Berkunjung ke London

Berkunjung ke London

Berkunjung ke London ? Yuk! UK merupakan salah satu tujuan negara wisata yang sangat layak untuk dikunjungi. London, sebagai ibukota negara, menjadi daya tarik utama UK untuk turis lokal dan mancanegara. Kota ini memiliki banyak tempat dengan nilai sejarah yang tinggi. Selain itu, kota ini juga menyediakan fasilitas pendukung dengan baik seperti sistem transportasi yang memadai atau sistem keamanan yang tanggap. Kota ini menawarkan sebuah pengalaman ruang unik dibandingkan dengan kota-kota lainnya di daratan Britania Raya. Jika anda ingin berkunjung ke London, pastikan anda mempersiapkan segalanya dengan baik. Dari mulai akomodasi (hotel), tiket jalan-jalan, makanan, gaya bicara, sampai dengan pakaian.

Akomodasi

Jika anda ingin menikmati akomodasi murah selama berkunjung ke London, maka carilah teman anda yang tinggal di London.  Jika anda tidak memiliki teman di London, maka Wisma Merdeka dan Wisma Caraka menjadi salah satu tujuan tempat inap yang murah dan mungkin nyaman (dari sisi bahasa) untuk turis asal Indonesia. Anda bisa melihat kontak dan alamat kedua wisma tersebut, pada link info residence (silakan diklik). Wisma tersebut merupakan wisma yang dikelola oleh orang Indonesia untuk tamu asal Indonesia. Terakhir saya menginap disitu, biayanya £17/malam per orang. Di Wisma tersebut, anda akan berbagi dengan tamu lainnya karena satu kamar bisa terdiri dari 2-5 kasur.

Jika ternyata Wisma-wisma tersebut penuh, maka pilihannya adalah wisma lainnya atau hotel komersial biasa. Di UK, ada 2 hotel dengan brand cukup terkenal sebagai hotel murah yakni Travelodge dan Premier Inn. Dengan memesan sejak jauh-jauh hari dan memilih paket non-refundable, maka harganya akan lebih murah. Kadang kala mereka juga menyediakan paket yang murah bisa sampai dengan £19 per malam. Namun bukan berarti dua hotel di atas merupakan tempat yang paling nyaman untuk menginap. Masih banyak hotel lainnya yang mungkin kurang terkenal secara brand, namun menawarkan kenyamanan yang tidak kalah. Anda dapat melihat website-website review tempat tinggal seperti tripadvisor.

Sistem Transportasi

Dengan sistem transportasi yang sinergis, kota ini menyediakan sistem tiket yang tidak rumit guna menikmati berbagai moda transportasi.  Jika anda tinggal satu minggu di London dan selama satu minggu tersebut anda akan jalan-jalan terus; maka anda dapat membeli Oyster Card (kartu pintar yang dapat digunakan di berbagai moda transportasi seperti bus, tube, kereta listrik, dan DLR) dan mengisinya dengan paket travelcard 7 hari tergantung pada zona mana saja yang ingin anda kunjungi. Itu akan lebih murah dibandingkan dengan anda membeli tiket travelcard one day selama 7 hari atau membeli Pay-As-You-Go (dengan asumsi anda sangat sering menggunakan moda transportasi selama 7 hari tersebut). Untuk mengenal lebih jauh mengenai sistem transportasi, silakan membuka artikel saya Transportasi di London. Jangan lupa untuk menggunakan moda bus double decker khas Inggris.

Jika anda memiliki waktu terbatas di London, maka anda dapat membeli paket city tour yang hop on hop off. Dengan begitu, perjalanan anda akan lebih efisien dan anda akan langsung berhenti di titik-titik destinasi pariwisata.

Pakaian

Jika anda bepergian ke London ketika sedang summer, maka bawalah pakaian seperti anda lagi di Jakarta pada siang bolong. Jika anda datang pada autumn,  berpakaianlah seperti anda sedang di Bandung pagi hari buta sepuluh tahun yang lalu. Persiapkan baju dan jaket super tebal jika anda mengunjungi London pada musim dingin alias winter. Namun tak ada salahnya membawa jaket pada musim apapun, karena kadangkala cuaca berubah tidak menentu. Selain itu, sediakan payung sebelum hujan.

Berkunjung ke London

Tempat Wisata

Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi selama anda liburan di London. Ada tempat yang punya nilai sejarah unik seperti Buckingham Palace, Big Ben, Westminster Abbey, St Paul’s Cathedral, Tower of London, Tower Bridge. Ada pula tempat yang punya nilai jual unik seperti Abbey Road (semua penggemar The Beatles pasti bermimpi foto di jalan ini), Greenwich titik 0’0″, stadion sepakbola seperti Stamford Bridge kandang Chelsea, Emirates Arsenal, White Hart Lane Spurs, dan lain-lain.

Selain itu, jika anda penikmat seni lukis, instalasi, sejarah, pengetahuan; maka museum menjadi daya tarik utama. London menawarkan banyak museum menarik nan gratis seperti National Gallery, British Museum, V&A Museum, National History Museum, Tate Modern, dan National Science Museum. Anda dapat pula menikmati ruang-ruang terbuka di London seperti Trafalgar Square, Picadilly Circus, Hyde Park, dan St James’ Park. Jika anda menyukai pertunjukkan, anda dapat menghadiri salah satu dari sekian pertunjukan teater, ballet theatre, pertunjukkan musik dan seni pertunjukkan lainnya seperti di Royal Albert Hall, National Theatre, O2 Arena, London Theater, atau Shakespeare Globe.

Jika anda arsitek, penikmat arsitektur dan kota; anda dapat melihat banyak gedung-gedung dengan nilai arsitektural yang layak untuk dipelajari. Anda dapat pula melihat rumah-rumah bergaya victoria, tudor di daerah barat London dan gaya modern di Timur London. Sistem Grid kota memberikan pengalaman ruang yang unik layaknya kota-kota Eropa lainnya.

London pun tak lupa menawarkan titik-titik tempat berbelanja seperti Harrods, department store yang sudah sangat terkenal dan daerah Oxford Street yang menampilkan retail-retail terkini layaknya Orchard Road di Singapore. Beberapa lokasi menawarkan barang bekas seperti Portobello Market atau barang-barang murah seperti di Covent Garden. Pasar makanan pun dapat anda nikmati di Bourough Market atau Farm Market lainnya.

Makanan

Anda mencari makanan khas London? Ternyata tidak banyak makanan khas London. Kata orang sih, makanan khas disini yang paling terkenal itu Fish and Chips, meskipun ada pula pihak yang mengatakan bahwa itu bukan makanan khas UK. Yang pasti, jika anda ingin mencari wisata kuliner di London, ujung-ujungnya anda akan mencicipi makanan-makanan dunia seperti di restoran Itali, India, Thailand, Prancis, dan sebagainya.

Mencari makanan halal di London tidaklah mudah namun juga tidak susah. Jika anda sedang berada di kawasan yang banyak muslimnya, sangat mudah mencari makanan halal. Namun jika ada sedang berada di tengah kota, cukup susah untuk mencari makanan halal. Carilah restoran Turki (yang menawarkan kebab) dimana sebagian besar cenderung halal. Ada beberapa fast food restaurant terkenal seperti KFC atau Subway yang memiliki sertifikasi  halal. Namun, hanya sebagian kecil dari cabang mereka yang tersebar di seluruh London yang memiliki sertifikasi halal.

Anda harus pintar-pintar mengatur waktu, tenaga, dan uang selama berkunjung ke London. Semoga liburan anda di London menyenangkan dan meninggalkan kesan yang mendalam.

Berkunjung ke London

51 thoughts on “Berkunjung ke London

  1. Dua minggu memang tidak cukup waktu untuk menikmati London sampai ke seluk beluk-nya. Mudah-mudahan tahun ini bisa kembali mengunjungi kota terberbudaya di dunia ini.
    Miss you London.
    How do you do Steffani ?

  2. Just for your reference : MAKANAN HALAL!
    Di sepanjang Oxford Street ditemukan 2 rumah makan berlabel halal. Pertama, Rumah Makan “RASA SAYANG” yang kedua “NOODLE HOUSE”. Kedua rumah makan tersebut berada saling berseberangan di ruas oxford street tidak jauh dari stasiun undergroud tottenham court.
    Rumah makan RASA SAYANG menyajikan menu khas seperti Laksa (yg pedesnya minta ampun), nasi sate, nasi rendang, nasi gorend dan sebagainya. Kalo noodle house mostly menu mie dan bihun / kwee tiauw dan ada juga masakan “rumahan” yang siap saji. Harga ? memang lebih mahal dibandingkan fastfood sepeti McD atau KFC.

  3. Cendera Mata Khas London ?
    Seringkalikah anda menonton tayangan turnamen tenis Wimbledon di televisi? pada saat kondisi hujan serentak para penonton membuka payung yang hampir seluruhnya berwarna hitam. Payung Hitam. Dapat anda temukan di UMBRELLA’S HOUSE. Saya lupa nama jalannya, tapi toko ini terletak tidak jauh dari ujung jalan daerah perbelanjaan oxford street. History-nya : toko ini sudah berdiri puluhan tahun, secara turun temurun dalam satu keluarga, pelayanannya unik dan sangat konservatif. Harga ? Ehem.

  4. Mas Giri, tks atas utk artikelnya, terutama ttg wisma caraka & makanan halal. Kami keluarga dgn 2 anak 6 & 9th berencana utk berlibur ke London bulan Juni. Bgmn cara memesan kamar di Wisma Caraka, apakah via tlp atw bisa via email? Tks atas infonya. Salam.

  5. blog yg sangat menarik gir…jadi inget pas kita jalan nyusurin thames cm untuk nyampe millenium bridge…..yups london very classic,masyarakatnya sgt menampilkan kebudayaan yg tinggi and off course multikultur…sebagai penghuni wisma merdeka selama 3 bulan…ckp merekomendasikan wisma ini krn harganya yg muraj n serasa di rumah sendiri….wisma ini terbuka untuk seluruh wni kecuali pada saaat wisma ini dibook penuh untuk program pemerintah seperti yg kami jalaani 3 bulan lalu….c u again in london

  6. November tahun lalu saya hanya sempat jalan ke Buckingham Palace, Big Ben, Westminster Abbey, St Paul’s Cathedral, Tower of London, Tower Bridge dan november tahun ini saya harus mengunjungi stadion sepakbola seperti Stamford Bridge kandang Chelsea, Emirates Arsenal, White Hart Lane Spurs, dan lain-lain. November ini Indonesia kembali ikut berpartisipasi di World Travel Market, mampir ya bro ke Booth Indonesia AS140.

    1. Hi Ronald. Terima kasih sudah mampir membaca. Wah, apa tuh World Travel Market? Sepertinya bakal seru ya. Mudahn-mudahan nanti bisa mampir ke Booth Indonesia. Good luck!

  7. World Travel Market adalah pameran pariwisata terbesar ke dua di dunia. Acara ini diikuti 190 negara dan tahun ini akan dilaksanakan tanggal 05 – 08 november 2012 di ExCel London, jgan lupa mampir ya dan ajak teman-teman akan ada pertunjukan kesenian di booth Indonesia. Sukses trus ya

  8. terimakasih informasinya pak giri
    saya dapat info tentang blog bapak dari mas kevin
    rencananya saya mau ke London, ada acara conference di Cambridge University tgl 23-25 July
    bolehkah saya ijin tanya kalau dari jakarta nyaman naek pesawat apa, untuk jalan darat dari London ke Cambridge naek apa ?
    maklum pak g pernah pergi kenegara orang, jadinya takut nyasar he he he he
    terimakasih

    1. Terima kasih telah berkunjung, mbak siti, sudah berkunjung ke blog saya.

      Buat saya, untuk pesawat yang murah dan nyaman itu Emirates dan Etihad. Ada penerbangan lain yang juga murah (tapi saya tidak tahu kualitasnya) yakni Turkish airlines dan Malaysia airlines. Ya, berangkat beda hari, bisa beda harga. Jadi harus sering-sering liat website penjualan tiket utk mencari momen tiket termurah. Kalau mau mencari yang nyaman, tapi ga murah, ya banyak seperti SQ, BA, Cathay, dll. Coba saja mbak Siti mencari-cari review airlines di internet. Dari London ke Cambridge, 2 opsi moda transportasi yang bisa dipakai, yakni naik kereta (biaya sekitar £19-23) dan bus (biaya sekitar £7-10).

      Semoga sukses ya mbak conference-nya.
      Salam.

  9. Halo Mas Giri,
    Terima kasih ya untuk ulasannya.

    Akhir bulan ini kami sekeluarga (saya, suami, anak 13 th dan 10 th) berencana ke London. Kami sudah book sebuah kamar hotel. Hotel yang kami book tidak menyediakan tipe family room. Apakah peraturan hotel di UK membolehkan kami stay dalam 1 kamar ?

    Terima kasih.

    1. Hi Mbak Imelda,

      Selamat berlibur ya. Setahu saya, beberapa hotel Travelodge menyediakan family room untuk 3 orang dewasa atau 2 dewasa + 2 anak kecil. Kalau memang berempat, saya menyarankan Mbak Imelda bisa memilih family room di hotel Travelodge (termasuk murah kok).

      Ya, hotel disini cukup taat peraturan. Jika memang kamar untuk 2 orang, mereka akan melarang orang lebih dari 2 orang disebabkan karena peraturan bangunan seperti kalau misalnya terjadi kebakaran, pendataan tamu, dll. Sebaiknya Mbak Imelda menghargai ketentuan yang berlaku di hotel tersebut. Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  10. jadi kangen london….. lagi , Wisma caraka..aman..nyaman, serasa dirumah pribadi…mbak lusy dan mas tongky yang ramah..

  11. Halo Mas Giri,

    Keluargaku berencana akan mengunjungi London, saya perlu beberapa masukan karena kalau jadi rencana tgl.30/12/2012 – 1/1/2013 apa saja yg harus kami persiapkan karena kami belum pernah ke sana apa diperlukan ijin/visa dan bagamana mengurusnya, hotel yang terbaik utk kami yg belum pernah kesana juga perlengkapan pribadi ( baju, jaket, sepatu dll ).
    Saya tunggu sarannya mas. Terima kasih.

    1. Halo Mas Triambodo,

      Yang pertama harus disiapkan pastinya adalah Visa. Untuk mengetahui dokumen apa saja yang dibutuhkan dan prosesnya, silakan masuk ke http://www.vfs-uk-id.com/. Tanggal 30/12 – 1/1 itu kemungkinan suhu sangat dingin, jadi saya sarankan membawa longjohn, coat, sarung tangan, tutup kuping, topi, dan sebagainya untuk melindungi diri dari kedinginan. Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  12. Pingback: Olimpiade 2012
  13. Setau aku UK identik sama payphonenya yang warna merah. Bener kan? Penasaran deh, apa telepon itu masih berfungsi dengan baik dan terawat? Apakah warga London banyak yang menggunakan fasilitas payphone merah itu? Kalo di Jakarta kan telepon umumnya rata-rata atau mungkin semuanya udah ga terawat atau ga berfungsi lagi. Org Jakarta rata2 udah punya ponsel yg harganya semakin terjangkau. Gimana dgn London?

  14. pingin k sana pak
    kira kira ngurus visanya ribet g ya???
    bisa minta referensi soal pengurusan visa yg murah d indonesia pak??

    1. Ribet atau tidak mengurus visa tergantung pada kesiapan kita. Kl memang kita serius dan mempersiapkan segalanya dgn matang, tak terasa ribetnya.

      Untuk pengurusan visa, silakan klik http://www.vfs-uk-id.com/
      Itu jalur resmi pengurusan visa UK.
      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  15. hi Pak Giri,

    thank you for your blog about london.
    Kami sekeluarga akan pergi ke UK sept26-oct5. rencana ingin keliling beberapa kota selain london. Setelah byk research ternyata banyak tempat yg bagus, jadi bikin bingung.
    Pertanyaan saya, kira2 UK pas musim gugur gini, area mana yg bagus charming?
    -Menurut pak giri ,kota2 mana yg direkomendasi utk di kunjungi. Saya sih pingin lihat semua, tapi lbh suka liat pemandangan alam.

    – Kami juga rencana mau sewa mobil disana utk keliling london dan sekitarnya, mau tanya, disana itu ada interstate highway? speed limit brp ya? saya lihat di youtube jalanan di cotswold, road to edinburgh, semuanya terlihat street road.

    terima kasih ya.

    1. Hai Bu Sylvi,

      Terima kasih telah berkunjung ke blog saya.
      Hmm, kalau lagu autumn, bisa ke taman-taman seperti The Royal Botanic Gardens Kew. Cuma bersiap-siap saja kl anginnya kenceng. Kalau kota-kota yg layak dikunjungi utk pemandangan alam itu bisa Edinburg, Cornwall, (Stonehenge-Windsor Castle-Bath). Kalau kota-kota gede bisa berkunjung ke Manchester, Cambridge, Oxford, atau Liverpool.

      Untuk persyaratan berkendaraan, mohon maaf saya tidak bisa membantu. Selama saya di UK, saya tidak pernah membawa kendaraan sendiri. Selalu naik kendaraan umum / mode transportasi publik.

      Semoga membantu.
      Giri

  16. hai mas giri,
    saya ingin bertanya. jika saya ingin ke london apa saja yg harus saya siapkan dari indonesia. soalnya saya belum pernah ke negri orang.

  17. Mas Giri, mau tanya penginapan murah selain di travelodge dan premier inn apa lagi ya mas? Masih terasa mahal ternyata 🙁
    Kalo wisma siswa merdeka bisa booking via e-mail?

    1. Halo Ade,

      Ya, kl ga mau hotel chains kayak travelodge ato premier inn, cari penginapan seperti losmen/hostel atau bisa stay rumah orang sekitar 1-2 hari atau mgkn 1 minggu. Itu akan jauh lebih murah. Namun, ya ada resiko lain yang harus dipertimbangkan seperti keamanan barang, kenyamanan tempat tinggal, dsb.

      Wisma Siswa Merdeka bisa di-book via email. Namun, kdg2 baru mendapat jawabannya agak lama. Saran saya, coba saya ditelepon. Hasilnya akan lebih cepat. Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  18. Hallo Mas Giri, salam kenal 🙂

    Terimakasih untuk info2nya, sangat membantu!

    Aku dan suami rencana akan ke London tanggal 18-22 Oktober dan lanjut ke Liverpool tanggal 22-26 Oktober (for business trip). Ada beberapa pertanyaan yang mudah2an Mas Giri berkenan menjawab asap, hehehe :D:
    1. Apakah Wisma Merdeka menyediakan kamar untuk pasangan dan apakah ada kamar dengan kamar mandi di dalam?
    2. Maaf, kl boleh mohon info kembali untuk no telp, email & alamat Wisma Caraka dan Wisma Merdeka (karena sy coba click pada link yang diberikan, tp gagal)
    3. Apa saja tempat wisata di Liverpool yang wajib didatengin?

    Terimakasih banyak sebelumnya.

    Salam,

    Riesty

    1. Halo Riesty,

      Selamat berlibur dan berbusiness trip 🙂
      1. Ada kamar untuk pasangan (selama itu tidak penuh). Ya, coba saja kontak Wisma Merdeka. Yang pasti, tidak ada kamar mandi di dalam kamar tidur.

      2. Silakan membuka link ini: http://www.indonesianembassy.org.uk/education/education_wisma.html

      3. Sebagai penggemar Liverpool, pastinya saya menyarankan Anfield Stadium, kandanganya The Reds. Hehehe… Main aja ke Albert Dock, nanti ada banyak destinasi wisata seperti museum The Beatles (The Beatles Story), Museum Liverpool, Merseyside Maritime Museum, Tate. Kalau mau belanja, bisa ke Liverpool One, plaza terbuka gitu. Kalau suka gila ama The Beatles, bisa ngliat rumah personel2 The Beatles atau maen ke The Cavern, tempat The Beatles menjadi tenar. Mau berkunjung ke museum juga ada banyak (ya di London jg ada sih).

      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  19. Halloo Mas Giri,

    Melanjuti email sebelumnya, mohon maaf ada yang ketinggalan, mohon infonya untuk hal berikut juga ya Mas Giri..

    a. Bagaimana dengan transportasi LONDON-LIVERPOOL (return)?
    b. Apakah sebaiknya disana menggunakan no ponsel Indonesia atau no ponsel lokal (untuk kunjungan 10 hari dan akan banyak menggunakan ponsel untuk email, sms & bbm)?
    c. Bila no ponsel lokal, provider apa yang disarankan dan bagaimana mendapatkannya?

    Untuk alamat & conntact details Wisma Caraka dan Wisma Merdeka, sy sudah mendapatkannya dari web kedutaan. Terimakasih sebelumnya.

    Terimakasih & salam,

    Riesty

    1. Halo lagi,

      a. Transportasi London – Liverpool bisa naik kereta. Saya dulu naik Virgin Train London – Liverpool. Ga begitu mahal. Kalau mau lebih murah, ya naik bus.

      b. Saran saya menggunakan nomor UK. Mahal sekali jika harus menggunakan nomor Indonesia.

      c. Saran saya beli Orange atau t-mobile. Cukup murah. Tp bisa pilih yang lain sih seperti vodafone atau O2. Yang pasti, belinya jangan di bandara. Muahal tenan. Belinya nanti aja di toko-toko pinggir jalan.

      Semoga membantu.

      Salam,
      Giri

  20. Hi Mas Giri, salam kenal, artikelnya bagus..dan mdh2an tetap aktif menjawab 🙂
    Ibu saya (64 thn) bersama ibu2 lainnya, 50 thn keatas, akan mengadakan group tour ke Eropa dan London. Mereka pengennya summer, tp saya (tinggal di US) pengen ketemu ibu saya di London awal Oktober, krn hargaa tiket jauh lbh murah. Pertanyaan saya , cukup dinginkah suhu di awal bln oktober bagi manula? Mmg di artikel disebutkan Seperti Bandung di pagi hari , 10 thn yg lalu… Tepatnya brp derajat C? Ibu sy tidak suka dingin, tp sy pengen ketemu beliau…
    Makasih….

    1. Halo Mbak Agnes,

      Suhu di London pada bulan Oktober rata-rata berkisar 16 C s.d 10 C. Tapi ya kadang-kadang kita ga tau cuaca tiba2 berubah dari pola yg lumrah terjadi.
      Ya, semoga mbak Agnes bisa ketemu dengan ibunda nya.

      Salam,
      Giri

  21. Salam kenal mas giri. Mau tanya, antara wisma siswa merdeka, caraka dan wisma indonesia, mana yg lebih strategis, efektif & efisien utk kita mengakses transportasi dan tempat2 wisata ya? Dan dri bandara ke tempat tersebut lbh prefer menggunakan apa? Taxi or alat transportasi lain? Thx

    1. Halo Diane,

      Salam kenal. Terima kasih sudah mampir. Menurut saya, paling enak ya Siswa Merdeka. Ga begitu jauh dari tube station. Nanti tinggal menggunakan jubilee line jika hendak berkunjung ke tempat2 wisata menggunakan tube. Dari bandara ke wisma, tergantung barang bawaan. Jika memang Diane membawa koper besar (dan berat2), saran saya menggunakan taxi.

  22. Salam kenal mas Giri,

    Mau tanya kalau dari strathford city ke city central apa jauh???kami sekluarga rencana menginap di sana. Dan mau tanya apakah public transport di london stroller friendly.. makasih sebelumnya

    1. Halo Diana,

      Coba masuk ke https://tfl.gov.uk deh. Nanti disitu, ada kotak ‘plan a journey’. Tinggal masukin Diana baru jalan-jalan dari mana ke mana. Mereka akan kasih tahu rute-rute yang ada dengan informasi yang detail. Tube di London cukup stroller-friendly, meskipun ada beberapa station yang sudah tua sehingga mengharuskan kita menggunakan tangga dan cukup panjang.

      Semoga membantu. Selamat menikmati London!

      Salam,
      Giri

  23. Halo Mas Giri, terimakasih artikelnya yang sudah ngasih masukan untuk rencana kepergian saya ke London 5-15 November 2016..

    Mohon informasi, saya ada training di Dartford, Kent tanagl 7-11 November 2016, moda transportasi yang paling nyaman untuk ke Kent apa ya mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *