Berkunjung ke London

Berkunjung ke London ? Yuk! UK merupakan salah satu tujuan negara wisata yang sangat layak untuk dikunjungi. London, sebagai ibukota negara, menjadi daya tarik utama UK untuk turis lokal dan mancanegara. Kota ini memiliki banyak tempat dengan nilai sejarah yang tinggi. Selain itu, kota ini juga menyediakan fasilitas pendukung dengan baik seperti sistem transportasi yang memadai atau sistem keamanan yang tanggap. Kota ini menawarkan sebuah pengalaman ruang unik dibandingkan dengan kota-kota lainnya di daratan Britania Raya. Jika anda ingin berkunjung ke London, pastikan anda mempersiapkan segalanya dengan baik. Dari mulai akomodasi (hotel), tiket jalan-jalan, makanan, gaya bicara, sampai dengan pakaian.

Akomodasi

Jika anda ingin menikmati akomodasi murah selama berkunjung ke London, maka carilah teman anda yang tinggal di London.  Jika anda tidak memiliki teman di London, maka Wisma Merdeka dan Wisma Caraka menjadi salah satu tujuan tempat inap yang murah dan mungkin nyaman (dari sisi bahasa) untuk turis asal Indonesia. Anda bisa melihat kontak dan alamat kedua wisma tersebut, pada link info residence (silakan diklik). Wisma tersebut merupakan wisma yang dikelola oleh orang Indonesia untuk tamu asal Indonesia. Terakhir saya menginap disitu, biayanya £17/malam per orang. Di Wisma tersebut, anda akan berbagi dengan tamu lainnya karena satu kamar bisa terdiri dari 2-5 kasur.

Jika ternyata Wisma-wisma tersebut penuh, maka pilihannya adalah wisma lainnya atau hotel komersial biasa. Di UK, ada 2 hotel dengan brand cukup terkenal sebagai hotel murah yakni Travelodge dan Premier Inn. Dengan memesan sejak jauh-jauh hari dan memilih paket non-refundable, maka harganya akan lebih murah. Kadang kala mereka juga menyediakan paket yang murah bisa sampai dengan £19 per malam. Namun bukan berarti dua hotel di atas merupakan tempat yang paling nyaman untuk menginap. Masih banyak hotel lainnya yang mungkin kurang terkenal secara brand, namun menawarkan kenyamanan yang tidak kalah. Anda dapat melihat website-website review tempat tinggal seperti tripadvisor.

Sistem Transportasi

Dengan sistem transportasi yang sinergis, kota ini menyediakan sistem tiket yang tidak rumit guna menikmati berbagai moda transportasi.  Jika anda tinggal satu minggu di London dan selama satu minggu tersebut anda akan jalan-jalan terus; maka anda dapat membeli Oyster Card (kartu pintar yang dapat digunakan di berbagai moda transportasi seperti bus, tube, kereta listrik, dan DLR) dan mengisinya dengan paket travelcard 7 hari tergantung pada zona mana saja yang ingin anda kunjungi. Itu akan lebih murah dibandingkan dengan anda membeli tiket travelcard one day selama 7 hari atau membeli Pay-As-You-Go (dengan asumsi anda sangat sering menggunakan moda transportasi selama 7 hari tersebut). Untuk mengenal lebih jauh mengenai sistem transportasi, silakan membuka artikel saya Transportasi di London. Jangan lupa untuk menggunakan moda bus double decker khas Inggris.

Jika anda memiliki waktu terbatas di London, maka anda dapat membeli paket city tour yang hop on hop off. Dengan begitu, perjalanan anda akan lebih efisien dan anda akan langsung berhenti di titik-titik destinasi pariwisata.

Pakaian

Jika anda bepergian ke London ketika sedang summer, maka bawalah pakaian seperti anda lagi di Jakarta pada siang bolong. Jika anda datang pada autumn,  berpakaianlah seperti anda sedang di Bandung pagi hari buta sepuluh tahun yang lalu. Persiapkan baju dan jaket super tebal jika anda mengunjungi London pada musim dingin alias winter. Namun tak ada salahnya membawa jaket pada musim apapun, karena kadangkala cuaca berubah tidak menentu. Selain itu, sediakan payung sebelum hujan.

Berkunjung ke London

Tempat Wisata

Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi selama anda liburan di London. Ada tempat yang punya nilai sejarah unik seperti Buckingham Palace, Big Ben, Westminster Abbey, St Paul’s Cathedral, Tower of London, Tower Bridge. Ada pula tempat yang punya nilai jual unik seperti Abbey Road (semua penggemar The Beatles pasti bermimpi foto di jalan ini), Greenwich titik 0’0″, stadion sepakbola seperti Stamford Bridge kandang Chelsea, Emirates Arsenal, White Hart Lane Spurs, dan lain-lain.

Selain itu, jika anda penikmat seni lukis, instalasi, sejarah, pengetahuan; maka museum menjadi daya tarik utama. London menawarkan banyak museum menarik nan gratis seperti National Gallery, British Museum, V&A Museum, National History Museum, Tate Modern, dan National Science Museum. Anda dapat pula menikmati ruang-ruang terbuka di London seperti Trafalgar Square, Picadilly Circus, Hyde Park, dan St James’ Park. Jika anda menyukai pertunjukkan, anda dapat menghadiri salah satu dari sekian pertunjukan teater, ballet theatre, pertunjukkan musik dan seni pertunjukkan lainnya seperti di Royal Albert Hall, National Theatre, O2 Arena, London Theater, atau Shakespeare Globe.

Jika anda arsitek, penikmat arsitektur dan kota; anda dapat melihat banyak gedung-gedung dengan nilai arsitektural yang layak untuk dipelajari. Anda dapat pula melihat rumah-rumah bergaya victoria, tudor di daerah barat London dan gaya modern di Timur London. Sistem Grid kota memberikan pengalaman ruang yang unik layaknya kota-kota Eropa lainnya.

London pun tak lupa menawarkan titik-titik tempat berbelanja seperti Harrods, department store yang sudah sangat terkenal dan daerah Oxford Street yang menampilkan retail-retail terkini layaknya Orchard Road di Singapore. Beberapa lokasi menawarkan barang bekas seperti Portobello Market atau barang-barang murah seperti di Covent Garden. Pasar makanan pun dapat anda nikmati di Bourough Market atau Farm Market lainnya.

Makanan

Anda mencari makanan khas London? Ternyata tidak banyak makanan khas London. Kata orang sih, makanan khas disini yang paling terkenal itu Fish and Chips, meskipun ada pula pihak yang mengatakan bahwa itu bukan makanan khas UK. Yang pasti, jika anda ingin mencari wisata kuliner di London, ujung-ujungnya anda akan mencicipi makanan-makanan dunia seperti di restoran Itali, India, Thailand, Prancis, dan sebagainya.

Mencari makanan halal di London tidaklah mudah namun juga tidak susah. Jika anda sedang berada di kawasan yang banyak muslimnya, sangat mudah mencari makanan halal. Namun jika ada sedang berada di tengah kota, cukup susah untuk mencari makanan halal. Carilah restoran Turki (yang menawarkan kebab) dimana sebagian besar cenderung halal. Ada beberapa fast food restaurant terkenal seperti KFC atau Subway yang memiliki sertifikasi  halal. Namun, hanya sebagian kecil dari cabang mereka yang tersebar di seluruh London yang memiliki sertifikasi halal.

Anda harus pintar-pintar mengatur waktu, tenaga, dan uang selama berkunjung ke London. Semoga liburan anda di London menyenangkan dan meninggalkan kesan yang mendalam.

Berkunjung ke London