Biaya Hidup di London Inggris
Ada teman bertanya berapa sih biaya hidup di London Inggris. Sebenarnya sangat bervariasi dari £600 per bulan s.d tak terbatas. Tak ada serunya membahas batas maksimal biaya hidup di London Inggris. Saya mencoba membahas mengenai biaya hidup di London Inggris yang sederhana saja. (Biaya Hidup di London Inggris)

Biaya hidup di London Inggris paling besar berasal dari biaya akomodasi alias tempat tinggal. Biaya tempat tinggal akan sangat bergantung pada letak tempat tinggal, ukuran dan fasilitas kamar. Semakin mendekat ke pusat kota, semakin lengkap fasilitas kamar, dan semakin besar ukuran kamar, maka sudah pasti akan mahal. Saya ambil contoh anda tinggal di zona 4 (baca mengenai perzonaan di artikel transportasi di london) dan mendapat kamar 3x4m dengan fasilitas berbagi rumah (dapur, kamar mandi, ruang tengah) dengan penghuni lain yang mungkin anda tidak kenal, y biayanya sekitar £350-500 per bulan. Terkadang itu sudah termasuk biaya listrik, air, gas, iuran TV, council tax (semacam Pajak atas bangunan) dan internet; terkadang juga belum. Harus pandai-pandai mencari tempat tinggal dan fasilitas yang ditawarkan karena akan sangat mempengaruhi besaran biaya hidup di London Inggris.  (Biaya Hidup di London Inggris)

Hidup di Inggris London

Courtesy: http://independentlivingconsultants.co.uk/wp-content/uploads/20-pound-notes.jpg

Pengeluaran terbesar berikutnya dalam hidup di London Inggris adalah transportasi. Biaya transportasi mungkin bisa berkisar £50-200 tergantung jarak rumah  anda dan tempat bekerja / kuliah, dan juga seberapa sering anda menggunakan fasilitas transportasi. Jika memang bisa memilih tempat tinggal yang berdekatan dengan tempat kuliah atau bekerja, maka itu sudah menghemat biaya transportasi. Biaya makan jika memasak sendiri mungkin bisa £5-10 per hari. Itu sudah termasuk sarapan, makan siang dan makan malam. Jadinya sebulan bisa £150 s.d £300. Ya, semakin anda mampu berhemat dari dompet makanan, maka pengeluarannya juga semakin sedikit. Namun, jangan lupa memperhatikan faktor kesehatan, gizi dan kenikmatan. Jika anda bosan makan makanan itu saja, sesekali pergilah ke restoran untuk menghibur diri. Ya, bisa membeli BigMac seharga +- £3 atau paket KFC 2 ayam + 1 kentang gede + 1 nasi sekitar £4 atau beli makanan jadi di retail Sainsbury’s atau Tesco dengan harga £0.5 per dada/paha ditambah sayur seperti coleslaw sekitar £1.  (Biaya Hidup di London Inggris)

Selebihnya harus menyiapkan anggaran untuk belanja peralatan bersih-bersih diri dan rumah, alat tulis, pulsa, makanan ringan untuk menemani kebosanan, dan mungkin biaya menghibur diri seperti berbelanja bagi wanita, nonton bioskop, nonton konser untuk penggila musik, dan sebagainya. Biaya hidup di London Inggris memang sangat bervariasi. Sekedar informasi, biaya hidup di kota-kota Inggris lainnya pada umumnya lebih rendah daripada di London. Jadi, jika dirata-ratakan mungkin biaya hidup di London Inggris yang normal, bersahabat tapi tetap irit berkisar £700-800 per bulan.  (Biaya Hidup di London Inggris)

Simak juga artikel Hidup di London Inggris sebagai persiapan untuk hidup di London.

Biaya Hidup di London Inggris