kunjungan ke sana, bagaimana caranya? Berapa lama kira-kira pengajuan visanya? Tentu saja pacar saya akan membantu utk pengurusan dokumen yang diperlukan.
    Lalu jika kami menikah, maka saya akan tinggal di sana. Bagaimana pengurusan dokumennya jika kami ingin menikah di Indonesia, baru setelahnya saya tinggal di Inggris? Dokumen apa saja yang kira-kira dibutuhkan?
    Apakah jenis visa yang saya apply berbeda dengan visa turis pada umumnya?
    Mohon pencerahan.
    Trims

  128. hi kak giri, aku tuh masih anak SMA kelas 3, trus aku itu punya mimpi bisa lanjut kuliah di London, pengen banget. nah aku tuh pengen nanya, gimana sih caranya bisa sekolah di London, apa yang pertama harus dilakukan??

    1. Hi fia,

      Sebenarnya jawabannnya sama dengan bagaimana caranya kuliah di Indonesia. Cuma bedanya ini perlu ngurus visa. Itu aja kok.
      1. Cari kampus yang dituju
      2. Pelajari kampus tersebut
      3. Cari tahu proses dan waktu untuk pendaftaran
      4. Penuhi persyaratan pendaftaran
      5. Kalau diterima, silakan cari beasiswa / biaya sendiri dan urus perizinannya

      Sukses!

  129. Halo mas giri, ak mau bertanya tanya tentang working in uk, but illegaly.. mohon balasannya ke emailku mas giri, rencana bulan 5 ini saya terbang kesana dgn visa tourist 6months
    Thank you balasannya

    1. Hi Aulya,

      Kemungkinan itu selalu ada. Namun jika Aulya tidak memiliki kelebihan yang spesifik (spt pengalaman kerja, sertifikasi atau gelar sekolah) , akan berat untuk bisa mendapatkan pekerjaan di Inggris. Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  130. Halo,saya mau nanya.sebenarnya saya baru masuk SMA tapi saya sudah memiliki impian untuk kuliah di london.pertanyaan saya bagaimana kalo misalnya saya kuliah di london apa saya bisa bekerja di sana setelah selesai kuliah atau tidak diperbolehkan bagi siswa internasional untuk bekrja disana.mohon segera di balas,terima kasih

    1. Halo Annisa,

      Ya, jika Annisa memiliki kemampuan yang dibutuhkan perusahaan dan kuliah di London, maka besar sekali peluangnya untuk bekerja di London. Salam

  131. helo mas giri,

    anak sy rencana mau sekolah di uk kotanya liverpool, kehidupan dikota tersebut amankah?
    untuk sekolah disana persyaratannya sulit / tidak ?
    apakah bisa nantinya dia ikut kerja part time disela2 jam kuliahnya ?
    terima kasih

    1. Halo Mbak Susie,

      Ya kehidupan di UK cenderung aman. Mbak bisa liat crime map di https://www.police.uk/merseyside/E1/crime/+UxA0tF/. Untuk menghindari hal2 yg tdk diinginkan, ya waspada dan hindari pulang malam dan tempat sepi.

      Persyaratannya tergantung sekolah/kampus masing-masing mbak. Tetapi cenderung masih dipenuhi oleh siswa Indonesia. Ya, dia bisa kerja part time berapa jam per minggu. Tapi saya kurang tau detail terbarunya. Silakan buka di website Visa UK.

      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  132. Halo Mas, saya baca yg point kesehatan ttg NHS, walaupun kita org baru di inggris dan belum terdaftar apakah kita tetap mendapat pelayanan kesehatan gratis? Tolong jelasin yaa mas, karna itu sangat penting 🙂 terimakasih mas

  133. Hi mas Giri, saya September ini rencana akan ke London – Liverpool. Apakah mas Giri bisa informasikan untuk transportasi yang terbaik dari London ke Liverpool ? Dari segi harga dan waktu apakah pilihan nya naik kereta atau bus ya mas ? Thanks b4, regards “Alex

    1. Hi Alex,

      Bus lebih murah daripada kereta, tetapi kereta lebih cepat dari Bus. Kalau Alex waktu liburnya panjang dan ingin menikmati hari, bus menjadi pilihan menarik. Tetapi jika waktu liburan singkat, saya sarankan menggunakan kereta.

      Salam,
      Giri

  134. Hi mas Giri.
    Saya mau tanya apakah untuk apply visa ke London itu sulit? rencana saya ingin kuliah disana. Dan kebetulan Ayah saya sudah menjadi warga negara sana. Apakah dengan jaminan Ayah saya itu akan mempermudah visa saya? untuk tanya2 mengenai pembuatan visa di UK, saya harus melaluii agenci mana? terimakasih

  135. Hallo Mas Giri, saya baru 3 bulan tinggal di Weston .. Rencana nya saya Akan tinggal untuk 3 bulan, saya mau tau website atau aplikasi untuk komunitas orang Indonesia. Mohon bantuan nya .. Terimakasih.

  136. Mas giri,sy pengen ke uk utk sekolah tp sy pengen sambil usaha makanan disana.mnrut mas giri apakah memungkunkan?punya saran?

  137. Dear mas giri, if it is possible, would you share your email address, I have some points that I need to know..is it okay?

    1. Hi Rani,

      I am really sorry. I hope you don’t mind sharing your points here. I will be more than happy to respond it through my blog.

      Cheers,
      Giri

  138. Hi Mas Giri,

    Boleh nanya ga selama di London kira-kira ada waktu untuk bantu bawa kita jalan-jalan keliling kota ga selama di London tgl 11 September? Mohon balas ke email saja she12.ly@gmail.com
    Ada whatsapp sekalian ga? hehe

    Thank you very much.

  139. Selamat Malam Mas Giri

    Sebelumnya terimakasih banyak atas informasi di blog ini, sungguh luar biasa bermanfaat dan sangat membantu untuk orang seperti saya yang bercita-cita ingin kesana

    Pucuk dicinta ulam pun tiba, baru-baru ini saya menerima undangan interview kerja disana, dan saya 100% BELUM PERNAH menginjakkan kaki keluar indonesia (bahkan malaysia sekalipun), sehingga saya 100% bingung apa yang harus di persiapkan, visa apa yang perlu saya urus, dokumen2 apa yang perlu saya sediakan dalam pengurusan, tiket pesawat dan penginapan yang murah disana, moda transportasi menuju tempat interview yaitu di Ermyn Way, Leatherhead, surrey, dll.

    Jika Mas Giri tidak berkeberatan, saya mohon kesediaanya untuk berkorespondensi dengan saya lewat email abduldedysubhansyah@yahoo.co.id

    Terimakasih Banyak

    1. Halo Abdul Dedy,

      Seharusnya pihak penyedia kerja yang akan menginformasikan sedetail-detailnya. Pesan saya, hati-hati penipuan ya.
      Semoga sukses.

      Salam,
      Giri

  140. selamat siang,
    saya mau tanya untuk mahasiswa Indonesia yang ingin bersekolah disana. mendapatkan sewa rumah yang murah dimana ya mas? soalnya bulan juni 2017 saya di terima di university college London…sya masih buta sekali tentang London.

    mohon pencerahannya.
    terimakasih

    1. Halo Chris,

      Selamat ya diterima di UCL. Setahu saya ada Dorm untuk mahasiswa di sana dengan harga murah. Jika sudah tidak dapat, silakan mencari di website pencari tempat tinggal seperti zoopla, rightmove, dsb. Ato Chris bisa ke spareroom.co.uk untuk berbagi kamar dengan orang lain dgn tujuan bisa dapat harga murah. Semoga ini membantu.

      Sukses kuliahnya di UCL.

      Salam,
      Giri

  141. mas giri hallo,
    pertanyaan saya agak konyol sih..(maap ya),
    klo aq mau jalan2 di seputaran luar london, dimana saya bisa sewa mobil dan supirnya yg “aman” dan murah.
    saya & anak saya hanya berdua sih yg jalan2…, ingin ke bath, castle combe, salisbury dan coldwods.
    dijemput di airport pagi & langsung jalan2 ke desa2 kecil itu,… bisa bantu kasih saran?
    makasih banget ya mas giri….

    1. Halo Mbak Dewi,

      Kalau mau aman, cari pegawai Kedutaan. Kl lagi kosong, mungkin mereka mau. Hehehe…
      Mohon maaf, saya kurang tahu referensi sewa mobil yang bagus. Mbak Dewi bisa search di google ‘hire car / car rental’
      Selamat jalan-jalan, mbak.

      Salam,
      Giri

  142. Asw mas, saya mhsw fkm inshaallah mau seminar di uk tahun depan, kira2 mas ada kontak mahasiswa akhwat indonesia di london? Untuk keamanan dan kslamatan. Kmrn sdh mencoba hubungi ppi london, tp mreka bilang cuma buat mhssw yg kuliah. Mhn solusiny .. trma kasih

  143. Hai mas saya mau tanya , saya umur 15 tahun, tahun terakhir di smp, ayah saya dimutasi ke london,sya akan pindah ke sana sekeluarga , apa disana ada sekolah khusus rakyat indonesia ? Terima kasih

  144. yth. mas giri.

    alhamdulillah n tks sdh kasih informasi ttg london. aku tertarik pengen hidup di london, n pengen tahu info re kota london. kebetulan aku pernah tinggal di melbourne hampir tiga tahun lebih. yg aku pengen tahu dari kota london tuh mengenai suburb2 yg dia punya. aku lihat alamat temen2 yg ada di london, kok alamat rumahnya aneh2 ya, terutama ada kode seperti NW11 0RY, NW9 6QP,HA9 0GB dan seterusnya. itu kode apa ya mas? mhn info. tks

    1. Halo Mas Budi,

      Terima kasih telah berkunjung ke blog saya.
      Saya kurang begitu paham mengenai kodepos. Tapi setahu saya, tiga digit pertama itu menunjukkan lokasi/daerah. Saya pernah tinggal di daerah dengan kodepos W13 9HY. W13 itu berarti saya tinggal di daerah West Ealing. Lalu, 9HY itu menunjukkan jalan/detail lokasi, tapi bukan nomor rumah. Sepengetahuan saya juga, huruf di depan juga menunjukan lokasi daerah terhadap London. NW itu berarti daerahnya berada di North West dari London. W13 (tempat saya tinggal) itu berada di West London. Kalau berawal dengan huruf E berarti di daerah timur (east) dari London. Silakan Mas Budi cari di internet untuk lebih detail dan pastinya lebih benar.

      Salam,
      Giri

      1. tks mas giri utk response nya..
        sorry baru bales lagi, krn baru sempet buka nih.
        satu lagi mas pertanyaannya nih…
        mdh2an ada waktu lgi utk njawabnya
        kalo kuliah di universitas negeri di london itu biaya per tahun/semester nya berapa ya?
        tks mas

        1. Wah, biaya kuliah di london sangat tergantung kampusnya dan bahkan per jurusan bisa beda. Silakan mas Budi cek satu per satu ke kampus di London.

  145. saya mau nanya mas
    kalau di UK semua tanah milik raja apakah itu benar?
    terus kalau beli rumah hanya sekedar rumah ga ama tanahnya?
    terimakasih

    1. Halo Mas Naufal,

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.
      Wah, mohon maaf saya tidak tahu perihal tanah. Soalnya ga pernah beli rumah di UK. Mgkn Mas Naufal bisa search di Internet.

      Salam,
      Giri

  146. Mas Giri,blog nya bermanfaat banget share tentang London. Jadi makin semangat untuk menggapai impian ke negara impian saya itu. Sering2 share info tentang negara Inggris ya mas,hehe

      1. Hello
        mas Giri
        mas saya sudan membacara artikel mas giri yg judulnya penipuan kerja di inggris
        saya ada tawaran krja dan saya beberápa kali emailan sama dia yg di sono
        ngeliat email yg di bawah ini penipuan apa bukan mas: ??
        thx u mas Giri

        Hello
        We are very happy to have you in our family, but before we
        proceed, i will like you to know something, its about the
        processing of your flight documents.

        If you are ready to process your document, i will just direct
        you to a travel agent, they are the one to process all the
        documents needed for you to work in United Kingdom, Hope you
        know that. if you are ready to process your documents let me
        know so i can send you the guidelines, and direct you where
        to process the documents.

        I also want you to be aware that the total fee needed for the
        processing of your documents is 1000 Pounds each, and am
        willing to help shoulder part 60% out it, and you are to
        shoulder part 40% which is 400 pounds each, hope you
        understand.

        We do not offer salary deduction simply because of some certain
        reason, and due to our experience about the bad applicant we
        helped before, we do not offer salary deduction.

        so if you agree with this, email this travel agent for the
        requirements for the processing of your documents.
        (safetravelservice@outlook.com).

        1. Halo Mas Vicko,

          Jika Mas Vicko baca artikel penipuan kerja dan menjalankan tips nya, akan ketahuan bahwa ini adalah spam.

          Salam,
          Giri

    1. Halo Mas Johan,

      Dengan Visa UK, mas Johan hanya bisa berkunjung ke negara2 Great Britain seperti Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Jika mas Johan mau ke negara Eropa lainnya seperti Prancis, Jerman, Itali, Spanyol, dll; mas membutuhkan Visa Schengen (tidak bisa menggunakan visa UK). Semoga membantu.

      Salam,
      Giri