Biaya Hidup di London Inggris

Hidup di Inggris London

Biaya Hidup di London Inggris
Ada teman bertanya berapa sih biaya hidup di London Inggris. Sebenarnya sangat bervariasi dari £600 per bulan s.d tak terbatas. Tak ada serunya membahas batas maksimal biaya hidup di London Inggris. Saya mencoba membahas mengenai biaya hidup di London Inggris yang sederhana saja. (Biaya Hidup di London Inggris)

Biaya hidup di London Inggris paling besar berasal dari biaya akomodasi alias tempat tinggal. Biaya tempat tinggal akan sangat bergantung pada letak tempat tinggal, ukuran dan fasilitas kamar. Semakin mendekat ke pusat kota, semakin lengkap fasilitas kamar, dan semakin besar ukuran kamar, maka sudah pasti akan mahal. Saya ambil contoh anda tinggal di zona 4 (baca mengenai perzonaan di artikel transportasi di london) dan mendapat kamar 3x4m dengan fasilitas berbagi rumah (dapur, kamar mandi, ruang tengah) dengan penghuni lain yang mungkin anda tidak kenal, y biayanya sekitar £350-500 per bulan. Terkadang itu sudah termasuk biaya listrik, air, gas, iuran TV, council tax (semacam Pajak atas bangunan) dan internet; terkadang juga belum. Harus pandai-pandai mencari tempat tinggal dan fasilitas yang ditawarkan karena akan sangat mempengaruhi besaran biaya hidup di London Inggris.  (Biaya Hidup di London Inggris)

Hidup di Inggris London
Courtesy: http://independentlivingconsultants.co.uk/wp-content/uploads/20-pound-notes.jpg

Pengeluaran terbesar berikutnya dalam hidup di London Inggris adalah transportasi. Biaya transportasi mungkin bisa berkisar £50-200 tergantung jarak rumah  anda dan tempat bekerja / kuliah, dan juga seberapa sering anda menggunakan fasilitas transportasi. Jika memang bisa memilih tempat tinggal yang berdekatan dengan tempat kuliah atau bekerja, maka itu sudah menghemat biaya transportasi. Biaya makan jika memasak sendiri mungkin bisa £5-10 per hari. Itu sudah termasuk sarapan, makan siang dan makan malam. Jadinya sebulan bisa £150 s.d £300. Ya, semakin anda mampu berhemat dari dompet makanan, maka pengeluarannya juga semakin sedikit. Namun, jangan lupa memperhatikan faktor kesehatan, gizi dan kenikmatan. Jika anda bosan makan makanan itu saja, sesekali pergilah ke restoran untuk menghibur diri. Ya, bisa membeli BigMac seharga +- £3 atau paket KFC 2 ayam + 1 kentang gede + 1 nasi sekitar £4 atau beli makanan jadi di retail Sainsbury’s atau Tesco dengan harga £0.5 per dada/paha ditambah sayur seperti coleslaw sekitar £1.  (Biaya Hidup di London Inggris)

Selebihnya harus menyiapkan anggaran untuk belanja peralatan bersih-bersih diri dan rumah, alat tulis, pulsa, makanan ringan untuk menemani kebosanan, dan mungkin biaya menghibur diri seperti berbelanja bagi wanita, nonton bioskop, nonton konser untuk penggila musik, dan sebagainya. Biaya hidup di London Inggris memang sangat bervariasi. Sekedar informasi, biaya hidup di kota-kota Inggris lainnya pada umumnya lebih rendah daripada di London. Jadi, jika dirata-ratakan mungkin biaya hidup di London Inggris yang normal, bersahabat tapi tetap irit berkisar £700-800 per bulan.  (Biaya Hidup di London Inggris)

Simak juga artikel Hidup di London Inggris sebagai persiapan untuk hidup di London.

Biaya Hidup di London Inggris

335 thoughts on “Biaya Hidup di London Inggris

    1. Ada banyak, mas. Ada komunitas pelajar Indonesia seperti Persatuan Pelajar Indonesia (PPI), ada komunitas agama seperti komunitas muslim Indonesia di UK, ada komunitas penggemar klub sepakbola asal Indonesia, dan lain-lain.

  1. Bisa minta alamat lengkap komunitas2 indonesia tersebut mas ma contact personnya kalo ada? Mungkin disana nanti saya butuh bantuan bisa menghubungi mereka

  2. Salam kenal mas
    Saya edi ….kebetulan dapat tawaran kerja dilondon dengan gaji 3.950 pount perbulan.
    Apakah gaji tersebut sudah termasuk pajak atau belum ya…..kalau belum berapa pajak yang harus saya keluarkan untuk karyawan tetap tiap bulan.
    Terima kasih

    1. Tergantung, mas. Coba Mas Edi tanya ke company yang bersangkutan.
      Biasanya sih itu angka gross,belum termasuk pajak.
      Pajak penghasilan disini sekitar 20-35% tergantung threshold pengelompokkan gaji. Semakin besar gaji, pajak semakin besar.
      Tapi saya tidak tahu pasti, utk gaji 3.950 pound/bulan, berapa pajaknya. Ya mungkin sekitar 20%.

  3. Terima mas giri….
    Oh ya kalau biaya transportasi selama satu bulan habis berapa ya mas dimana….
    atau biaya hidup minimal selama 1 bulan berapa ya…
    dengan gaji saya 3.950 masih bisa nga saya nabung karena saya sudah berkeluarga dengan 3 anak…
    tapi anak dan istri tidak saya bawa ke london..
    seandainya saya bawah biaya pendidikan disana mahal nga ya mas
    Terima kasih

    1. Biaya hidup satu bulan bisa dibaca di artikel di atas kok, Mas Edi.
      Biaya transportasi bisa dilihat pada artikel laen “Transportasi di London”
      Rasanya sudah saya paparkan dengan jelas 🙂

      Biaya pendidikan untuk anak dibawah usia berapa tahun (saya lupa), gratis. Tapi itu untuk public school. Kl mau yg kualitas bagus, biasanya itu private school dan harus membayar. Mgkn biaya hidup mas Edi beserta keluarga, bisa s.d 2,000-2,500 per bulan. Karena pastinya Mas Edi hrs menyewa apt yg tempatnya luas, kemudian biaya hidup jg smakin membesar. Jadi, jika gaji Mas Edi 3,950, lalu dikurangi pajak (asumsikan 20%), maka bersih bisa bawa 3,200. Dikurangi biaya hidup (asumsikan 2,200/bln), maka mungkin Mas Edi bs nabung 1,000 per bulan :).

      1. Mas giri, mau nanya juga nih. Kalau sewa apartmen dengan 3 kamar tidur yg menengah kira2 berapa?
        Dan biaya sekolah anak di international school yg menengah kira2 berapa? Saya ditawari kerja di london oleh salah satu perusahaan minhak.

        Makasih,
        Effendi

        1. Terima kasih Mas Effendi telah membaca blog saya. Boleh tahu Mas Effendi akan berkantor dimana? atau mau tinggal di daerah mana? Karena setiap daerah memiliki kisaran harga apartemen yang berbeda2 dan perbedaannya bisa cukup signifikan. Untuk international school, saya tidak tahu kisaran harganya. Yang saya tahu, kalau public school gratis tapi memang kualitasnya dibawah private school.

  4. Saya hidup bersama istri dan 2 orang anak. Saat ini anak2 saya sekolah di international school year 9 dan 10. Kira2 biaya hidup sebulan berapa yg menegah, tidak terlalu sederhana. Terima kasih sebelumnya

  5. kak namaku jagat, umurku 15 tahun, dan ingin melanjutkan SMA di london, berangkat dari indonesia menuju london sendiri, kira-kira jika aku bekerja di london upah gaji aku berapa yah /jam
    dan apakah gratis SMA di london ?

    1. Hi Jagat. Terima kasih sudah mampir. Setahu saya, anak usia 15 tahun dilarang bekerja baik part-time atau full-time. Kl usia 16 atau 17 diperbolehkan tetapi sebagai bagian dari studinya. Untuk lebih pasti, silakan mengecek website UKBA untuk mengetahui peraturan untuk imigran baik kerja maupun sekolah di http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/ .Setahu saya, public school disini gratis, namun harus diperhatikan bahwa sistem pendidikan di UK tidak sama dengan di Indonesia. Silakan melakukan pencarian mengenai high school di London. Semoga berhasil!

      1. Hai, saya mau tanya sesuatu, saya ingin sekali belajar dan tinggal di Inggris, dan kebtulan kemarin ini saya ada tawaran AUPAIR di Inggris, dan sudah ada host family yang berminat. Apakah orang indonesia bisa menjadi Aupair di Inggris ? Kalau tidak bisa, solusi visa nya apa ya ? Mungkin Mas bisa kasih saya informasi ?

        Saya sudah coba hubungi Kedutaan Inggris di Jakarta, tetapi belum ada jawaban. Email ke KBRI di Inggris lom ada jawaban juga.

        Tolong ya, Mas.. please please please. any little information, jadi saya untuk mengurus dokumen nya yang cocok, gtu.

        thx

        1. Halo Qiu,

          Mohon maaf saya tidak mengerti mengenai Aupair. Bbrp komentar sebelumnya juga sudah menanyakan hal yang sama, mohon maaf saya belum bisa memberikan jawaban yang memuaskan. Saran saya, coba Qiu telefon kedutaan Indonesia di London. Besar kemungkinan akan dijawab lebih cepat dibandingkan hanya email. Semoga membantu.

          Salam,
          Giri

  6. kak maaf ya ganggu, kak teman aku berkata di sana boleh anak berusia di bawah 16 tahun bekerja sambil sekolah,
    kak serious di sana sekolah gratis ?
    aku boleh bertanya kak
    soal biaya dari indonesia ke london butuh berapa banyak uang kak ?
    dan setelah sampai disana, aku berniat ngekos, apa ada kos-kosan yang murah, kisaran £400/£350 a month ?

    1. Hi Jagat.

      Wah, saya tidak tahu kalau peraturannya begitu. Mungkin saya salah. Setiap tahun, pemerintah UK selalu merevisi peraturan untuk imigran. Untuk pastinya, silakan mampir ke website UKBA sbg badan resmi pemerintah UK, di http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/. Biaya dari Indonesia ke UK tergantung maskapai penerbangannya, mungkin berkisar $300-1000. Biaya kos-kosan ada kok yang berkisar £350-400/bln. Silakan mencari di Zoopla.co.uk, findaproperty.com, atau primelocation.com sebagai website terpercaya untuk mencari properti. Jika ingin sharing rumah, silakan buka spareroom.co.uk atau uk.easyroommate.co.uk. Selamat mencari!

  7. Terima kasih banyak pak…
    Alhamdulillaah, informasi yang bapak tulis di sini sangat bermanfaat.

    Saya dapat tawaran kerja di London, tepatnya di Crawley dekat Gatwick airport.
    Ini sedang menimbang-nimbang apakah gaji yang ditawarkan cukup untuk hidup disana sesudah dipotong pajak.
    Kalau untuk daerahnya sendiri gimana pak? Apakah sarananya lengkap? Seperti sekolah, rumah sakit dll…

    Salam,
    Adhit

    1. Terima kasih telah mampir, Mas Adhit. Sebelumnya, saya ucapkan selamat dapat tawaran kerja di London.
      Semoga semuanya berjalan lancar dan bisa segera kerja disini.

      Saya sendiri belum pernah ke daerah Crawley.Tapi saya rasa, tata kota (urban planning) di London sangat baik.
      Dalam radius berapa kilometer, biasanya ada fasilitas sosial utk public seperti sekolah, rumah sakit, council, tempat ibadah (gereja terutama), dan lain-lain, dalam rangka mendukung kehidupan masyarakat sehari-hari. Jadi mudah2an tidak ada masalah, Mas Adhit.

      Salam,
      Giri

  8. Assalamu’alaikum mas giri….
    saya mau tanya tentang london, saya orang indonesia asli dan berencana akan menikah dengan seorang pria asli UK dan dia muslim juga tapi saya khawatir apakah saya bisa menyesuaikan hidup di sana..karena saya berencana akan tinggal di sana dan saya sangat blank mengenai budaya, kebiasaan, kultur dll di sana, bisakah saya di beri gambaran kehidupan di sana ? dan kemungkinan saya akan tinggal di kota enfield…apakah di sana pasti ada komunitas orang indonesia….

    1. Waalaikumussalam, Mbak Mely.

      Ya budaya disini lumayan berbeda dengan di Indonesia.
      Bukan cuma budaya, perbedaan iklim juga kadang2 bisa membuat org Indonesia merasa tidak nyaman disini.
      Yang pasti, setiap daerah memiliki budaya tertentu. Bahkan di London, antara satu daerah dengan daerah yg lain, mgkn pny kultur yg berbeda. Krn di London itu multi-ras, kadang2 tercipta polarisasi masing-masing, misalnya di daerah X berkumpul orang2 dari bangsa A, shingga kental budaya dan kebiasaan hidup gaya A, di daerah Y berkumpul org2 dr bangsa B maka kulturnya lebih ke B, dst. Jd mgkn beda daerah ya beda budaya. Trlalu luas sih jika ingin membicarakan budaya. Mgkn Mbak Mely bisa lebih spesifik.

      Saya sendiri tidak tahu bagaimana keadaan kota Enfield karena saya belum pernah kesana. Ya, biasanya org mengalami culture shock 1-3 bulan pertama. Setelah itu, biasanya lebih adaptif, namun kadang2 ada pula yg malah jd homesick. Ya, itu bagaimana kemampuan adaptasi kita. Saya tidak tahu apakah ada komunitas org Indonesia di Enfield. Rasanya mbak Mely bisa bergabung dgn komunitas di London (sering kok ada acara2 org Indonesia di London) karena Enfield masih bagian dari Greater London. Semoga membantu.

  9. assalamu’alaikum

    terimakasih sebelumnya sdh menyempatkan membalas pertanyaan saya mas giri…ya sih tergantung bgmn adaptasi kita juga ya, yang saya maksudkan adalah apakah lingkungan nya aman dan nyaman ya mas….? dan kalau perjalanan dengan kendaraan pribadi dari kota enfield ke london kira” brp menit mas..? dan bagaimana caranya bergabung dengan komunitas orang” indonesia yg ada di london..? mgkn ada situs atau kontak person nya..? oh ya mas giri sendiri tinggal di kota mana dan sudah brp lama mas stay di sana..?

    1. Waalaikumussalam, Mbak Mely.

      Terima kasih juga sudah mau berkunjung. Kalo mau tau suatu daerah aman atau tidak (di London), bisa liat di http://maps.met.police.uk/ atau http://www.police.uk/, lalu masukin nama daerahnya. Ntar ketauan crime rate nya. Bisa menjadi panduan mengenai tingkat keamanan suatu daerah meski tidak 100% dapat kita andalkan. Low crime rate doesn’t mean no crime. Kl mengenai kenyamanan daerah, ya sangat relatif ya mbak. Mgkn perlu observasi langsung dari Mbak Mely. Tp scara umum, di London, yg saya rasakan nyaman.

      Dari Enfield ke London, kl saya liat dari Google maps, akan makan waktu sekitar 30menit jika meggunakan kendaraan pribadi atau 30-40menit jika menggunakan transportasi publik spt kereta. Ya tidak begitu lama.

      Bgmn cara bergabung dgn komunitas Indonesia? Tinggal gabung saja mbak. Kl ada acara2 yg diselenggarakan KBRI, PPI, atau KIBAR (Keluarga Islam Indonesia di Britania Raya), tinggal datang dan biasanya dgn sendirinya kita menjadi bagian dari komunitas tsb. Kl utk KIBAR, silakan mengunjungi web mereka di http://www.kibar-uk.org. Saya sendiri tinggal di West London, daerah Ealing. Sudah 2 thn di London.

  10. Assalamu’alaikum mas giri, saya Pipih Nurjamilah dan teman saya arbintinety Rd, mendapatkan beasiswa penuh untuk mengikuti international summer school 2012 dari University of East Anglia, Namun masalah kami adalah kami tidak memiliki dana untuk keberangkatan serta kembali ke Indonesia, mungkin mas giri tau di mana kami bisa mencari donatur dan sponsor, selain kami juga mohon support nya dari teman-teman karena ini merupakan pertama kalinya kami datang ke UK, Terima kasih banyak. Wassalamu’alaikum

    1. Waalaikumussalam, Pipih. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Selamat ya sudah dapat beasiswa untuk International Summer School di Univ of East Anglia. Untuk dana keberangkatan, saya juga tidak tahu pasti channels mana yg bisa memberi donasi. Namun tak ada salahnya Pipih mencoba menghubungi British Council atau Atase pendidikan London . Atau bisa juga Pipih bertanya melalui jalur milis beasiswa, milis PPI UK, atau group facebook PPI. Semoga beruntung ya. Wassalam.

  11. Assalamu’alaikum Wr. Wb,

    Salam kenal Mas Giri, saya mau tanya Mas…kebetulan saya dapat tawaran kerja di Seabourn Yacht Hotel London, saya pengin tahu gimana ya Mas perusahaan tersebut apakah benar ada perusahaan tersebut?dan hidup di Inggris apakah rumit lingkungannya khususnya bagi kita yang beragama muslim Mas?trus biaya hidup disana dengan penghasilan kira2 6.500 GBP apakah masih bisa disisihkan untuk nabung Mas?

    Terima Kasih Mas Giri…

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    1. Waalaikumussalam wr,wb.

      Terima kasih Mas Haryono telah berkunjung. Untuk mengecek keaslian perusahaan, bisa klik link berikut: http://wck2.companieshouse.gov.uk/. Itu resmi dari government sini. Ada banyak penipuan lowongan kerja ke Inggris, mas. Harus hati-hati emang. Ini himbauan dari Menlu Indonesia http://www.kemlu.go.id/Pages/Highlights.aspx?IDP=87&l=id. Saya sarankan mas Haryono search ‘Seabourn Yacht Hotel’ via Google lebih intens.

      Hidup sbg muslim disini tidak rumit kok, mas. Banyak sekali komunitas Islam disini. Masyarakat UK juga sangat terbuka dgn muslim. Nuansa islamophobia, menurut saya, tidak terasa di UK meski mgkn ada kaum minoritas yg msh menentang. Ya, dibikin sederhana aja mas 🙂

      Gaji 6.500 GBP (saya asumsikan per bulan) sangat bisa disisihkan untuk menabung. Mgkn bersihnya mas akan terima sekitar £4,300. Biaya hidup bisa berkisar sekitar 600-2,500 (kalau berkeluarga). Sisanya bisa disisihkan untuk ditabung.

      Salam,
      Giri

  12. Assalamu’alaikum Wr. Wb

    Mas Giri apa kabar?ma’af nih mas ngerepotin lagi, begini mas sekedar ingin share dengan mas, saya mau nanya, saya dapat kontrak kerja dengan perusahaan Cruise Seabourn Yacht Hotel yang beralamat di 50-51 Wells Street, London W1T 3PP, UK mas kemudian saya search terdapat perusahaan yang sama yaitu SeaBourn Yacht Hotel tetapi alamatnya berbeda tepatnya di 5 Gainsford Street,SE1 2NE,London,
    United Kingdom ,apakah di alamat yang pertama saya sebut ada perusahaan Seabourn Yacht Hotel mas?terus di kontrak kerja disebutkan saya akan mendapat tunjangan ketidaknyamanan,apa itu artinya ya mas?

    Terima Kasih Mas Giri mohon bantuannya dengan sangat

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

    1. Waalaikumussalam wr wb, Mas Haryono.

      Penghuni alamat 50-51 Wells Street London itu adalah ByDesign!, sebuah perusahaan interior desain (yang mgkn tidak ada hubungan sama sekali dgn Seabourn). Sedangkan alamat 5 Gainsford Street dihuni oleh Carnival Group, yang memang merupakan owner dari Seabourn. To be honest, saya meragukan kontrak kerja dari Seabourn untuk Mas Haryono. Mas Haryono dapat melihat pada website resmi Seabourn, lalu masuk ke laman SaebournCareers, lalu masuk pada bagian ‘JOB SCAM ALERT’ atau Mas bisa klik langsung disini ‘http://www.seabourncareers.com/scam-alert.html’. Sekalian saya copy saja pada kolom komentar ini:

      “Recently it has been brought to our attention that there is a scam in place which is offering employment to potential applicants on behalf of Seabourn Cruise Line or Seabourn Yacht Hotel. These include issuing contracts from an address at 50 – 51 Wells Street, London, W1T 3PP. Prior to joining, applicants are being asked to pay a recruiting fee or a visa application fee to enter the UK . At no point would we ask applicants to wire money via Western Union or any other organisations. Please report any such correspondence to us at Viking Recruitment

      Please note, when applying for a job with Seabourn Cruise Line, a recruiting fee is not required. All offers of employment will come from Seabourn Cruise Line/Viking Recruitment. Viking Recruitment is solely responsible for sourcing and supplying candidates to Seabourn. If an agency or individual requests such fees, they are not affiliated to Seabourn and should immediately be reported to us at the following email address seabournrecruitment@vikingrecruitment.com

      No offer of employment will be made to an applicant without an interview with representatives from Seabourn Cruise Line in partnership with Viking Recruitment.”

      Pada laman pemberitahuan ini, dinyatakan bahwa kontrak dengan penggunaan alamat 50 – 51 Wells Street, London itu adalah bagian dari job scam. Saya menyarankan Mas Haryono mencari tahu lebih lanjut mengenai perusahaan yang bersangkutan. Keputusan saya serahkan kepada Mas Haryono. Semoga membantu dan tidak mematahkan semangat Mas Haryono 🙂

      Salam,
      Giri

  13. oh ya Mas ma’af ketinggalan ada no telpon sih Mas
    +447024048460 atas nama Capt Michael Edward, apakah no tersebut HP atau no kantor,

    Terima Kasih

  14. mas saya sapat tawaran dari seabourn yacth hotel UK, namaun saya ragu karena tanpa wawancara kok saya bisa langsung diterima, tawaran belum saya terima, saya masih mau cari info lebih lengkap, tolong mas bisa bantu saya kasih info yang benar, thanks before.
    mungkin sama kasusnya dengan pak haryono, kalau mas haryono membaca tolong hubungi saya di suharyoto_i@yahoo.co.id , supaya kita bisa sharing tentang ini.

    1. Terima kasih, Mas Suharyoto, atas kunjungannya dan sharing informasinya. Mudah2an Mas Haryono juga membaca komentar ini dan bisa segera berkorespondensi dgn Mas Suharyoto. Untuk informasi resmi dari perusahaan Seabourn, silakan masuk ke website resmi Seabourn, lalu masuk ke laman SaebournCareers, lalu masuk pada bagian ‘JOB SCAM ALERT’ atau Mas bisa klik langsung disini http://www.seabourncareers.com/scam-alert.html. Tampaknya ada job scam yg atas mengatasnamakan Seabourn. Semoga Mas Suharyoto mendapatkan jawaban yang jelas.

      Salam,
      Giri

  15. Terima kasih banyak Mas Giri atas semua informasinya terkait permasalahan ini, awalnya memang saya ragu dan belum yakin karena kok segampang itu proses rekrutmentnya hanya by email tanpa telepon sudah langsung dapat kontrak kerja. Alhamdulillah dalam pencarian info, saya menemukan website Mas Giri sehingga sangat banyak membantu dan bermanfaat bagi saya.

    Terima kasih banyak Mas Giri semoga ALLAH SWT membalas budi baik Mas.

    Wassalam,

    Haryono

    1. Terima kasih Mas Haryono atas doanya. Senang bisa membantu.
      Semoga Allah SWT juga melimpahkan nikmat iman dan rizki ke Mas Haryono. InsyaAllah kita akan mendapat yang lebih baik ke depannya.

      Jika Mas Haryono berkenan, mungkin dapat berkorespondensi dengan Mas Suharyoto (email: suharyoto_i@yahoo.co.id) seperti pada komen di atas karena Mas Suharyoto juga mendapatkan email dari Seabourn Yacth Hotel. Dengan saling berbagi, mudah2an dapat menambah pengetahuan dan sahabat.
      Terima kasih.

      Salam,
      Giri

  16. dear mas giri.

    mohon maaf mas. saya ingin sekali bekerja di london. sampai mimpiin2 terus. hehehe… namun saya tidak punya sama sekali link disana. apakah mas giri bisa memberikan solusi bagi saya. terakasih banyak sebelumnya.

  17. dear mas giri,
    mas saya berencana mengambil wedding planner school di UK (apakah mas pernah dengar?), tp krna course ini adalah part time course dgn durasi 1 tahun saya tidak bisa mendapatkan visa student dan dari pihak sekolah tidak bisa membantu surat apa pun untuk mengurus kebutuhan visa karena memang sekolah ini eligible to work and stay in UK,
    teman saya menyarankan mengambil kursus bahasa dulu supaya bisa mendapat visa student selama setahun,nah yang saya mau tnyakan menurut teman saya disana sangat susah mendapatkan part time (ilegal) dengan visa student, saya (22 tahun) kebinggungan untuk menutupi biaya hidup yang tinggi disana kalau tidak bisa part time, bisakah mas membantu menjelaskan keadaan disana, makasih mas sebelumnya

    salam, monika

    1. Hi Monika,

      Trima kasih telah mampir membaca.

      Wah, saya blm prnh mendengar wedding planner school di UK. Sebelumnya, coba Monika cari nama Wedding Planner Schoolnya di daftar sekolah/sponsor di UK yg bisa ngeluarin visa tier-4: http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/sitecontent/documents/employersandsponsors/pointsbasedsystem/registerofsponsorseducation .Saya pernah pny teman, dia sudah mendaftar dan membayar sekolah, namun visanya tidak keluar karena sekolahnya tidak terdaftar pada list tadi. Siapa tau sekolah yg dituju Monika trnyata bs mengeluarkan visa tier-4.

      Sejauh pengalaman saya, perusahaan-perusahaan disini tidak berani menyewa pekerja yang status kerjanya ilegal. Konsekuensinya bisa bahaya, baik untuk perusahaan ataupun si pekerja. Saya sarankan coba cari sekolah yang bisa mengeluarkan visa resmi student dimana Monika bisa bekerja part-time (mungkin sekitar 20jam per minggu). Mudah-mudahan membantu.

      Salam,
      Giri

  18. Selamat siang mas

    Mau nanya , saya sering mngunjungi situs jobsite.co.uk disana tertera lowongan kerja di seluruh kota” di inggris..

    Apakah memungkinkan kita sbg org indonesia bisa jg di rekrut?
    Saya ingin skali bekerja disana, namun beberapa info yg saya trima bahwa UK sangat protect skali trhadap org” luar (pendatang asing) yg masuk kesana hanya utk bekerja..

    Apakah memakai agen itu salah satu jalan bisa kesana?
    Kalo memakai student visa itu prsyaratannya banyak dan berat mas..
    Apakah memang agen itu salah satu jalan trmudah??
    Tpi apakah menggunakan agen itu lebih mahal??

    Mohon jwbannya,

    Terima Kasih

    Hendra

    1. Hi Hendra,

      Selama kemampuan kita memang dibutuhkan oleh perusahaan di UK dan kita memenuhi syarat utk mendapatkan visa kerja, saya rasa sangat memungkinkan untuk direkrut. Menurut saya, perusahaan2 di UK tidak protektif. Mereka hanya mencari sumber daya manusia yang terbaik. Memang, merekrut orang dari bbrp negara spt negara non-EU, memerlukan ‘pekerjaan’ tambahan bagi perusahaan spt pengurusan visa. Oleh karena itu, selama kemampuan kita memang mumpuni dan sangat memenuhi kebutuhan perusahaan, saya rasa tidak ada yang mustahil.

      Saya tidak mengerti agen apa. Yang pasti berhati-hatilah jika berhubungan dengan agen. Ada banyak penipuan pekerjaan di UK. Saran saya, ya terus bekerja, mengasah kemampuan, dan terus melamar. Jika memungkinkan, studi di Eropa dapat menjadi gerbang utk bisa bekerja di Eropa. Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

      1. asalamualaikum mas giri….saya fia mas” mas punya informasi low. pekerjaan di iggris gak? klo ada mau dong….tapi saya lulusan sma mas, tahun ini saya lulus S1….umur saya 26 thn dan masih single. mudah-mudahan mas bisa bantu….terima kasih.

        1. Halo fia,

          Silakan membaca artikel-artikel saya dan percakapan yang terjadi ya.
          Rasanya pertanyaan Fia akan terjawab disitu. Semoga membantu

          Salam,
          Giri

  19. halo kak giri..
    scholarship di london itu syarat terpentingnya apa ya?
    aku cari daftar scholarship yang undergraduate agak susah, kak giri tahu website scholarship di london? 🙂

    terima kasih

  20. Hi mas giri…
    Saya mau tanya bener ga ya Ritz London Hotel 150 Piccadilly, London, W1J 9BR United Kingdom Tell: +44 (0) 7700098778, soalnya kk saya iseng2 kirim cv trus interview lewat email besoknya langsung ada jawaban diterima, minta infonya ya mas.
    Terima Kasih

    1. Hi Jeany,

      Ya, benar The Ritz London beralamat di 150 Piccadilly, London W1J 9BR.
      Alamat hotelnya sih emang benar, cuma harus waspada dengan email atau segala bentuk korespondensinya. Banyak sekali job scam di UK.
      Pastikan Jeany mendapatkan email resmi dari Ritz London.
      Semoga sukses ya.

      Salam,
      Giri

  21. Hi mas Giri,
    Saya punya kasus sama dg kk nya Jeany, kirim cv trus lsg interview by email besoknya diterima di Savoy Hotel London.
    Saya jg sdh dikirim kontrak kerjanya, pihak savoy hotel akan cover work permit dan tiketnya, tp setelah sampai disana.
    Gimana cara ngeceknya kl itu bukan scam ya…?
    Btw…brp ya mas range salary utk engineer di London? Pengalaman kurang lebih 5 th kerja di Indonesia.
    Mohon pencerahannya mas….

    Terima kasih….sukses selalu mas Giri..

    1. Hi Ardi,

      Untuk mengetahui scam atau tidak, ada beberapa tips yang pernah disampaikan oleh Menlu di link berikut: http://www.kemlu.go.id/Pages/Highlights.aspx?IDP=87&l=id. Kl saran dari saya:
      1. Pastikan emailnya resmi dari perusahaan (masuk ke web perusahaan yang dilamar dan lihat akun email serta web domain perusahaan)
      2. Jika nomor yang bisa dihubungi diawali dengan +44(0) 70, harus berhati-hati. Alasannya bisa dilihat di sini: http://ph.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120105215327AAFmvJ6
      3. Coba masukan di google, kata “nama perusahaan yang kita lamar” dan “job scam”
      Ya, harus waspada dengan tawaran kerja. Jangan sampai tertipu. Bukan hanya pekerjaan kok, banyak juga seminar-seminar yang palsu.

      Salary engineer sebenarnya sangat beragam, tergantung di bidang apa. Tp jika saya rata-ratakan, mungkin sekitar 22.000-40.000 pound/tahun.
      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  22. Wah ini giri AR02 yah? aku searching biaya hidup di UK, muncul blog nya giri ini, ini luthfi TF03, tau masih inget gak? tapi klo salah orang, salam kenal yah hehe, mau tanya kalau aberdeen itu daerah yang biaya hidupnya lebih murah atau lebih mahal dari london ya? ini ada tugas ke sana, tau deh jadi apa gak. persiapan cari2 info dulu.

    kira2 biaya hidup dan transport (belum tau juga tinggal dimana) itu kira2 berapa yah per day nya, kalau kantor pusatnya sih disini PI House,6 Albyn Terrace, Aberdeen,AB10 1YP.

    visa mungkin nanti diurus oleh kantor, tapi kalau saya berencana bawa keluarga (istri dan 1 anak), prosedurenya bagaimana yah? ada syarat harus tinggal berapa lama dahulu tidak yah?

    Btw sekarang sudah pulang atau masih di UK?

    Trims,
    Salam
    Luthfi

    1. Hi Luthfi. Kenal selalu donk. Masa’ bisa lupa. Punggawa yang sempurto! 🙂

      Setau pehamanan saya, biaya hidup Aberdeen itu lebih murah dari London. Saya juga belum pernah ke Aberdeen, jadi kurang tau juga biaya hidup dan transportnya. Kalau mau, saya kenalin ama temen, Aryo SI’02, yang sekarang lg studi di Glasgow. Mudah2an Glasgow dan Aberdeen ga jau beda.

      Untuk visa, mgkn bisa ngurus bareng kl misalnya dari awal mau langsung bawa keluarga. Ya, minta kantor sekalian ngurus. Atau kalau mau ngurus sendiri juga bisa kapan aja. Setahu saya sih ga ada syarat tinggal berapa lama dahulu. Coba Luthfi masuk ke website UKBA (UK Border Agency) aja di http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/visas-immigration/working/. UK terkenal sering gonta-ganti peraturan mengenai immigration. Jadi harus sering-sering baca berita di UKBA. Ya, semoga membantu 🙂

      Saat ini, udah di Indonesia.

      Salam,
      Giri N Suhardi

  23. Salam, mas Giri

    Saya berencana untuk berkunjung ke Trafford, tapi susah sekali cari informasi tentangnya.. Mohon info dong, mas apa saja tentang hidup disana, mulai iklim sampai transportasinya..
    Terima kasih sebelumnya..

    Salam

    1. Hai Mbak Safiera,

      Wah, saya belum pernah berkunjung ke Trafford. Jadi saya tidak bisa bercerita banyak mengenai kehidupan disana.
      Btw, mbak Safiera ke Trafford untuk kuliah atau liburan?

      Salam,
      Giri

  24. InsyaAllah untuk liburan, mas hehehe… Tiap browsing, yang keluar justru Stadion Old Trafford-nya.., Baiklah, terima kasih mas Giri 🙂

    Salam

    1. Ya, moho maaf belum bisa membantu, mbak. Mungkin Mbak Safiera bisa bertanya ke teman-teman Indonesia yang tinggal di Greater Manchester utk mengetahui ttg Trafford. Selamat berlibur, mbak 🙂

  25. Hallo mas Giri dan Ardi, saya juga mengalami kejadian seperti Ardi mas Giri, saya coba coba kirim cv ke hotel savoy yg saya liat di internet lalu saya mendapatkan email balasan yaitu interview melalui email, yang ingin saya tanyakan….

    bagaimana kelanjutan kejadian dari Ardi dan bagaimana menurut mas Giri, saya telat mencoba mencari di Google yang saya temukan adalah
    http://www.fairmont.com/savoy-london/ tapi no tlp d contact person dr yang saya dapat melalui email nomor depannya 4470 ini alamatnya

    Emma Corlett
    Human Resource Manager

    A Fairmont Managed Hotel
    The Strand, London WC2R 0EU United Kingdom
    Email: recruitment.savoy@fairmonts-hotel.com
    Direct Tel: +44 (0) 70 35966795
    Mohon bantuannya mas dan tolong kabari saya secepatnya melalui email sienna_firenze@yahoo.com

    1. Halo Diar Amalia,

      Seperti yang pernah saya sampaikan di comment sebelumnya, ada setidaknya 3 cara untuk melihat sebuah tawaran kerja itu jobscam atau tidak.
      1. Pastikan emailnya resmi dari perusahaan (lihat domain email yang digunakan).
      2. Jika nomor yang bisa dihubungi diawali dengan +44(0) 70, harus berhati-hati.
      3. Coba masukan di google, kata “nama perusahaan yang kita lamar” dan “job scam”

      Jika anda mencocokan data fairmons-hotel.com dengan tiga hal di atas, maka tawaran kerja yang diberikan ke anda termasuk jobscam. Itu adalah analisis dari saya. Keputusan saya serahkan sepenuhnya kepada Amalia.

      Salam,
      Giri Narasoma Suhardi

  26. Hallo Kak Giri,

    Kak apa betul ada top ten UK’s business school yg langsung bisa memberikan visa kerja untuk 2 tahun setelah kita lulus dari sana? Saya sangat ingin ambil S2 di London Business School, tapi tuition feenya mahal sekali ya. Apakah biasanya pihak universitas menyediakan beasiswa bagi pelajar asing? Terima kasih.

    1. Halo Nathania,

      Tidak hanya Top Ten Business School, dulu semua sekolah di UK bisa memberikan visa kerja 2 tahun setelah kita lulus. Visa tersebut dinamakan Visa Tier-1 PSW (Post Study Work). Jd dengan visa tsb, kita dapat bertahan di UK selama 2 tahun utk mencari kerja, tanpa perlu ada company yg mau jd sponsor. Akan tetapi, per April 2012, Visa Tier-1 PSW dicabut oleh pemerintah. Jadi saat ini, sudah tidak ada Visa Kerja 2 tahun tsb. Jika kita ingin kerja di UK skrg, kita harus sudah mendapatkan Visa Tier-2 sblm Visa Tier-4 student kita habis. Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  27. Hai Kak, saya pengen banget bisa ambil MiF di London Business School, kira-kira ada beasiswanya nggak ya? Trs klo dapet bewasiswa untuk hidup/living cost, kisarannya berapa ya? Thanks

      1. Wah terima kasih untuk kata-kata penyemangatnya Kak. Jadi tambah pengen kuliah dan kerja di London. Semoga suatu saat nanti bisa menjadi kenyataan 🙂

  28. Alhamdulilah bermanfaat banget blognya mas giri,sekedar pengalaman memang banyak job scam u/London terutama bidang hotelier..
    Salam kenal..

    1. Terima kasih atas apresiasinya, Mas Bobby. Salam kenal juga. Ya, memang banyak sekali job scam di UK. Karena itu, kita harus berhati-hati. Sukses selalu!

    1. Hi Mas Iwan,

      Terima kasih sudah mampir.
      Rasanya kota Liverpool tidak begitu macet dan transportasi umumnya baik sehingga naik bus saja saya rasa sudah cukup.
      Tapi untuk jalan-jalan keluar kota atau jika memang lebih nyaman menggunakan mobil, ya silakan saja mas.

      Salam,
      Giri

  29. halo mas,

    mas saya kevin saya dapat tawaran dari Brown’s hotel london untuk bekerja sebagai Accountant Auditor saya coba search semua informasi tentang Brown’s hotel dari logo dan alamat nya memang benar di
    Albemarle Street
    Mayfair
    London W1S 4BP United Kingdom
    Tel: +44 (0) 7700098778 Fax: +44 (0)20 7493 8139
    tapi yang saya membaca blog mas dan disitu tertera mas berkata untuk nomor telephone yang di awali +44 (0) 77 adalah scamer. Dan saya coba search di google nomor telephone tersebut itu merupakan nomor telephone Rizt Hotel di london.
    Mohon pencerahan nya dari kasus saya mas. Saya sudah dikirimin kontrak kerja dan disitu saya baca tidak dimintai Uang sepeserpun mas. apa betul itu lowongan kerja tersebut mas???

    1. Halo Kevin,

      Seperti yang pernah saya sampaikan di comment sebelumnya, ada setidaknya 3 cara untuk melihat sebuah tawaran kerja itu jobscam atau tidak.
      1. Pastikan emailnya resmi dari perusahaan (lihat domain email yang digunakan).
      2. Jika nomor yang bisa dihubungi diawali dengan +44(0) 70, harus berhati-hati.
      3. Coba masukan di google, kata “nama perusahaan yang kita lamar” dan “job scam”

      Salam,
      Giri Narasoma Suhardi

  30. hai mas giri…Salam kenal, saya Andrian dari Surabaya. Saya diterima di Chevron London dan awal Januari 2013 sudah harus disana. Saya mau nanya, budayanya disana seperti apa y mas? Apakah mereka welcome dengan kita dari Indonesia? Oia mas, sepertinya ada jg yag diterima di chevron London, kayaknya mas efendi ya? mas efendi bisa minta alamat emailnya?

    Thanks,

    1. Hi Mas Adrianto,

      Selamat telah diterima kerja di Chevron London. Secara umum, mereka terbuka kok dengan imigran, termasuk orang Indonesia karena di London banyak sekali para imigran. Jadi jangan takut! Selamat bekerja. Semoga Mas Efendi membaca comment ini dan membalas email mas Adrianto.

      Salam,
      Giri Narasoma Suhardi

  31. hi mas giri,salam kenal dari saya,saya ari.saya juga dapat kerja di Brown hotel london sebagai Spa Receptionist,mungkin kasus saya ini sama seperti kasusnya mas kevin,saya harus gimana ya mas? tq mas giri

    1. Halo Mas Ari,

      Seperti yang pernah saya sampaikan di comment sebelumnya, ada setidaknya 3 cara untuk melihat sebuah tawaran kerja itu jobscam atau tidak.
      1. Pastikan emailnya resmi dari perusahaan (lihat domain email yang digunakan).
      2. Jika nomor yang bisa dihubungi diawali dengan +44(0) 70, harus berhati-hati.
      3. Coba masukan di google, kata “nama perusahaan yang kita lamar” dan “job scam”

      Salam,
      Giri Narasoma Suhardi

    1. Hi Mas Ari. Saya bukannya tidak mau memberitahu email Mas Kevin, tetapi saya berusaha menjaga privasi Mas Kevin. Semoga Mas Kevin membaca comment ini.

  32. Salam kenal Mas Giri

    Saya berencana untuk berkunjung ke Barfillan Drive Glasgow, Scotland, UK minggu depan tapi susah sekali cari informasi tentangnya.. Mohon infonya mas apa saja tentang hidup disana, mulai iklim sampai transportasinya, hotel yang murah, dan apakah ada komunitas orang Indonesia disana?..

    Terima kasih sebelumnya..

    Salam,
    Baskoro

    1. Halo Mas Baskoro,

      Terima kasih telah membaca blog saya. Mohon maaf tapi saya belum pernah berkunjung ke Glasgow, jadi saya tidak bisa memberikan informasi mengenai kehidupan disana. Disana ada PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) cabang Glasgow. Mgkn Mas Baskoro bisa tanya2 ke mereka untuk hal yang lebih detail.
      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  33. Mas Giri,

    Terima kasih atas responnya.
    Saya sudah mencoba menghubungi PPI di glasgow, cuma susah untuk saya hubungi (saya sudah berkali2 tlp, tp nada tlpnya sibuk terus), kalau mungkin mas Giri punya temen di Glasgow mungkin bisa di infokan ke saya nomor telpon dan alamat email.

    Demikian dan terima kasih.

    Salam,
    Baskoro

  34. Ass, salam kenal mas Giri
    Saya kemarin Mendapat Tawaran Kerja Di Hotel millbrige Hotel, setelah saya baca commen di atas yang nomer +44 70 itu job scam. saya jadi ragu trus apakakah domain London.com itu domain resmi apa sama kaya yahoo domain gratisan?/, mohon petunjuknya mas ini alamat yag saya terima

    The Millbridge
    50 Beeston Place
    London
    SW1W 0JW
    Telephone: +447035934914
    Email: millbridgehotel@london.com

    terims atas infonnya

    salam
    taufik

  35. Mas Giri, saya Giro. Hanya beda i dgn o. Hehehe…. Mas, minta gambaran tentang Greater London dong, terutama Old Street. Lagi ngayal pengin kesana. Greater itu kalau di Indonesia itu sebutan untuk apa ya mas?
    Saya juga pengin tahu, karena saya Jawa asli yang ga bisa kenyang kalau belum makan nasi. Adakah disana tempat makan yang menyediakan nasi atau makanan Indonesia. Terima kasih

    1. Greater London itu kayak Jabodetabek. Kumpulan beberapa distrik mas. Di toko-toko retail, semua jual nasi kok. Jangan takut. Mudah sekali mendapatkan nasi. Kalau mencari makanan Indonesia, itu yg mgkn relatif jarang.

  36. Hallo mas Giri,

    Salam kenal, nama saya Lilla tinggal di Jakarta. Semoga mas Giri berkenan menjawab pertanyaan saya. Saya mendapat tawaran kerja, casual job, sebagai private therapist (Bachelor’s degree level) untuk seorang anak berkebutuhan khusus di Inggris. Saya akan bekerja untuk satu keluarga, dan basic living needs (accomodation, meals) akan disediakan oleh pihak keluarga. Pihak keluarga juga siap menjadi penjamin dan mensponsori keberangkatan serta visa kerja yang rencananya akan di-apply dari Indonesia. Akan tetapi, saya dengar memperoleh visa kerja UK dari Indonesia sangat sulit dan besar kemungkinan ditolak, apalagi saya tidak bekerja untuk company. Beberapa kerabat menyarankan saya untuk apply visa turis lalu nantinya di UK saya mengajukan permohonan visa kerja. Pertanyaan saya apakah hal tersebut memungkinkan? Adakah masukan yang mas Giri bisa berikan berkaitan dengan hal ini? Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan salam hormat!

    Lilla

    1. Halo Mbak Lilla,

      Pertama, terima kasih telah mampir ke Blog saya. Saya doakan kesuksesan dan kebahagiaan selalu untuk Lilla. Jujur saja, saya tidak berani memberikan masukan karena saya takut salah informasi. Ada baiknya Lilla bertanya ke VFS UK Indonesia terkait hal itu.

      Jika Lilla pergi ke UK dgn visa turis, setahu saya (setahu saya loh), akan luar biasa sulit untuk mengubahnya menjadi Visa Kerja, meskipun tidak ada yang tidak mungkin. Takutnya nanti Lilla malah terombang-ambing paspornya dilempar sana-sini dan bikin lebih repot. Saran saya ya, sebaiknya semua diurus dari Indonesia. Jika memang ditolak, ya mgkn belum rezeki Mbak Lilla. Saya yakin masih banyak cara menuju Inggris. Jangan pernah menyerah.

      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  37. Asslm, Mas Giri.

    Salam Kenal sebelumnya, saya ada forward ke email Mas Giri,email yg saya dapat dari offer employment dari salah satu perusahaan di London.

    Mohon bimbingannya !

    Matur Suwon MAs

  38. assalamualaikum mas giri.

    saya pelajar SMK dari indonesia ingin melanjutkan hidup di london, UK.
    dengan modal semangat dan uang secukupnya, kira-kira saya dapat bertahan hidup dilondon atau tidak? dan hal apa yang kira-kira bisa saya kerjakan disana?
    dan kira-kira tipsnya bagaimana mas giri agar dapat hidup di london?
    dan di london saya tidak punya siapa-siapa.

    1. Waalaikumussalam, Farikh.

      Terima kasih telah mampir ke blog saya.
      Ya, semangat dan uang adalah modal penting untuk hidup di luar negeri.
      Namun, yang harus menjadi perhatian, selain hal itu, Farikh juga membutuhkan keahlian (skill) dan juga izin kerja (visa) untuk bisa melanjutkan hidup di London.

      Silakan membuka web http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/countries/indonesia/?langname=UK%20English untuk mengetahui mengenai pengajuan izin kerja.

      Ya, tetap terus pupuk semangat dan asah kemampuannya.
      Saya doakan berhasil meneruskan hidup di London.

      Salam,
      Giri

  39. thanks before pak/kak Giri,.^^
    maaf, kalau boleh saya mau bertanya , biaya transportasi dan biaya hidup di London yang tertulis di artikel pak Giri itu Per bulan atau per apa pak???

  40. Assalamu’alaikum Mas Giri,
    Sebelum nya Salam Kenal, Saya Neng dari Bandung Boleh ganggu yaa MAs Giri yang Baik, ada beberapa yang ingin saya tanyakan, yang ingin saya punya kenalan melalui media FB(FaceBook)mengaku nya dari Inggris tepat nya dari Manchanster, dan dia pernah telp betulkan ini kode dari sana +4470… (Call) dan +4478… (SMS, karena banyak terjadi cyber scammer mengaku dari UK, gitu mas, tolong info nya ya mas. terimakasih sebelum nya.
    oh ya kl di Indonesiakan 1 no. HP bisa digunakan untuk Call dan SMS kalo di UK bagaimana. ditunggu informasi nya ya mas.

  41. Assalamu’alaikum.
    Hallo Mas Giri, sebelumnya makasih atas jawabannya,menyambung pertanyaan sebelum nya, ada beberapa pertanyaan : 1. pernah beberapa x menerima telp dari teman (laki2)yg ngakunya dari UK ke HP, tapi yang saya bingung kode yang munculnya adalah kode Indonesia (+62), lalu saya tanyakan kenapa kodenya kode Indonesia, terus dia jawab katanya biar murah, apakah itu betul mas?, karena saya penasaran saya coba telp ke no (UK) yg dia berikan tapi yang menjawab selalu mesin penjawab, itu kenapa mas?,
    2. penggunaan Internet di UK bagaimana mas?, apakah sama seperti di Indonesia, soalnya seperti nya dia super sibuk sekali seakan2 g ada waktu tuk buka email.
    3. Maaf nih mas jadi sedikit pribadi, setelah beberapa x komunikasi di FB/Email dia coba merayu saya dan katanya akan ke Indonesia dan ingin menikah dengan saya, saya hanya ingin tahu sejauh mana dia, lalu saya beri syarat karena saya se-orang Muslim, anda harus menjadi muslim dia tidak keberatan tuk menjadi Mu’alaf, pertanyaan saya semudah itukah orang barat merubah keyakinannya. yang saya aneh di FB dia tidak punya teman hanya saya temannya. identitass lainnya tidak jelas pekerjaan nya tercantum disana

    1. Waalaikummusalam Neng.
      Saya coba jawab ya pertanyaannya.
      1. Nomor dari UK harusnya menggunakan kode +44. Saya tidak tahu bagaimana caranya dia menggunakan awalan +62. Bisa saja dia menggunakan Skype. Yang pasti, saran saya, ya neng berhati-hati dengan teman dari UK ini. Saya punya relasi yang sudah nikah dengan orang UK di Indonesia, lalu dalam hitungan bulan, orang UK tersebut kabur entah kemana.

      2. Pengguna internet di UK lebih rame dibanding di Indonesia. Rasio pengguna internet di UK jauh lebih tinggi daripada di Indonesia. Sejauh pengamatan saya, setiap org disini pny akses internet entah lewat handphone atau pergi ke perpustakaan2 kota. Kecuali yang bersangkutan benar2 sibuk bekerja sehingga lupa membalas email.

      3. Ya saran saya hati-hati mbak. Temannya yang cuma 1 dan ketidakjelasan identitas patut dicurigai. Bukannya saya menaruh penilaian jelek. Hanya saja, ada baiknya kita waspada dan mencegah kemungkinan hal-hal buruk.

      Yang pasti Allah SWT sudah memberikan jodoh yang terbaik untuk kita. Semoga membantu.

      Salam,
      GNS

  42. OK Mas, makasih banyak atas informasi nya, semoga Allah membalas kbaikan Mas Giri dan Keluarga sudah mau dan bisa berbagi informasi kepada kita2 yg membutuhkan, Sangat Membantu Mas.

    Nuhun,
    Salam,
    Bandung

  43. mas giri sedikit bertanya neh……

    anak saya akan sekolah di Imperial College London, anak saya hanya mendapat kan bea siswa untuk kuliah nya saja tidak untuk biaya hidup nya
    bisa minta rekomendasi nya mas untuk tempat tinggal yg murah and perkiraan biaya hidup untuk 1 bulan nya

    terima kasih atas bantuan nya

  44. Ass.wrwb,,mas Giri saya mau nanya,,saya dapat tawaran kerja di inggris jadi housekeeper di rumah orang,,tapi dy bilang biaya visa dan dokumen2 nya sekitar 1000 pounds,,dan dy mau bayar 500,,jadi sy disuru bayar 500.saya takut itu penipuan,,apakah benar mengurus dokumen2 n visa ke inggris harus bayar sekitar itu.mohon bantuan dan sarannya,,trmksh.wass

  45. Hai mas giri 🙂
    nama saya adisa saya sekarang bersekolah di SMA negeri di Surabaya.
    yang mau saya tanyakan :
    1)anggaran hidup saya 2000pounds/bulan,apakah cukup?untuk tempat tinggal,makan,dan belanja(saya wanita normal mas hehe)
    2)saya tertarik menyewa flat tipe studio yang paling tidak sebulan hanya menghabiskan tidak lebih dari 1200pounds mas giri,dimana saya bisa cari ya? saya buka marshandparsons.co.uk tapi saya bingung apakah harga yang tertera sudah termasuk pajak,listrik,dan air 🙁 tidak dituliskan mas giri saya bingung jadinya
    3)oya saya berencana berkuliah di Le Cordon Bleu,kampus saya di sekitar bloomsbury. daerah mana yg dekat dengan bloomsbury ya mas?
    jelaskan ya mas giri saya pusiiiing

    thank you so much!
    adisa

    1. Hi Adisa.

      Aku sebenarnya udah balas comment sebelumnya. Aku copas aja ya.

      1. Budget £2,000/bulan sudah lebih dari cukup. Cukup untuk tinggal dan banyak berbelanja

      2. Untuk mencari flat tipe studio coba buka website zoopla dan atau primelocation. Untuk masalah listrik, air, dan pajak; harus diliat lagi di websitenya sendiri, apakah sudah termasuk atau tidak. Biasanya ama landlord (atau agen), akan dituliskan apa saja benefit tinggal dari sebuah flat.

      3. Kl kampusnya di daerah Bloomsbury, saran saya tinggal di zona 1 atau 2 aja dgn budget sgitu. Untuk tahu apa itu zona 1 atau 2, bisa baca artikel Transportasi di London

      Semoga membantu.
      Salam,
      Giri

  46. Mas Giri saya mohon bantuannya, saya seorang warga negara portugal, dan dalam waktu dekat akan berangkat ke inggris untuk bekerja, pertanyaannya apakah saya akan mendapatkan kemudahan dalam mencari kerja, dan sambil bekerja apakah saya bisa sambil kuliah di sana ? trima kasih banyak

    1. Dear mas Jhyob,

      Mohon maaf saya tidak tau mengenai kemudahan kerja bagi warga negara eropa seperti portugal. Rasanya ada kemudahan dibandingkan dgn warga negara asia. Trima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

      Salam,
      Giri

    2. Maaf ya kok gatel pengen jawab padahal udah kelamaan. Saya orang indo, suami orang portugis dan udah settle di inggris.

      Portugal kan bagian ini eropa, jadi ada hak freedom of movement nya. Artinya kalau mau, datang saja. Masalah kerja, anda punya hak yg sama dgn orang inggris.

      Kuliah mah bisa, wong ga ada restriction nya kok.

      Salam kenal yah mas Giri, saya senang baca blogna. Di tempat saya tinggal udah 6 tahun cuma pernah lihat orang indo 2 kali.

  47. Mas saya tahun dpan rencana mau kuliah di birmingham atau tdak bolton itu kira” biaya kuliah disana berapa ya mas?? Kalau masalah akomodasi itu kira” yg tipe studio flat di daerah birmingham berapa ya… trimakasih

    1. Untuk biaya kuliah silakan langsung mengunjungi web universitas yang bersangkutan. Biaya akan bervariasi tergantung jurusan.
      Akomodasi bisa sekitar £350-1,000 perbulan tergantung fasilitas dan letak studio. Semoga membantu

  48. Mau ikut gabung mas ,
    mau tanya kalau perkumpulan org Indonesia di London aada ngga yah dan berapa nomer telponnya ….makasih sebelumnya

  49. mau tanya kalau mau stay di london selama 3 bulan..bisa memberikan rekomendasikan tempat yang affordable karena untuk program sandwich dikti…terimakasih

  50. Alhamdullilaahh baik banget mas riri ,infonya sangat bermanfaat,insyaallah anak saya mau kuliah di menchester september ini,mohon doanya,saya tanya tanya melalui email mas giri boleh ya

  51. Halo mas Giri. Cukup miris nih mendengar berita duka dari Woolwich. Adakah pengaruh peristiwa Woolwich terhadap kondisi teman-teman di London? By the way, saya berencana untuk stay di London dari tanggal 20 Juni – 29 Agustus nanti. Saya sudah cari info melalui spareroom.co.uk dan gumtree.com tapi tidak ada respon. Begitu juga dengan wisma-wisma yang direkomendasikan Indonesian Embassy. Apakah mas Giri memiliki informasi tentang penginapan seharga 400-450 pounds/bulan? Atau adakah teman mas Giri yang berkenan berbagi flat/rumah atau menyewakan kamar dengan harga tersebut? Terima kasih atas perhatiannya mas.

    1. Halo Nugroho,

      Coba buka http://www.indonesianembassy.org.uk/info_residence.html liat Wisma Siswa Merdeka.
      Kdg2 jika hanya via email, mereka telat menjawabnya. Saran saya coba telp ke nomor yg ada.
      Bisa menggunakan SKype biar lebih murah.

      Untuk akomodasi di rumah org, coba gabung di facebook group PPI UK dan atau PPI London.
      Coba tanya, apakah ada yg berkenan berbagi flat.

      Semoga membantu. Salam
      Giri

  52. Nama sy kenang mas, sy ada tawaran kerja di alamat Address:3rd Floor,30 Haymarket,London,SW1y 4EX,UK, kira2 biaya hidup disana bgmn untuk kelas sedang, smua yang berkaitan dengan makan dan supermarket trus tempat tinggal spt apa aja jenis dan harganya? Terima kasih banyak mas giri

    1. Dear mas kenang, silakan membaca artikel saya lagi dengan teliti.
      Pertanyaan Mas Kenang ada disitu semua.
      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  53. Benar tidak ya alamat avocate mining PLC di Address:3rd Floor,30 Haymarket,London,SW1y 4EX,UK, mohon bantuannya mas giri,apakah masih ada perush tersebut valid? matur sembah suwun..

  54. Mas giri mau tanya nih, kalo harga sewa kamar yang sesuai kantong pelajar berkisar berapa sih sebulannya? Yang sederhana aja, thanks before

    1. Ya, jika Mas Riky baca kembali artikel saya, biaya hidup di London Inggris yang normal, bersahabat tapi tetap irit berkisar £700-800 per bulan. Semoga membantu. Terima kasih telah berkunjung.

      Salam,
      Giri

  55. assalamualaikum mas giri..

    salam kenal,aku shinta..aku berencana untuk stay di inggris mas,tapi aku masih bingung mau pilih tinggal di london atau di bradford..mohon rekomendasi nya yah mas..
    o ya aku juga mau tanya..kalo boleh tau perlu biaya berapa yah mas untuk buat pasport sama visa??..

    trims
    shinta..

    1. Waalaikumussalam, Shinta.

      Salam kenal. Wah,kl ditanya London atau bradford, jawabannya saya ya sesuai kebutuhan Shinta. Di London, biaya hidup mahal tapi penuh dengan hiburan dan tempat wisata. Bradford biaya hidup lebih murah, tapi tempat hangoutnya mgkn tidak sebanyak London.

      Untuk biaya, silakan buka http://www.vfs-uk-id.com/. Saya sudah lupa biaya paspor dan visa saya.
      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  56. assalamualaikum mas giri..
    Maaf mas mw tanya2 dan minta saran seputar kehidupan di London…Kebetulan istri saya mau di tempatkan di KBRI london mas…yang saya mau tanyakan kira2 apartemen atau tempat tinggal yang deket dengan KBRI london daerah mna ya mas?terus sewa apartemen di daerah stu per bulan nya brp ya?terimakasih sebelumnya

    1. Waalaikumussalam.

      Selamat ya, mas Sukri, istrinya akan ditempatkan di KBRI London.
      KBRI London itu lokasinya di pusat kota (di zona 1). Dekat dgn Oxford Street, salah satu landmark kota London.
      Rasanya apartemen di sekitar situ sangat sangat mahal.

      Saran saya Mas Sukri & istri bisa tinggal di daerah lain, mgkn zona 1 atau 2.
      Untuk mengetahui tentang zona, bisa membuka artikel saya di http://www.girinarasoma.com/transportasi-di-london/
      Di London, moda transportasi publik cukup nyaman. Jadi, kl mas sukri tinggalnya di zona 2 pun, tidak masalah naik tube/bus ke KBRI London. Untuk tahu harga-harga, silakan mampir ke http://www.girinarasoma.com/hidup-di-london-inggris/

      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  57. trima kasih yh mas giri..o y mas aku tnya satu lagi,kalo untuk cari kerja disana gampang atau susah yh mas??..

    trims
    shinta..

  58. terimakasih mas atas infonya..tapi saya mau tanya lagi…kira2 menurut mas giri,kota mana di Zona 2 yang cocok untuk cari apartement yang harganya tidak terlalu mahal dan mudah transportasinya menuju KBRI?

  59. Mas Giri saya bisa kasih info tetntang alamat teman saya 43, Manchester street London wiu 7lp view Alpine. Saya curiga dia seorang penipu berkedok cinta di jejaring facebook apalagi dia juga pakai no kode telp. 4470xxxxx dan sms 4477xxxx. Makasih atas informasinya..

  60. Kak Giri, rencananya aku mau kuliah di Birmingham, kira kira biaya transpor Birmingham – London berapa ya? Link tentang info biaya transpor ke kota kota lain apa ya kalau boleh tau? Thanks ya kak sebelumnya

  61. MAS GIRI, MINTA INFO KALO WISMA INDONESIA DI LONDON , MASIH ADA KAH, DAN APA BANYAK ORANG INDONESIA YG MENGINAP DI SITU,, SATU LAGI MAS, MAS GIRI SENDIRI SEKARANG ADA DI LONDON YA.
    THANK. WE LOVE INDONESIA

  62. Selamat Malam Mas Giri, aku bekerja di eropa sekarang, dan ingin pindah ke inggris untuk bekerja. minta info step by step prosesnya mas giri? aku dapat visa kerja di eropa tetapi hanya 1 tahun. tolong balas. terimakasih sebelumnya, maaf ganggu ya mas Giri.

  63. terimakasih mas giri atas infonya. Boleh aku minta info untuk jasa pengiriman dari indonesia ke inggris? yang murah dan aman. Terimakasih mas Giri. maaf merepotkan

    1. Wah, kalau jasa pengiriman dari Indonesia ke Inggris, saya tidak tahu yang murah dan aman. Saya tidak pernah mengirimkan barang dari Indonesia ke Inggris kecuali ngirim dokumen (itu menggunakan FedEx). Semoga membantu.

  64. Assalamualaikum ww
    Maaf rekan2 saya ingin bertanya apakah di benar kl bekerja di Scotland-Aberdeen untuk mendapatkan Scottish Employee Authorization certificate harus di urus oleh Solicitor yang di tunjuk Company yang akan recruitment dan biaya harus di tanggung kandidat?

    Saya mendapatkan tawaran kerja di Seadale Exploration Ltd UK, yang membuat ragu saya kok saya cari di web gak ada perusahaan tsb profile dan bussinessnya dan mereka menawarkan salary yang menarik. TETAP ada offering clausul yang menyatakan biaya pembuatan Scottish Employee Authorization certificate di tanggung saya yang akan di urus scottish.

    Mohon masukannya apakah offering tersebut fraud/scam/fake job vacant?

    terima kasih

    Yuli Nurcahyo
    cahyo_technical@yahoo.com

  65. Hello Mas Giri,
    Saya barusan dapat visa UK, visitor Visa only for 6 months. Bolehkah saya bekerja di London, atau di Inggris? Trims.

    1. Dear Mas John,

      Kalau John mendapatkan visa visitor, sebaiknya tidak bekerja di UK.
      Mencoba ‘bermain-main’ dengan peraturan visa UK, dampak short-term dan long-term bisa sangat merugikan John sendiri.
      Saran saya, patuhi peraturan yang ada. Jika John memang ingin kerja di UK, apply lah visa kerja UK.
      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  66. mas saya mau kuliah di derby univ nih
    kalo tuition fee 11000 pounds, akomodasi 4600 pounds, biaya hidup 6000 pounds itu dalam setahun murah kagak ?
    trus nanti buat meminimkan biaya hidup saya bisa kerja apa mas ?

    1. Hi Bayu,

      Murah atau mahal itu relatif ya. Susah ya untuk mendefinisikan murah. Murah bagi si A, belum tentu murah bagi si B.
      Menurut saya, tuition fee, akomodasi, dan biaya hidup sebesar itu di Derby rasanya berada di batas rata-rata.
      Untuk mendapatkan tambahan, Bayu bisa kerja part-time selama kuliah.
      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  67. Assalamualaikum wr.wb.

    mas giri , salam kenal ya
    Saya numpang tanya , butuh info nihh saya sedang kuliah d3 jurusan public relation di univ.diponegoro semarang, kalo saya gak lanjut s1 dan cari kerja di london dgn modal d3 apakah ada perusahaan yg mau terima ? Dan kira kira sy akan berkerja di bidang apa ya dan kisaran gaji yg akan sy dapat berapa? Thank before mas giri, im waiting for ur reply, i really need info about it 🙂

  68. Salam kenal mas giri..
    numpang tanya, sy butuh bgt info
    Saya kuliah di univ.diponegoro jurusan public relation D3 , saya bercita2 untuk bekerja di london tapi apakah mungkin sy bisa di terima kerja dgn modal pendidikan D3?kalau bisa kira2 brp gaji yg mungkin sy dapat ? Thank before 🙂 im waiting for ur reply mas giri..

  69. hai kak giri salam kenal nih.
    kak aku kan rencananya mau kuliah di unversity of aberdeen,itu mahal gak sih biaya sekolahnya?terus biaya hidup di aberdeen mahal gak?terus juga aku mau cari rumah gitu buat tinggal disana gimana?aberdeen tuh kotanya gimana sh?kira2butuh uang berapa yah tinggal di aberdeen secara keseluruhan?terus dari aberdeen ke london jauh gak?kak jelasin juga dong kalo belajar di UK tuh gimana,susah gak sih?kalo visa pleajaar gimana?terus mama aku juga masih kurang percaya sama pergaulan di UK takut aku kenapa2 juga sih.oh iya kak punya temen kenalan yang tau tentang aberdeen gak?aku mau tau banyak nih sebelum kuliah disana kak.makasih banyak yah kak~

    ditunggu secepatnya balasannya 🙂

    1. Hi Riri,

      Salam kenal juga. Pertanyaannya banyak sekali ya. Yang pasti, pertanyaan mengenai Aberdeen, aku ga bisa jawab. Soalnya ga pernah ke Aberdeen. Jadi sama sekali ga tau mengenai Aberdeen.

      Untuk mencari rumah, silakan buka artikel Hidup di London Inggris. Untuk biaya hidup di UK, coba baca biaya hidup di Inggris UK. Semoga artikel-artikel dapat membantu Riri.

      Untuk visa pelajar, silakan membuka link ini: http://www.ukba.homeoffice.gov.uk/visas-immigration/studying/ dan http://www.vfs-uk-id.com/. Disitu informasinya jelas dan akurat.

      Pergaulan di UK sama seperti Jakarta kok. Sama persis lah. Selama memang kitanya kuat, pasti ga ada masalah. Semoga membantu ya.

      Salam,
      Giri

  70. hi kak giri salam kenal 🙂
    saya baru lulus SMP tapi nilai saya pas-pasan kak, kira-kira kalau saya mau masuk sekolah menengah atas di london bisa tidak ya kak ? dan berapa tahun untuk sekolah menengah atas di london ? biayanya juga berapa kak ? mahal tidak ? hehe

  71. hello mas Giri dan semuanya saya mahasiswi London School di Jakarta, saya ada keinginan kuat untuk tinggal dan bekerja di London. Kebetulan saya ambil jurusan Hubungan Internasional, saya mulai mencari tahu link pekerjaan dibidang yang saya kuasai nanti di london. saya minta tolong recomendednya dari mas giri dan teman-teman viwers blog ini sekalian untuk sharing kerjaan apa yang cocok untuk saya nanti disana? 🙂 terimakasih…

    1. Hi Tri,

      Terima kasih telah berkunjung. Wah, untuk mengetahui kerjaan yang cocok untuk Tri disana pastinya kita harus mengetahui kelebihan yang Tri miliki. Di UK, bnyk sekali lowongan, namun lebih banyak lg yg mencari pekerjaan. Jd seseorg hrs benar2 memiliki keunggulan dibandingkan pencari kerja lainnya utk bs mendapatkan pekerjaan di UK. Saran saya coba cari di beberapa job search engine seperti totaljobs, monster, reed, atau jobsite; coba cari pekerjaan yang Tri rasa Tri punya keunggulan disitu. Bisa menuliskan keyword tertentu pada kotak pencariannya.

      Semoga bisa membantu.
      Salam,
      Giri

  72. hello mas giri salam kenal….saya asli orang timor leste……….sekarang saya bekerka di north ireland ini nomor saya 07831432291 salam kenal

  73. hello kak giri. Saya nita saya punya passion dari kecil untuk sekolah di inggris. Kira2 ada gak sih scholarship yg menawarkan utk kuliah dioxford university, birmingham, or manchester university ? terus rata2 anak indonesia yg kesana brp pertahunnya? thanks for your reply 🙂

  74. Salam sejahtera, Mas Giri.
    Saya Winda dari Jakarta. Saya sedang apply beasiswa short course utk tahun depan di central london. Tapi mereka hanya menanggung biaya course dan half board accommodation selama 2 bulan. Saya akan tinggal di semacam homestay. Kira2 berapa ya biaya hidup 2 bulan disana, termasuk makan, transport, dan kebutuhan sehari2 di london? Terimakasih 🙂

  75. Halo Mas Giri… Saya mau tanya… Tempat mencari beasiswa paling tepat itu dimana ya? serta mencari kerja juga? Apakah saat saya sudah disana atau saat masih di Indonesia mencari kerja nya? Tolong bantuannya… Terima kasih 🙂

    1. Halo Eka. Tempat mencari beasiswa itu di internet. Dari internet, Eka akan menemukan banyak beasiswa. Pastinya mencari beasiswa selagi di Indonesia. Begitu pula dengan mencari kerja agar dimudahkan urusan visa-nya.

      Semoga membantu,
      Giri

  76. Halo mas Giri

    Mas kasih info donk tentang Anerley.karna aku mau kesana ama tunanganku.apa du sana seperti Bronx /ny.atau gimana mas,tolong infonya ya mas,thank you so much mas for your help.
    Yoo have a great day mas Giri

    1. Halo Fera,

      Wah, aku belum pernah ke daerah Anerley. Jd mohon maaf ga bisa memberi banyak informasi. Coba saja menggunakan google street view untuk melihat kawasannya. Semoga membantu

      Giri

  77. Selamat sore Mas Giri.

    Mas skr saya kerja sama org London, ini bulan k 4. Setelah dijalani saya malah ingin netap disana.

    Izin buat dapet visa kerja inggris susah g ya? Terus min gaji disana brapa biar bisa hidup?

    Jujur saya pgn nekat k london 😀

    Boleh minta email mas giri?

    Thank You

  78. Mas Giri,

    Saya punya pertanyaan nih,kan saya sudah di London sekarang dan saya berencana akan ke indonesia bulan depan. Saya akan menyewakan kamar saya sama orang disini,dan sebenarnya itu tidak diijinkan (menyewakan kamar) oleh perjanjian saya dengan agen properti

    pertanyaan saya:

    1.Biasanya inspeksi disini tiap berapa bulan sekali?
    2.Apa yang akan terjadi kalau saya ketahuan menyewakan apartemen saya?apakah uang saya akan hangus/depositnya saja yg tidak kembali (saya sudah bayar sewa sampai 10bulan)

    Terima Kasih 🙂

    1. Halo Adisa,

      Sebaiknya Adisa membaca lagi kontrak yang pernah Adisa tanda tangan bersama Landlord. Setahu saya, ada pasal yang menyatakan bahwa deposit tidak akan dikembalikan jika Adisa melanggar salah satu dari pasal yang ada.

      Inspeksi tidak ada batasannya. Tetapi kadang-kadang di kontrak, tertulis bahwa landlord boleh masuk ke rumah kapan saja untuk melakukan inspeksi jika ada hal yang mencurigakan.

      Teman saya ada yg pernah menyewakan kamarnya lagi ke orang lain dan bagusnya ga ketahuan ama landlord. Ya untung2an lah.Saran saya, baca kontrak sekali lagi dengan teliti. Disitu Adisa akan menemukan jawaban. Setelah itu, ya tinggal pada pilihan: Ambil Resiko atau tidak.

      Salam,
      Giri

  79. selamat malam mas Giri, perkenalkan nama saya bayu… saya punya pertanyaan ni mas, mohon bantuannya.
    1. saya ditawari kerja oleh kenalan saya di london, katanya dari indonesia bikin visa visitor lalu jika sudah diterima disana baru mengajukan visa kerja. apakah hal tersebut diperbolehkan?
    2. ketika mendapat visa bekerja, bisa kah saya bekerja sambil meneruskan kuliah atau mengambil kursus?
    3. didaerah mana saja yang disekitar london memiliki tingkat biaya hidup yang paling murah?

    terimakasih atas jawabannya mas Giri.

    1. Halo Bayu,

      Terima kasih telah mampir membaca blog. Saya coba jawab pertanyaan Mas Bayu ya:
      1. Saya tidak tahu perihal perubahan visa visitor menjadi visa kerja. Yang pasti, selama menjadi visitor, tidak boleh bekerja.
      2. Jika sudah bekerja, Bayu bebas mengambil kursus.
      3. Di London, biaya paling murah berada di zona 4-6. Untuk mengetahui perzonaan London, bisa baca artikel saya Transportasi di London

      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  80. hi,saya di tawari kerja di the ritz london alamat nya 150 piccadily london w1j9Br dan mengenai gaji saya di tanya berapa minta gaji..aduh bingung ? berapa ya average penghasilan midle class disana ..apa saya masih bisa save ya buat keluarga di indonesia…44

  81. selamat siang,Mas Giri
    saya dapet tawaran kerja daerah tyneside, untuk apartement yg affordable ada infonya gak,mas?

    terima kasih.

    1. Halo Angga,

      Selamat yang mendapat tawaran kerja.
      Untuk apartment, silakan membuka website-website rent apartement seperti Zoopla.co.uk, findaproperty.com, atau primelocation.com. Jika ingin sharing rumah/kamar dengan orang lain, silakan buka spareroom.co.uk atau uk.easyroommate.co.uk. Selamat mencari!

      Salam,
      Giri

  82. Salam kenal,saya Tsan. saya berencana ke Inggris bersama sahabat saya. tapi,itu masih rencana. kita masih mencari data-data tentang Inggris. 1 Pound Sterling itu berapa rupiah ya? hehehe beneran enggak tau

  83. Salam kenal, Mas Giri.
    Saya akan bekerja di King’s College Hospital di SE5. Saya akan membawa istri dan 1 orang anak yang masih berusia 2 tahun. Kalau saya tinggal di daerah Camberwell SE5 dengan asumsi pola hidup sederhana (tidak berlebih), berapa biaya hidup yang dibutuhkan di sana per bulannya?

    Terima kasih banyak untuk perhatian dan jawabannya. Semoga Tuhan senantiasa melimpahkan rahmatNya ke mas Giri.

    Salam,
    Aditya Kusuma

  84. salam kenal mas giri,,mau nanya nie…ada ga ya tour guide di eropa yang bisa bahasa indonesia..saya dan istri berencana keliling eropa dan kami butuh tour guide..mohon informasi dan terimakasih
    oya terima kasih juga blognya sangat membantu..gbu

  85. Mas giri, boleh nanyak gak ? Kalok hidup di birmingham kira kira mahal gak ya ? Trus kalok kita mau beli transportasi sepeda ada situsnya gak mas ? Trus yang situs menyewa rumah itu kira kira ada gak kalok yg menyewa tanpa melalui agen mas ? Terima kasih sebelumnya mas.

    1. Halo Theo,

      Biaya hidup di Birmingham lebih murah daripada di London. Mau beli sepeda, bisa di amazon.co.uk, argos, atau tinggal maen aja ke toko-toko setempat. Saya juga tidak tahu toko khusus sepeda. Kalau mau sewa rumah ga pake agen, ya bisa aja di https://www.spareroom.co.uk/. Semoga membantu.

      Terima kasih telah mampir
      Giri

  86. Mas boleh nanyak
    gak ? Bagaimana dengan hidup di Manchester ? Apakah lebih murah jugak ? Dan yang soal rumah tersebut, apakah lebih baik kita menggunakan jasa agen atau tidak dalam hal menyewa rumah ? Oh ya mas, apakah mas pernah kuliah disana atau ? Soalnya aku mau nanyak juga apa saja yang harus dipersiapkan dari Indonesia agar bisa kuliah disana mas. Terima kasih atas informasinya mas..

    1. Halo Theo,

      Biaya hidup di Manchester sedikit lebih murah daripada di London. Tapi mgkn tidak beda jauh karena sama-sama kota bisnis / industri. Jika menyewa rumah dgn harga mahal > £1,000 per bulan, idealnya menggunakan agen. Ya, saya pernah kuliah. Jika mau tau apa saja yang harus dipersiapkan, mgkn Theo bisa baca artikel-artikel saya mengenai London.

      Salam,
      Giri

  87. Halo mas Giri
    Bisakah mas Giri carikkan untuk saya tentang nama universitas yang ada jurusan bisnis manejemen untuk gelar S1 di london atau di Manchester ? Karena saya sudah search juga dan itu ada di Birmingham yaitu Aston University. Terima kasih sebelumnya mas Giri

    1. Halo Mas Dandy,

      Rasanya Om Google lebih tau daripada saya. Silakan mencari lewat Google biar lebih tepat. Maaf tidak membantu.

      Salam,
      Giri

  88. Sore mas giri, saya aufa mahasiswa s1 di salah satu universitas di Indonesia,saya mau tanya mas, klo biaya kuliah di londonnya sendiri berapa yaa mas untuk jenjang s2, dan waktu kuliahnya kira kira berapa tahun yaa mas?? Saya berniat untuk melanjutkan kuliah disana mas
    Terima kasih sebelumnya mas

  89. Salam kenal Mas Giri ,mau tanya nih, orang indonesia kan banyak juga yang kuliah di inggris,kebanyakan mereka ambil jurusan apa ya mas? Terus yang peluang nya besar jurusan apa mas? Kalau kedokteran peluangnya besar gak mas? Atau kecil?
    Ditunggu ya mas jawabannya,
    Makasih sebelumnya 🙂

    1. Halo Mas Eben Ezher,

      Wah, saya tidak tahu kebanyakan orang Indonesia mengambil kuliah apa di UK. Beragam sekali. Kalau mau detailnya, silakan menghubungi Atase pendidikan Indonesia di UK. Mereka lebih punya datanya. Yang pasti, jangan memilih kuliah hanya karena peluang keterimanya besar. Nope.. Its totally wrong. Cari yang sesuai dengan passion kamu, cita-cita, dan masa depan yang cerah. Nah, kl sudah dapat jurusan apa yg diminati, berusahalah sekuat tenaga agar diterima di UK. Untuk kedokteran, saya tidak faham.

      Giri

  90. Mas gri me nanya klw saya kerja d london dngan gajih 8000 pounds terling apakah cukup untk biaya di sana ?? Malasih . Oh iya tiket plg ke ido brp y ?? Hehe

    1. Silakan membaca blog saya lebih detail. Disitu Mas Fadhil akan menemukan jawabannya.
      Harga tiket? Coba cari di Google. Banyak loh web booking tiket pesawat.

      Salam

  91. Halo mas giri,

    kalau tidak salah, ada yang menyebutkan tentang teman kerja di Chevron inggris, Boleh tau alamat domain belakangnya itu tetap @chevron.com ya?

    Saya dapat balasan email dari HRD Chevron UK, tapi kenapa alamat domain addressnya @chevron.oilandgas.co.uk?

    Tolong sekali panduannya.

    Terima kasih,
    Salam.

  92. Hi Mas Giri ,

    kami ada jadwal ke London 1-7 agustus 2014 unk trip apakah ada teman dari indonesia pelajar juga oke unk bisa menjadi Guide kami selama di London ?

    mohon info nya ..makasih ya …..

    salam
    Roby

    1. Halo Roby,

      Silakan menghubungi teman2 PPI UK atau PPI London via facebook.
      Mudah2an akan ada respon jika mereka memang bisa.

      Salam,
      Giri

  93. Hi Mas Giri, mau tanya nih kalau anak Indonesia yang sekarang kuliah di Malaysia mau ambil magang di Inggris bagaimana cara mengurus Visa nya ya ??? apakah harus urus di Jakarta atau bisa di Malaysia ???? Thank’s

    1. Halo Christ,

      Wah, mohon maaf saya tidak tahu mengenai hal itu. Mungkin bisa ditanyakan ke vfs Indonesia.
      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  94. Hai mas Giri, salam kenal. Blog-nya superb banget nih, kece 😀 kenalin nama saya Tiesa, dan saya akan mulai kuliah di UCL September ini. Masih bingung cari akomodasi di London nih. Sudah apply akomodasi kampus, tapi belum dapat kabar lagi. Any suggestion soal cara mencari akomodasi di London? Apakah lebih baik tiba dulu disana dan kemudian lihat tempatnya secara langsung, ataukah aman2 saja deal dg penyedia rent lewat internet/online? Thanks before 🙂

    1. Halo Tiesa,

      Selamat ya diterima di UCL. Ya, akomodasi di UCL sering ud penuh.
      Saran saya, jgn pernah deal dengan landlord sblm lihat langsung tempatnya. Kdg2 di internet, gambar2 akomodasinya oke. Tapi, sebaiknya kita melihat lingkungan sekitar bagaimana. Apakah dekat dengan tube station, apakah dekat dgn toko kebutuhan sehari2, dan lain sebagainya.

      Coba Tiesa bikin janji saja dulu dengan landlordnya pas masih di Indonesia. Saya dulu contact bbrp agen sblm sampai di UK. Pas nyampe UK, ya langsung liat rumah + keadaan. Trnyt yg di internet tidak seindah kenyataan. Akhirnya menginap seminggu di Wisma Siswa merdeka, nyari2 akomodasi, sampai akhirnya ketemu yang pas dengan hati.

      Semoga membantu. Sukses ya kuliahnya.

      Salam,
      Giri

      1. Dear mas Giri, thank you for your kind reply 🙂

        Kebetulan saya dan beberapa teman anak Indo yg juga bakal kuliah di UCL kayanya mau sewa rumah bareng. Kami udah nemu satu rumah, tapi emang landlord-nya engga mau deal kalau kita belom liat. Mungkin karena ybs takut kenapa2 ya dengan kontraknya, kaya yg mas Giri pernah bilang di salah satu postingan.

        Tapi karena kami baru akan sampe London sekitar pertengahan September, kami lagi coba minta bantuan temen-temen Indo yang disana buat liatin dulu rumahnya. Unfortunately belum nemu yang bisa dimintain tolong nih hehe. Lokasi rumahnya sih di zone 4, Sudbury Hill namanya. Siapa tahu mas Giri punya temen/kenalan di dekat sana yg bisa kami mintai tolong, aku minta tolong diinfo ya mas hehe.

        Sorry banget ngerepotin mas, thank you before 🙂

        Salam, Tiesa

      2. Dear mas Giri,

        Please ignore my previous comment hehe… rumahnya memang oke, tapi jaraknya jauh lumayan dr tube station dan dari UCL jg, sehingga saya dan teman2 urung ambil rumah disitu hehe.

        Terimakasih banyak ya mas buat tips-tips mencari akomodasinya. Semoga saya segera juga menemukan yang pas di hati, dan tentunya, di kantong. Hehe.

        Salam,
        Tiesa

  95. Selamat siang mas Giri.. apa kabarr? Semoga sehat ya…. Saya mau tanya nih. Jika saya memiliki uang 40 Juta yang akan saya pakai untuk mengunjungi Kota Manchester selama 7 hari cukup ngggak ya mas?
    40 Juta include: -Tiket PP Jkarta-manchester
    -Akomodasi
    -Makan
    -Transportasi
    -Masuk Old Trafford 1 Kali

    1. Hi Jhon,

      Kabar saya baik. Terima kasih. Apa kabar juga?

      Uang 40 juta tentunya cukup untuk wisata 7 hari. Untuk sendiri kan?
      Tinggal menyesuaikan saja tiket pesawatnya, jenis hotel, dll.
      Selamat berwisata!

      Giri

  96. Mas Saya Mau tanya apakah yg dimaksud dengan DBS (Disclosure and Barring Service) itu saya ada application from dari salah satu company di Inggris dan kita harus mengisi form tersebut. mohon pencerahaan Thanks You

  97. Assalamualaikum mas Giri. Beberapa hari yg lalu saya apply lamaran ke hotel Ritz London via email. Saya mendapat balasan bahwa mereka tertarik dgn resume saya dan meminta saya utk mengisi form interview via email. Yg saya tanyakan, apakah itu bisa jadi penipuan? Saya sudah byk mendengar penipuan rekrutmen kerja ke UK terutama di bdg hotel industry. Alamat mereka sesuai dgn alamat Ritz London yg saya dilihat di website resmi. Yg membuat saya ragu adalah saya melihat iklan loker itu tidak dr website resminya. Mohon pencerahannya, Mas. Thanks 🙂

  98. Setelah saya mengikuti step di artikel tsb dan browse more information, sepertinya saya sudah tau itu penipuan atau bukan. Terima kasih mas, maaf comment saya nyampah, hehe

  99. Assalamualaikum…..
    Saya mau bertanya nih Om…..saya umur 13 mempunyai cita2 menjadi pemain speak bola professional. Nah, untuk mendukung cita2 saya, saya harus bersekolah di luar negeri. Tujuab saya di inggris.apakah beasiswa untuk SMA Islam di inggris tersedia??.
    Makasih….mohon dijawab ya….

    1. Waalaikumussalam.

      Mohon maaf saya tidak tahu apakah ada beasiswa utk SMA Islam di Inggris.
      Silakan Musa mencari lebih banyak di mesin pencari seperti Google. Semoga impiannya tercapai ya.
      Good luck!

  100. Selamat sore
    Saya naufan
    Mas,kalau mau kuliah di london ada beasiswa full gak ? termasuk biaya hidupnya. Terus klo di london, ada jalur dan tempat parkir khusus tidak buat sepeda ? soalnya lumayan buat ngirit ongkos. Terima kasih.

  101. Selamat malam, saya rika dan insyaallah ke Brighton dalam rangka training course bulan depan. Menurut info, suhu berkisar 13 derajat celcius, sebenarnya seberapa dingin ya? Terima kasih atas infonya.

  102. Dear Mas Giri;

    tanggal 26 sept 2014 aku akan interview diTOTAL Oil and gas holding company yang beralamat 33 cavendish square, london W1G 0PW UK, dan menggunakan jasa travel gold alliance travel (beralamat 23-30B glentworth street marylebone, london, NW1 5PG, UK) yang ditunjuk oleh TOTAL oil, tetapi sebagai commitment aku harus deposit USD 1750 dan akan diganti setelah tiba dilondon untuk travel expenses,

    Mohon informasinya, apakah kerjasama tersebut benar dilakukan oleh TOTAL oil, berhubung aku masih khawatir masalah deposit uang tsb, saya tunggu informasinya Mas, Terimakasih

    BR//fatoni Hariyanto

  103. Dear , Giri .

    mau tanya nih mas , kalo misalnya saya ke Uk london pas sampai di sana kira2 bisa langsung part time ga ya ? Dan apa boleh saya ajuin citinzenship dan apa boleh saya stay disana lebih lama jika student visa saya harus diperpanjang ? Makasih .

    1. Hi Jesslyn,

      Ya tergantung visa mu dan dapat pekerjaan part-time atau tidak. Kalau datang ke UK sebagai turis, Jesslyn tidak boleh kerja apapun itu. Tp kl dtg sebagai students, bisa kerja part-time selama emang ada lowongan dan bisa mendapatkannya. Ya, selama dapat visa untuk stay disana baik melalui visa kerja atau visa pelajar, ya Jesslyn bisa tanggal selama Jesslyn mau.

      Semoga membantu.
      Giri

  104. Hi mas Giri. Sekedar mengucapkan terima kasih. Saya baca blog ini sejak persiapan sampe sekarang udah kuliah di Aberdeen. Thanks atas kesabarannya menjawab. Semoga berkah. Salam dingin dari Scotland…

  105. Hi kak,
    Akub15 yo dan aku mempunyai kemauan untuk meneruskan high school disana, dari comment yang aku baca emang bener ya public high school disana free? Please help me.. gimana cara daftar dan rekomendasi high schoolnya.. hehe
    Thankyou, I’m glad that found your web, it’s very helpful

  106. Halo mas giri salam kenal..
    Aku ada rencana mau kursus bahasa inggris disana tahun depan setelah saya menyelesaikan S2 saya. tp jujur aku masih buta bgt daerah2 mana yg lebih enak utk mengikuti kursus bgitu. Bagaimana dgn cambridge/london mas? Terimakasih.

    1. Hi Karissa,

      Salam kenal.
      Wah, mohon maaf saya tidak tahu mengenai kursus bahasa Inggris di UK. Mungkin Karissa bisa search di Google atau sejeninsnya. Rasanya ada banyak lembaga yang mengadakan. Namun pastikan bahwa itu terdaftar sebagai Highly Trusted Sponsor di Home Office UK jadi Karissa bisa ngelamar visa student untuk belajar di UK. Info detailnya di https://www.gov.uk/government/uploads/system/uploads/attachment_data/file/361031/Tier_4_Register_of_Sponsors_2014-10-06.pdf.

      Semoga membantu.
      Giri

  107. Hi mas giri, bisa ceritakan sedikit mengenai situasi, kondisi serta cara beradaptasi di london saat prtama kali kesana.sesampainya disana dan naik transportasi apa bagusnya.apalagi gak tau sama skali dan kesana hanya sendiri untuk kuliah. Info selebihnya sudah saya baca koment tmn2 diatas dan sangat bermanffat blog nya mas.trimakasih sbelumnya mas

    1. Hai Arief,

      Ya, beradaptasi di UK memang bertahap. Dari mulai membiasakan diri dengan cuaca, lalu dengan bahasa, lalu dengan budaya masyarakat, dan sebagainya. Banyak hal yang pastinya sangat berbeda dengan di Indonesia. Sering2 membuka website2 tentang London, membaca website TFL, visit ke londonist & timeout london, dan yang paling penting, sering2 ngobrol ama orang lokal, akan sangat membantu Arief beradaptasi. Semoga sukses!

  108. Dear Mas Giri,

    Saat ini saya sedang merencanakan perjalanan ke Inggris, dan ingin menginap di Wisma Indonesia. Tetapi setelah saya email dan sms melalui contact yang ada di website Wisma Indonesia:

    15 New Way Road,
    Colindale,
    London NW9 6HR,
    UNITED KINGDOM

    Tel. : +44 (7973) 617-065
    Fax. : +44 (208) 205-5565
    Pemesanan (via SMS):
    +44 (7973) 617-065
    Mail

    Email:
    marketing@wismaindonesia.com

    belum mendapatkan jawaban. kira-kira apakah mas giri mempunyai contact dari Pak Daus dan Ibu Usya? Terimakasih sekali dan salam dari Indonesia.

  109. Mas Giri,

    Saya mau menanyakan apakah ada nama perusahaan NATSEA OIL LIMITED di UK, soalnya saya dapat tawaran kesana. saya sering mendapat tawaran serupa di dlain perusahaan tapi ujung ujung saya harus mentransfer sejumlah uang.

    Mohon informasi dan pencerahannya

  110. selamt malam mas, saya mau tanya saya dapat tawaran dari llc .apa bnr perusahaan ini ada dan bukan fiktif. dan menawarkan gaji 24600 per annum. kira2 itu ngak yah buat biaya hidup disana. Maaf mas pertanyaannya merepotkan

  111. Assalamualaikum..mas giri.. nama saya tenny sy tinggal di tasikmalaya. Saya mndapatkan tawaran pekerjaan dari seseorang di Uk. Yang ingin saua tanyakan berapa kita harus deposit dalam tabungan agar dapat memenuhi persyaratan keberangkatan. Terimakkasih.
    Wassalam

  112. Assallamualaikum… Mas,, rencana aku mau ke Inggris cuman untuk nonton Bola aja Chelsea,, tapi aku g tau komunikasi Bahasa Inggris, yang jadi pertanyaan ada g orang Indonesia yang disana bisa jadi pemandu.. info yahh mas broo

    1. Waalaikumussalam. Kl tidak bisa bahasa Inggris, coba saja cari tur dari Indonesia khusus untuk trip ke Stadion2 di UK. Akan lebih membantu daripada mencari orang Indonesia yang mau jadi pemandu.

  113. Kami tinggal diKroasia, suami saya mau cari kerja langsung dengan datang ke Inggris, bagaimana menurutnya? Tolong personal mggs Mas Giri dong, saya mau tanya2 lebih detail, terima kasih

    1. Hi Joyan,

      Mohon maaf saya tidak bisa membantu jika informasi tidak lengkap. Apakah istri Joyan orang Indonesia atau orang Kroasia? Kalau orang kroasia, mungkin akan lebih mudah. Saya juga kurang faham bagaimana posisi Kroasia di EU. Mohon maaf tidak membantu.

  114. Hai Giri

    Ada rekomendasi ga buat tempat tinggal di london? saya bulan agustus akan melanjutkan pendidikan di sana.
    Campus nya di middlesex street.

    Terimakasih

    1. Hi Vaidil,

      Coba cari di daerah Shoreditch. Rasanya di deket Liverpool Street Station, banyak unit apartemen yg disewakan. Sukses kuliahnya!

  115. Dear mas Giri,
    Saya yuni. Mohon info reputasi univ.east london,kebtulan say mendapt email untuk beasiswa bersyart di univ tsbt.
    Untuk biaya akomodasi di sekitar kampus berapa ya.mohon info
    Karena saya masih awam.terimakasih banyak developments.

    Regards,
    Yuni

    1. Halo Yuni,

      Biaya akomodasi di sekitar kampus, Yuni bisa buka di web zoopla, primelocation, dll. Disitu bisa ketahuan berapa biaya sewa akomodasi per bulan tergantung dengan kebutuhan Yuni.

      Semoga membantu
      Giri

  116. Ass mas,

    Rencana saya mau ke London menghadiri Kongres, dari tanggal 28 August – 2 September 2015. Mohon info apabila ingin ke Irlandia apakah membutuhkan visa?.

    Terima kasih banyak atas infonya.

    Regards,
    Rina

  117. Dear mas giri,
    Terimakasih infonya,menurut mas giri bagaimana pendapat mas giri ttng univ.east london kampus dockland,untk program MBA ny?mungkin mas giri sdh tau banyak krn lama tinggal Dsana,terimakasih banyak sebelumnya,maaf repotin

    Salaam,yuni

    1. Halo Yuni,

      Saya tidak tahu seperti apa program MBA UEL. Jika mau tau rangkingnya, bisa lihat di FT atau QS MBA rangking.
      Semoga membantu.

      Giri

  118. Assalamualaikum mas Giri,

    Rencananya bulan sept saya akan mengantar anak saya yg akan mengambil A level di Into Manchester. Apakah mas Giri ada info penginapan seperti Wisma Indonesia di Manchester. Thanks. Monik.

  119. Pagi mAs giri,,, rencana habis lebaran tahun ini kira2 bulan depan saya akan berangkat ke scotland apa sama yah biaya hidup d london sama di scotland tepatnya di edinburg, saya lagi memperkirakan estimasi dana untuk akomodasi sama living cost buat beberapa bulan kedepan biar ada persiapan… kebetulan untuk tiket sya dpt yg lumayan lah dr jkt – lhr usd 370.33 truz klo dr lhr ke edinburg nya usd 83.33 truz kalo estimasi yg lainya apa yah untuk sampe tiba lokasi…. maksih

    1. Halo Mas Maulana,

      Untuk living cost, bisa mengalokasikan seperti di London per bulannya. Untuk dana awal, saya sarankan bawa 3-6 x biaya hidup bulanan untuk deposit tempat tinggal, buka tabungan, transportasi, beli sana-sini seperti makanan, kartu GSM, dsb. Semoga membantu.

      Giri

    1. Halo Ambar,

      +44 itu kode telefon dari Inggris. Tapi, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, +44 dapat digunakan oleh orang yang ada di belahan negara lain seperti di Afrika, Asia, dan sebagainya. Waspada saja.

  120. Ass.wr.wb…mas giri…boleh tanya nih proses pengurusan visa kerja ke england atau web job street di england…saya pingin bisa bekerja di england kebetulan keponakan saya lagi tugas belajar di brimingham sama keluarganya…trus untuk gaji per jam nya berapa pound?..mhn infonya mgkin mas giri..lebih tahu..thank…

    1. Hi Mas Sigit,

      Ya, proses pengurusan visa kerja di UK biasanya dibantu perusahaan jika memang perusahaan tsb bermaksud menghire anda. Besar gajinya tergantung posisi apa, di perusahaan apa, dan di bagian apa. Ya, sebenarnya ini sama saja dengan’berapa gaji per jam di Jakarta’. Sangat bervariasi. Semoga membantu.

  121. mas giri, saya ridoh. saya rencananya mau liburan ke london. usia saya msh 15 tahun. saya mau nanya nih mas, kira kira jarak dari bandara Heatrow ke kota Manchester itu brp jauh ya ?, ada gak tempat penyewaan apartemen yg murah tapi nyaman di sekitar kota london ?, di London peraturannya ketat/tidak ya untuk turis asing ? untuk saat ini 1 Pounds itu brp Rupiah ya ?

    1. Halo Ridoh,

      Heathrow itu ada di kota London. Jarak dari London ke Manchester itu sekitar 350 km. Naik kereta sekitar 2-3 jam. Ada banyak apartemen murah dan nyaman di kota London. Peraturan di London ya layaknya peraturan di Kota besar global lainnya. 1 pound saat ini sekitar Rp 21.000an. Semoga membantu.

  122. Pak mohon pencerahan, saya warga indonesia ada penawaran kontak dilondon terus terang saya harus berpikir matang sebelum ttd.
    Yang menganjal pikiran saya
    1. Pajak penghasilan dilondon 2015 seperti apa?
    2. Tranfer uang
    3. Didalam kontrak tertulis : anda mendapat kesempatan selama 3 bulan bersama keluarga selama periode ini..anda masih akan menerima gaji perbulan.
    Mohon pencerahan arti periode fersus london, apakah saya masih diindonesia menerima gaji perbulan selama 3 bulan atau gimana. Terima kasih

    1. Halo Mas Adi,

      1. Silakan search di Google ‘Tax Calculator UK’. Akan muncul beberapa link mengenai perhitungan pajak di UK
      2. Transfer uang layaknya transfer uang di Indonesia
      3. Saya tidak mengerti maksud Mas Adi. Mohon dijelaskan lebih detail.

      Salam,
      Giri

  123. Assalamualaikum mas giri. Sy ery,insha allah sy akan nikah dgn org asli UK, dy kristen tp ingin convert to islam. Yg ingin sy tnyakan. Lbh baik nikah d Indo atau d UK mas, krna tmen sy yg tggal d Jerman prnah blg kalo mnding nikah d UK karna dr segi hukum d UK lbh kuat drpd Indonesia. Yg kedua, sy ingin krja d UK, adakah link atau website untuk mncari lowongan pkerjaan yg bagus mas. Terima kasih. Wassalamualaikum

    1. Walaikumussalam, Mbak Ery.

      Wah, mohon maaf saya tidak tahu mendingan nikah di UK atau Indonesia. Utk lowongan pekerjaan, Mbak Ery bisa mencari di portal monster, totaljobs, reed, dsb.

      Salam,
      Giri

  124. Mas Giri,
    saya dalam waktu dekat mungkin akan mengambil beberapa short course di UK
    Di UK adakah yang menyewakan apartemen tapi harian.
    karena lokasi short course saya berpindah-pindah, klo di hotel ga masuk budget 😀
    beberapa course saya di: machester (sekitar 4 hari), cranfield (3 minggu), london (2 minggu), edinburg (1 minggu).
    mohon advise nya Mas Giri. Terima kasih.

    Salam,

    Dave Ouch

  125. Salam kenal mas giri , saya depi , saya punya cita cita ingin hidup di london inggris , tp hidup sya skrng kurng madai , saya ingin membuka usaha di sna , tpi untuk pergi ksana sya tdk thu membuat paspor / visa , dan klo buka restauran di sana tuh di persulit / tidak sih mas giri , di tunggu jawaban nya maa giri , soal ny sya masih berencana insya allah

    1. Halo Devi,

      Ya, membuka restoran di UK cukup susah. Tapi selama ada kemauan, insyaAllah ada jalan. Membuat paspor, Devi harus mengurusnya di Keimigrasian. Kalau visa ke Inggris, harus mengurusnya via VFS Global di Jakarta. Tidak mudah mengurus visa ke Inggris, kalau tidak punya kemampuan baik keuangan maupun skill. Saran saya, pertajam kemampuan Devi memasak. Mudah2an kelak ada jalan membuka restoran di Inggris.

      Salam,
      Giri

  126. Salam bro giri.. i m malaysian tapi my wife indo, 4 kids juga indo.. planning nk ke uk early next year, maybe ke aberdeen, scotland. Target mau liburan abt 6 months sambil sy cari2 lowongan perkerjaan.. actually sy gak milih perkerjaan asalkan bisa menampung keluarga aja.. need ur advise dari segi visa isteri dan anak2.. atau apa2 opinion dr mas giri yg bisa membantu.. tq

    1. Hi Bro Mokhtar,

      Ya, sekeluarga bisa ke UK pake visa turis. But, I am not sure apakah cukup mudah proses mendapatkan kerja dgn visa turis. Better if you start looking for job in the UK and then have interview during your holiday trip. Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  127. Saya mau bertanya, untuk pria single , berapakah kira kira uang yang dibutuhkan perbulan untuk biaya hidup? kebetulan saya rencana melanjutkan studi di Umist dan uang beasiswa hanya dikasih 800 pound sebulan, apakah cukup

    1. Halo,

      Jika gaya hidup kamu hemat dan bijak dalam menggunakan uang, saya rasa GBP 800 cukup untuk kebutuhan hidup satu bulan. Bisa disiasat dengan mencari rent apt / rumah yg murah (sharing biasanya) dan makan masak sendiri dgn membeli bahan makanan yg murah.

      Semoga membantu.

  128. assalamualikum pak giri,

    saya zaitun,mau tanya kira-kira kalau kita mau beli rumah di london dekat univ kings college london dengan dua kamar tidur itu brapa ya mas??
    mohon bantuan nya mas.

    1. Waalaikumussalam Zaitun.

      Silakan melihat di website-website penjual properti seperti rightmove.co.uk, primelocation.com, atau zoopla.co.uk.
      Zaitun bisa membanding-bandingkan disitu.

      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  129. saya suka membaca artikel dan postingan beberapa teman2 disini Mz. Saya sampai sekarang masih harus bermimpi utk kesana. Saya sangat ingin sekali kesana hanya sekedar menemui sponsor saya yg dulu pernah membiayai saya lewat yayasan di gereja. Beruntungnya saya menemukan facebook anaknya sehingga saya bs berkontak dg beliau lewat email sekarang.
    Beliau tinggal di Yorkshire, yang saya googling kota ini ibarat “Jogjanya” Inggris.
    terima kasih Mz Giri inspirasinya lewat artikel ini. 🙂

  130. Met siang mas giri,saya mau tanya saya sudah d terima kerja di milestone hotel dan harus nyampek uk sebelum tanggal 10 april,saya binggung mas giri seandainya saya berangkat apakah ada orang indonesia yg bisa d hub,sedangkan inggris saya kurang banget,trus masalah visa ngurusnya gmana?biaya kira2 berapa?terima kasih sebelumnya,maaf saya dari surabaya

  131. asalamulaikum wrwb mas ,
    saya mau tanya tentang sekolah bellerby college apakah itu sekolah dengan metode boarding school setingkat SMA
    kami berencana memindahkan putra kami ke sekolah tersebut pada tahun depan .sementara ini putra kami sekolah di new zealand .
    untuk info mencari rumah di london akmi harus masuk ke website apa ?
    sementara ini aja mas pertanyaan kami

    terima kasih
    salam hormat kami

    Rachmat Subekti

    1. Waalaikumussalam Mas Rachmat,

      Mohon maaf saya tidak punya banyak informasi mengenai Bellerby College. Untuk mencari rumah, bisa berkunjung ke zoopla, primelocation, atau rightmove. Semoga membantu.

      Sukses untuk anaknya!
      Salam

  132. Mas kalau di Manchaster biaya hidup perbulannya berapa? apa sama saja dengan di London. oh ya, di Manchaster ada kampus yang bagus ga?

  133. Selamat malam, Mas Giri
    sebenarnya saya sudah lama mengikuti post ini, mau tanya belum berani, cuma liat” di komen aja rasanya udah ada jawaban tapi tidak untuk yang ini.
    perkenalkan saya fuad, saya insyaallah lulus D3 tahun ini disalah satu institusi jurusan teknik.
    ada banyak pertanyaan mas. ini,
    sebagai fresh graduate apakah mungkin bisa langsung bekerja di perusahaan luar negri apalagi di UK dengan ijazah saya yang hanya D3 ElektroMedik, padahal disana banyak lulusan Biomedical Enginering?
    Ada gak ya perusahaan disana yang memang hanya membutuhkan kandidat yang belum berpengalaman ? 😀
    saya sudah mencoba mencari pekerjaan seperti saran mas giri tepatnya di laman ini https://jobsearch.direct.gov.uk/JobSearch/PowerSearch.aspx?redirect=http%3A%2F%2Fjobsearch.direct.gov.uk%2Fhome.aspx&pp=25&pg=1&q=Medical%20Equipment&tjt=Technician&where=london&sort=rv.dt.di&rad=20&rad_units=miles&re=134
    yang saya tanyakan, itu menurut mas giri di bagian ”Company” itu memang nama perusahaan yang akan saya tuju, ataukah perusahaan perekrutan atau apalah namanya itu?

    1. Hi Fuath,

      Sebenarnya tidak ada yang tidak mungkin. Hanya saja, kemungkinannya sangat kecil untuk lulusan fresh graduate dan tanpa sertifikasi internasional. Meskipun begitu, bukan berarti peluangnya sama sekali tertutup. Jika Fuath memiliki nilai atau kelebihan yang tidak dimiliki oleh lulusan D3 ElektroMedik pada umumnya, maka peluang itu berarti makin besae. Apalagi jika Fuath memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Itu akan sangat membantu Fuath dalam mencari pekerjaan. Ya, perusahaan di UK juga banyak mencari kandidat yang fresh graduate. Rasanya sama saja di semua negara. Ada yang untuk fresh graduate dan ada yang untuk experienced professional.

      Di link yang Fuath kasih, ‘company’ yang dimaksud disitu adalah perusahaan perekrut seperti reed, monster, dsb. Terkadang mereka juga hanya sebagai jobboard. Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  134. Selamat pagi mas Giri,
    Saya lulusan Ilmu Kelautan dari PTN di Palembang. Saya sudah bekerja, tapi selama ini saya bekerja di bidang yang sama sekali tidak berhubungan dengan jurusan saya. Yang ingin saya tanyakan, apakah peluang kerja dengan ilmu yang saya miliki punya peluang bagus di UK? Dan apakah disana ada university yang punya jurusan ilmu kelautan? Karena saya juga berkeinginan untuk kuliah lagi.
    Terima kasih mas Giri sebelumnya untuk jawabannya.
    Salam…

    1. Hi Grace,

      Ada banyak universitas di UK yang punya ilmu kelautan. Grace bisa cari di Google jurusan ‘Marine and Maritime university in UK’. Ya, biasanya jika punya imu kelautan (S1 + S2) ditambah pengalaman kerja di bidang kelautan, peluang bekerja di UK akan sangat besar. Jika hanya punya S1 + S2 kelautan, agak susah tapi bukan berarti mustahil. Selama Grace pny kelebihan, ya bisa saja.

      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  135. Selamat malam Mas Giri,

    Terima kasih postingan-postingannya sangat membantu gambaran tentang kehidupan London kpd kita yg sangat awam ini. Saya hendak meneruskan pendidikan ke London. Kampus saya ada di Bloomsbury. Yg saya ingin tanyakan, lebih murah manakah tinggal di University hall yg sangat dekat dg kampus atau di share room surburban (pulang pergi ke kampus tiap hari)? Ratenya tinggal di Uni Hall sekitar £157/week. Saya tidak ada gambaran. Mohon bantuannya Mas Giri. Terima kasih banyak.

    1. Halo Fransiska,

      Boleh diinformasikan berapa jika tinggal di share room di sururban? Nanti coba Fransiska akumulasikan biaya share room + ticket oyster bulanan. Dari situ bisa dibandingkan antara tinggal di Univ Hall dengan tinggal di Share Room + biaya transportasi.

      Kalau harganya tidak signifikan, saya menyarankan tinggal di University Hall dengan alasan:
      1. Mengurangi waktu transportasi sehingga lebih optimal untuk belajar (bisa semakin lama di perpustakaan misalnya)
      2. Karena terletak di tengah kota, memungkinkan Fransiska untuk lebih fleksibel jalan2 ke kota
      3. Bisa bertemu dengan orang / mahasiswa lain sehingga memperluas networking

      Semoga membantu. Sukses kuliahnya di London!

      Salam,
      Giri

  136. Hallo mas giri,

    Saya tertarik dengan pendidikan di london. Saya dengar untuk pelajar umur 18 tahun kebawah, pelajar tidak diharuskan untuk membayar biaya sekolah. Tetapi yang ingin saya tanyakan adalah apakah jika saya mendaftar di sekolah yang ada di london pendaftarannya secara online atau langsung mendaftar ke sekolah disana

    Terimakasih

    1. Halo Sikma,

      Silakan lihat di website kampus dan jurusan yang Sikma cita-citakan. Setiap kampus (bahkan per jurusan) beda biaya kuliahnya.

      1. salam kenal mas giri, saya faran pengen konsultasi kuliah di uk.kira kira mas gir ada sosmid yg bisa saya private chat.terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *